ArivMunandarAvatar border
TS
ArivMunandar
5 Tanaman Obat Murah Meriah Yang Bisa Ditanam Dirumah


Di zaman kini, industri obat obatan dan pangan lagi gencar mempopulerkan "istilah" herbal kembali. Istilah herbal itu sendiri yakni tumbuhan atau tanaman yang memiliki senyawa aktif jadi bisa berkhasiat untuk penyembuhan alternatif tanpa adanya zat kimia, sehingga lebih alami serta original. 

Selain itu juga tanaman herbal tidak memiliki efek samping kalau dijadikan obat, untuk pemulihan suatu penyakit. Lain halnya pada bahan kimia yang ada efek samping kalo digunakan terus terusan untuk jangka panjang, nampaknya penyakit kamu pulih dengan obat kimia, tetapi sebenarnya lahir penyakit lain yang dihasilkan sebab obat kimia tersebut yang belum kamu tahu.

Di Indonesia yang punya iklim tropis sepanjang waktu, banyak tumbuh subur tanam-tanaman herbal tumbuh subur dan banyak. Dari Aceh sampai Papua kita mampu tanami serta manfaatkan tumbuhan herbal tersebut buat kesehatan.
Ayuk.. kita menelaah info dibawah ini sebagai pengetahuan lebih detail:

1. Lidah Buaya
Tumbuhan yang punya nama latin Aloe Vera dan masuk kedalam keluarga Liliaceae, tanaman tersebut berawal dari kawasan kersang Afrika. Tumbuhan Lidah Buaya ini juga dikenal secara fisik ialah ngga ada daun bagaikan tumbuhan lainnya.

Umumnya orang-orang hanya mengenal lidah buaya untuk nutrisi rambut,
menjaga rambut biar sehat , menebalkan rambut, dsb. Tapi bahwasannya tanaman ini sanggup menyembuhkan masalah radang sendi, diabetes, pencernaan dan sebagainya.
Untuk lebih jelasnya sudah kami ulas di artikel berikut: [url=http://https//elnandar.com/manfaat-lidah-buaya][color=#0077dd]Manfaat Tanaman Lidah Buaya[/color][/url]. Silahkan baca artikel tersebut supaya kamu jadi lebih paham.

2. Belimbing Wuluh
Tanaman herbal berikutnya yang bisa kamu tanam sendiri di pekarangan rumah yakni tanaman belimbing wuluh. Sebagian besar masyarakat kita mengetahuinya dengan nama belimbing sayur, karena biasanya dibuat menjadi campuran untuk makanan, sehingga memberikan cita rasa yang lebih sedap. 
Buah belimbing wuluh ini juga punya rasa asam yang amat kuat, sehingga tanaman ini mampu digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit semacam sariawan, rematik, gusi berdarah dan lain-lain.

3.Bunga Kumis Kucing
Bunga kumis kucing punya nama lain Orthosiphon Aristatus serta tergolong sebagai keluarga tumbuhan Labiatae, tanaman kumis kucing termasuk tumbuh subur di setiap wilayah, disebabkan kondisi tropis yang menyelimuti hampir setiap tahun dan sejatinya tanaman ini berasal dari wilayah Afrika dengan kondisi tropis. Tidak heran juga kita menemuinya dipinggir jalan, bagaikan tanaman liar yang gak keurus.
kita mendengar tumbuhan ini digunakan buat obat obatan herbal penyebabnya karena pengetahuan kita yang sedikit, padahal kumis kucing punya manfaat yang sangat berlimpah, mulai dari menyembuhkan penyakit batu ginjal, rematik, sakit pinggang dan seterusnya.

4. Temulawak
Tumbuhan temulawak ini mungkin tak asing di telinga masyarakat kita. Dulu kamu mungkin pernah dengar jamu temulawak. Yap,, temulawak dari dahulu udah biasa digunakan untuk ramuan obat herbal untuk pengobatan macam macam penyakit.
Tanaman yang punya buah di akarnya ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan hati, jantung, ginjal, melancarkan pencernaan dan lain-lain.

5. Tumbuhan Cincau
Tanaman obat yang berikutnya adalah tumbuhan cincau. Kalian pasti pernah memakan es cincau bukan? Bahan cincau itu sendiri diperoleh dari daunnya loh. Secara umum daun cincau dibagi 2 yaitu hitam serta hijau.
Tanaman cincau dapat digunakan buat menyembuhkan masalah demam, flu, lambung dan seterusnya. Keren ya? Disamping rasanya nikmat dan dapat ngilangin haus, es cincau juga bermanfaat untuk kesehatan kita ya Gens.

Itulah 5 tumbuhan herbal yang dapat kalian tanam sendiri dirumah, seandainya jika kamu ingin buat obat herbal bahannya tinggal ambil aja, mudah bukan? 

Semoga bermanfaat emoticon-Smilie
Sumber : http://warungkopi.okezone.com/thread...itanam-dirumah

Diubah oleh Kaskus Support 03 30-04-2018 04:11
abellacitra
introvertpsycho
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan