alpukatcokelatAvatar border
TS
alpukatcokelat
Apa Aja Sih yang Harus Dimasukin ke Tas Siaga Bencana?
Agan tau nggak, kalau Indonesia itu terletak di jalur cincin api alias ring of fire? Maka dari itu, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah, namun juga rawan akan bencana alam. Nah, kita nggak bisa memprediksi kapan terjadinya bencana alam, makanya sebaiknya kita menyiapkan Tas Siap Bencana dari sekarang.
Udah tau tentang Tas Siaga Bencana? emoticon-Bingung

Tas ini isinya adalah alat-alat untuk menunjang hidup selama 72 jam (3 hari pertama) saat menunggu bala bantuan datang. Isinya harus efektif, biar nggak berat dan rempong bawanya. Nah, ini nih barang-barang yang wajib ada di dalam Tas Siaga Bencana:

1. Dokumen Penting
Fotokopi kartu keluarga, identitas diri, buku tabungan, surat berharga, dan polis asuransi. Masukkan semuanya ke dalam map kedap air ya, gan!

2. Kotak P3K
Obat diare, pengusir nyamuk, demam, plester, betadine, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga obat pribadi jika agan punya penyakit khusus.

3. Pisau Lipat Swiss Army
Untuk memotong, menggunting, membuka kaleng, dan lain sebagainya. Ukurannya pisau lipat ini kecil, jadi nggak makan banyak tempat di dalam tas.

4. Selimut Serbaguna
Terbuat dari bahan film polyester, selimut ini efektif untuk menahan angin, air, dan menjaga suhu normal tubuh. Dalam kondisi terlipat, selimut ini bisa jadi kecil ukurannya.

5. Uang Tunai
Antisipasi kamu tidak bisa menggunakan mesin ATM pasca bencana, sebaiknya agan siapkan uang tunai secukupnya untuk kebutuhan selama 3 hari.

6. Senter
Senter bisa agan gunakan sebagai alat bantu penerangan dan memanggil bala bantuan. Jangan lupa siapkan baterai cadangannya juga.

7. Peluit
Berteriak meminta tolong akan menghabiskan tenaga agan. Siapkan peluit untuk memanggil bala bantuan saat dibutuhkan. Kalau agan belajar sandi morse, bisa kirim pesan juga.

8. Handphone dan Radio Portable
Handphone bisa agan gunakan untuk mencari bantuan jika masih terjangkau sinyal. Sementara radio portable bisa digunakan sebagai sumber informasi pasca bencana. Jangan lupa sedia power bank ya.

9. Baju Ganti dan Alat Mandi
Siapkan baju ganti sesuai dengan iklim tempat tinggal. Jangan lupa udah baju dalamnya juga ya! Alat mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi jangan lupa dibawa. Untuk wanita, masukkan juga beberapa lembar pembalut dalam tas.

10. Makanan dan Minuman
Agan bisa siapkan juga makanan yang awet tapi bergizi seperti kornet kalengan. Nggak terlalu disarankan untuk membawa mie instan karena tidak banyak gizinya. Bawa minum kemasan yang cukup supaya badan bisa tetap terhidrasi sambil menunggu bantuan.

Yuk, siapin dari sekarang tasnya!
Oh iya, info artikel ini ane dapat dari blog GO-DAILY.

emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh alpukatcokelat 08-10-2018 04:30
1
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan