l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Menilik Kembali Rekaman Black Box Pesawat Adam Air yang Jatuh 11 Tahun Silam
Menilik Kembali Rekaman Black Box Pesawat Adam Air yang Jatuh 11 Tahun Silam

Selasa 30 Oktober 2018



ebelas tahun yang lalu, pesawat Adam Air KI 574 dengan rute Jakarta-Surabaya-Manado mengalami kecelakaan saat terbang di atas Teluk Makassar (1/1/2007). Pesawat ini dikabarkan hilang kontak setelah transit dari Surabaya dan ditemukan jatuh di Perairan Majene, Sulawesi Barat. Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan penyebab jatuhnya pesawat adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu sistem navigasi inertial dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

Kecelakaan ini menewaskan seluruh orang didalamnya yang berjumlah 102 orang terdiri dari 96 penumpang dan 6 awak kabin.

Tujuh bulan pasca kejadian, ditemukan black box Adam Air KI 574 pada kedalaman 2000 meter (28/08/2007). KNKT kemudian memublikasikan transkrip rekaman percakapan pilot Adam Air Kapten Refri Agustian Widodo dan Kopilot Yoga Susanto.

Tak lama sebuah rekaman yang diduga sebagai percakapan terakhir antara pilot dan kopilot Adam Air beredar luas di Internet. Dalam rekaman berdurasi 5 menit 38 detik tersebut berisi percakapan sesaat sebelum pesawat hancur menghantam laut. Berikut cuplikan rekaman percakapan tersebut.

Pada saat keadaan mulai genting sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan bank angle berbunyi 4 kali.
Pilot (P) : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi
Kopilot (K) : Yes
P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi
Kemudian terdengar ada suara peringatan altitude deviation
K : NAV
P : Jangan dibelokin! Ini heading kita
K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!
Setelah itu terdengar dentuman keras dan teriakan takbir dari pilot serta kopilot sebelum rekaman berakhir.




=======================================

Komen TS


Ehhh.. lo tahu ga penyebab kecelakaan Adam Air  nomor penerbangan KI 574, DHI 574

Tu pesawat jatuh karena Pilot dan Copilotnya oon


IRS berfungsi sebagai sistem navigasi pesawat, yang menghitung posisi koordinat pesawat ketika terbang. IRS bekerja bersama dengan sistem auto-pilot, sehingga pesawat dapat terbang menuju koordinat yang ditentukan tanpa kendali pilot. Namun, IRS rusak sehingga pesawat keluar dari jalur aslinya dan kehilangan arah.


Nah, karena IRS rusak, maka Pilot langsung ambil keputusan ubah mode auto ke manual


Tapi oon-nya si Pilot & Copilot ga tahu kalo sistem elektronik pesawat akan mati selama 30 detik selama pergantian sistem auto-pilot ke manual.


Nah setelah mengganti mode dari auto ke manual, si Pilot dan Copilot kaget dan langsung panik karena berpikir sistem elektronik shutdown karena mengalami kerusakan. Akhirnya dicuekin deh tuh 


Selama pilot dan co-pilot mencari tahu penyebab kerusakan sistem elektronik dan IRS, pesawat sudah tidak lagi dalam kondisi auto-pilot. Maka pesawat harus dikendalikan secara manual. Namun, pilot maupun co-pilot tidak memegang kendali pesawat, keduanya sibuk membuka buku manual pesawat dan mencari solusi kerusakan sistem. Hal inilah yang menyebabkan kecelakaan tidak dapat dihindari. Ketika pilot dan co-pilot sibuk sendiri, pesawat ternyata secara perlahan berguling ke kanan (miring ke kanan). Karena tidak ada krew yang memegang kendali, pesawat terus berguling ke kanan hingga pada kemiringan yang tidak aman. Akhirnya, pilot terlambat mengembalikan pesawat ke posisi semula sehingga pesawat menukik jatuh ke laut.


Nah, beginilah apesnya kalo pesawat lu disetir pilot dan copilot oon..  banyak2 berdoa biar ga dapet pesawat yang pilot & copilotnya oon


Diubah oleh l4d13put 30-10-2018 21:50
-4
9K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan