KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebenarnya Sepele, Tapi Ini Bisa Mencederai Sumpah Pemuda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7531262088121118b4572/sebenarnya-sepele-tapi-ini-bisa-mencederai-sumpah-pemuda

Sebenarnya Sepele, Tapi Ini Bisa Mencederai Sumpah Pemuda

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
bahasa indonesia juga punya permasalahan, yaitu mengancam bahasa daerah. Kota2 besar banyak yg udah mulai meninggalkan bahasa daerah nya dan cuma menyisakan logat nya aja. Hal ini gara2 banyak nya pendatang dr daerah lain yg datang ke kota besar. Kan gak mungkin pendatang yg berbeda suku/budaya dipaksa menggunakan bahasa daerah tsb. Jd ya terlaksa menggunakan bahasa indonesia. Apalagi kalo pendatang dan warga asli saling kimpoi, semakin meninggalkan budaya aslinya deh
Quote:


Ane setuju pendapat ente.
Tapi setiap hal yang "tersebar" yang menggunakan bahasa lokal bukan berarti tidak menghargai Bahasa Indonesia.
Karena bisa jadi awalnya memang ditujukan untuk orang tertentu saja, namun ada oknum yang menyebarkan ke umum.
Jadi tidak bisa langsung menyalahkan penulis.

Ada beberapa daerah yang sudah menerapkan aturan bagi instansi pemerintah di daerah itu untuk menggunakan bahasa daerah pada hari tertentu.
Apakah itu termasuk konteks edukasi?
Karena ane lihat ente cuma memberikan contohnya dalam kegiatan belajar mengajar.
Quote:


Mungkin karena dokumennya internasional semua.

Di tempat ane aja kerja di hotel atau jadi guide harus bisa bahasa Inggris dan bahkan Mandarin.
Wkwkwk.
Quote:


Baca lagi isi Soempah Pemoeda Bung Edgy.
Dari tadi buat asumsi sendiri aja tanpa baca.
Inilah kenapa tingkat literasi Indonesia rendah.
Yang seperti ini mau menjunjung Bahasa Indonesia?
Ane bahkan ragu ente tahu KBBI dan PUEBI.
Nih ane kasi.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Diubah oleh dkarmanax
Quote:


Edukasi tdk terbatas pd ruang kelas dlm pendidikan formal. Non formal dan informal juga termasuk, spt di instansi pemerintah itu.

Harusnya penyebar konten yg memberikan terjemahannya. :-)
Quote:


Gak setuju sama TS tapi setuju sama agan ini, penggunaan bahasa ada tempat dan waktunya. Jadi kita mesti tau kapan menggunakan bahasa inggris dan kapan berbahasa indonesia.

Kalo ngikut apa kata gan TS mah bisa bonyok ane, sementara kolega dan keluarga banyak yang diluar sana dan hanya nyambung kalo pake bahasa inggris.
emoticon-Cape d...
Tapi ada juga orang asing yang lama tinggal di indonesia dan bisa berbahasa indonesia, contohnya channel pak martin di utub.
pemuda sekarang kurang memaknai sumpah pemuda bre
Sebaiknya kita perlu mencontoh negara Cina, Jepang dan Korea. Walaupun ketiganya merupakan negara maju namun mereka masih tetap bangga dengan bahasa mereka masing-masing. Bahkan orang Jepang saja katanya banyak yang kurang fasih berbahasa Inggris (entah benar atau tidak ya?) karena begitu bangganya dengan bahasa Jepang mereka.

Jadi sebaiknya Indonesia pun juga harus bangga dengan bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia, justru kalau bisa sih kita harus memperkenalkan bahasa Indonesia kepada orang asing agar bahasa Indonesia bisa terkenal dan digemari di dunia layaknya bahasa Jerman, Perancis, Cina, dll.
Diubah oleh mahendrarezadp
Quote:


Itu yang komen TSnya, Bang.
Orang yang agan setujui dan tidak setujui adalah orang yang sama.
Wkwkwk.
Quote:


Kok makin ngawur nih.

Coba baca dulu nih.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pend...ikan_nonformal

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pend...dikan_informal

Kalau kita bicara pendidikan/edukasi informal maka semua yang agan buat pada thread juga termasuk informal lho.
Kok kontradiktif ya?
Menurut agan, instansi pemerintah termasuk yang mana?

Iya, penyebar konten memang sering tidak bertanggung jawab.
Seringkali masalah timbul dari penyebar konten, bukan pembuat konten.
Diubah oleh dkarmanax
Quote:


Oh iya yahemoticon-Cape d...

Lagi gak fokus soalnya ganemoticon-Ngakak
ane paling benci ama orang yg sok ngomong inggris emoticon-Ngamuk
Pemuda Indonesia harus bangga dengan bahasa ibunya.
untung disini tetap banyak yang ngomong bahasa Melayu campur Sanskerta ditambah bahasa suku masing-masing
Halaman 4 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di