KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebenarnya Sepele, Tapi Ini Bisa Mencederai Sumpah Pemuda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7531262088121118b4572/sebenarnya-sepele-tapi-ini-bisa-mencederai-sumpah-pemuda

Sebenarnya Sepele, Tapi Ini Bisa Mencederai Sumpah Pemuda

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Quote:



Kalimat penutup yang di bold rasanya kok tabrakan/kontradiktif dengan konten di paragraf awal ya?

Resepsionis hotel dan pemandu wisatawan seolah olah tidak boleh bicara bahasa asing (Inggris) karena dianggap tidak nasionalis. Tapi di kalimat penutup dikatakan "Tidak berlaku jika tujuannya atau penggunaanya dalam konteks edukasi / pembelajaran".


Saya kok bingung ya? Gimana cara membedakan antara belajar dengan tuntutan pekerjaan sbg resepsionis/tourists guide? emoticon-Bingung
Diubah oleh davinof
Quote:


Quote:


Asli goblok banget ts nya. Tulisannya ngawur banyak yg kontradiktif emoticon-Cape d...
lha TS sendiri nulis ga pakai bahasa indonesia yang baik dan benar emoticon-Cape d...
point pertama : kalau kita tidak bisa inggris (bukan bahasa ibu, tapi bahasa universal) utk turis memang memaksa utk belajar bahasa Indonesia.. kaya di jepang org jepang tidak meladeni org yg berbahasa inggris...

tapi sisi lainnya kalau turis tidak mau datang / yang akhirnya tidak memakai jasa pemandu karena tidak ada pemandu berbahasa inggris

itu juga bisa menjadi permasalahan ekonomi gan

sejauh ini saya setuju utk pemakaian bahasa indonesia saat berbicara dengan teman, keluarga dan lingkungan sekitar, gan

CMIIW
gunain aja bahasa lokal atau indonesia,,, setidaknya untuk memperkenalkan bahasa kita ke negara orang emoticon-Big Grin
No 1 saya gak setuju karena bahasa Inggris bahasa internasional kecuali mereka menetap dan tinggal di Indonesia. Banyak kok bule lancar berbahasa Indonesia diantaranya mateo, bule kulineran, om bule dll
Diubah oleh mr.kevin95
Kalaau memang ngomong sama orang asing terus disuruh pakai bahasa ya gak bakalan nyambung gans. Kita sebagai orang harus paham siapa yang kita ajak bicara, dari mana, pendidikan bahkan hal-hal yang terkecil, sebisa mungkin jangan sampai melukai hatinya
Resepsionisnya pakai bahasa apa dulu gan? Kalau bahasa inggris ya wajar, trus kalau saudara ente ngga mau repot ya pakai aja bahasa inggris. Ngapain juga ribet dengan bahasa arab. Toh bahasa arab bukanlah bahasa internasional. emoticon-Cool
Kurang setuju dengan pendapat ente.

Resepsionis hotel memang harus berbahasa Inggris karena itu adalah bahasa Internasional.
Bulenya juga belum tentu orang Inggris lho jadi belum tentu itu adalah bahasa ibu mereka.
Dan bule mah ga peduli dengan sumpah pemuda.

Penggunaan bahasa daerah bukan berarti tidak menghargai bahasa Indonesia.
Ingat bahwa bahasa daerah juga harus dijaga karena merupakan warisan budaya.

Untuk bagian campuran bahasa Indonesia dan bahasa asing ane sependapat dengan TS.
Karena itu sangat minim faedah.
Bahasa Indonesia masih nanggung, bahasa asing juga nanggung.
Mau ngomong dengan siapa kalau seperti itu?
Palingan juga cuma dimengerti kelompok tertentu dan kelihatan norak di kelompok lainnya.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sudah terjadi sih. Justru pemerintah sendiri yang mencederai. Mau contoh. REKRUTMEN KEMENTERIAN HARUS JAGO BAHASA INGGRIS
ane rada kurang setuju ama te es yg masalah turis disambut ama bahasa inggris dibandingin ama yg kerja di luar negeri .
beda kasus menurut ane . klo turis mereka cuman sementara . nah klo kerja ya mau gak mau harus faseh.
ane pernah nemenin turis portugal . mereka bahasa inggris nya terbata2 juga .mereka juga nyoba belajar bahasa indonesia .
klo kasus yg ane denger banyak abege2 ngomong inggris nyampur indonesia ane rasa mereka pengen ngasah kemampuan bahasa inggrisnya . emoticon-I Love Indonesia

o iya . satu lagi gan te es . menurut ane sumpah pemuda yg isinya berbahasa satu bahasa indonesia itu dicetuskan karena banyaknya suku di indonesia makanya dibikin satu bahasa buat mudahin bangsa ini interaksi. bukannya ngomong ama turis asing juga musti saklek pake bahasa indonesia . wong bung karno aja ngomong ama bule pake bahasa asing
Diubah oleh thirdcook
Nyimak
Ts kena sesat pikir nih, sumpah pemuda itu isinya menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia, bukan berbahasa satu

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Kalau menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia, berarti kan tetep boleh ngomong bahasa inggris ke bule atau ngomong pakai bahasa daerah. Salahnya dimana? Jangan sok edgy
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
loh bukannya kalo bisa berbahasa asing lebih baik ya,
apa kabar kalo ente dibuang ke negara yg mayoritasnya berbahasa inggris,
trus ente kaga bisa bisa bahasa inggris, mau pake body language gitu emoticon-Cape d...
Quote:


Bagaimana jika akun sosial media yang dimaksud memang ditujukan untuk pelestarian bahasa daerah?
Silahkan saja protes kalau itu adalah akun umum.
TS sendiri tidak menjelaskan apakah itu akun umum, pribadi atau apa.
Kalau akun pribadi, penggunaan bahasa daerah masih dimaklumi karena mungkin dia cuma ingin berkomunikasi dengan kelompok daerah tertentu.
Tapi kalau Anda berada di grup publik (bukan regional) dan malah ngomong bahasa daerah, ya wajar kalau autokick.
Kalau Anda di grup regional dan protes kenapa pakai bahasa daerah regional tersebut, wajar juga kena autokick.
Gitu aja.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Lah kok malah buat aturan sendiri.
Yang punya grup siapa, yang protes siapa.
Aturan grup kan terserah yang buat.
Kalau sudah menyalahi Undang-Undang baru itu salah.

Namanya juga akun regional.
Emangnya mau akun Instansi Pemerintah dianggap mencemari lingkungan internasional hanya karena tidak pakai Bahasa Inggris?

Memang terkotak-kotakkan.
Karena tujuannya pelestarian.
Bukan sarang terorisme.
Kalau ente mau yang tidak terkotak-kotakkan, hapus tuh sistem SD, SMP, SMA dan jadikan cuma satu sistem.
Ente hapus tuh jabatan gubernur, camat, lurah, RT karena cuma ngurusin daerahnya.
Hapus tuh golongan darah.
Hapus tuh zodiak.
Hapus tuh jenis pekerjaan.
Hapus tuh status perkimpoian.
Hapus tuh jenis kelamin.
Hapus tuh sistem perpajakan.
Hapus tuh sistem database.

Bukan masalah terkotak-kotakkan.
Masalahnya adalah, kalau ente salah menerapkannya.
Paham?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Dalam konteks pembelajaran, misalnya guru bahasa Inggris di kelas yg selalu pakai bhs inggris, siswa yg latihan berbicara bahasa inggris, dll.
indonesia kan dunia
Quote:


Kalo ngomong bhs daerah dgn kelompok sendiri tak masalah. Tapi kalo bicara dgn orang dari berbagai daerah di Indonesia, harusnya pakai bhs nasional, biar semua mengerti. Melestarikan bhs daerah itu kan dlm konteks edukasi.
Quote:


Yang ane bahas juga yang buat grup, jadi bisa diasumsikan admin juga.
Ane kan bahas grup regional, lihat dulu aturan grupnya.
Ente ga bisa memaksakan aturan grup diubah hanya karena ente yang di luar regional masuk atas kehendak ente.
Itu namanya egois.

Pelestarian ga kayak gitu juga kali.
Cukup dengan menyimpan saja sudah pelestarian.
Kalau ente perlu diterjemahkan, silahkan minta tolong orang yang bisa.
Ngerti cara minta tolong kan?
Itu bukan kewajiban admin.
Tidak ada hukumnya dan aturan bahwa admin suatu grup HARUS menerjemahkan semua postingan anggotanya.
Kalau memang aturan grup mengharuskan ada terjemahan, ya kewajiban anggota lah.
Admin punya hak mengeluarkan yang ga taat aturan.

Loh kok malah bahas komen.
Di grup umum pula.
Asumsi pribadi ente tuh.
Baca lagi postingan TS.
Dia bilang tulisan atau ceramah, jadi belum tentu komen (dan kenapa malah nyambung ke komen?).
Dia juga cuma bilang yang "tersebar", bukan "disebarkan".
Jadi itu menyebar tanpa maksud ataupun disebarkan oleh orang lain.
Jadi bukan salah yang buat tulisan.
Siapa tahu memang cuma ditujukan untuk komunitas/regional tertentu dan malah disebarluaskan oleh oknum anggota komunitas.
Paham?
Halaman 3 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di