archaengelaAvatar border
TS
archaengela
(COC) Kiat Menciptakan Keluarga Bahagia dalam Aspek Keuangan #AslinyaLo
Keuangan adalah salah satu aspek penting, kalau tidak mau disebut sebagai salah satu aspek terpenting dalam pernikahan. Kenapa ane bilang begitu? Kalau mau menilik banyaknya thread di forum Wedding & Family, didominasi 3 hal: ekonomi, komunikasi, dan seks. Bagi yang belum maupun sudah menikah, ane mau membagikan kiat untuk menciptakan kiat bahagia dalam aspek keuangan.

Spoiler for uang:

Sumber gambar: 1

Untuk yang belum menikah, kiat yang bisa disimak:
1. Perhatikan baik-baik pasangan ente (calon istri/suami). Sebelum menikah, ente harus bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait pasangan ente:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


2. Diskusikan dan buat rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang mengenai rencana keuangan ente dan pasangan.

3. Selalu membuat jurnal pendapatan dan pengeluaran harian, mingguan, bulanan. Dengan begitu maka bisa ditelusuri penggunaan uang setiap hari, minggu, dan bulan, lalu bukan hanya bisa ditelusuri, jurnal pendapatan dan pengeluaran ini berfungsi sebagai alat analisis untuk mengukur pos pengeluaran yang kira-kira perlu dikurangi, dihilangkan, atau bisa juga ditambah. Tanpa adanya pencatatan, sangat sulit untuk mengetahui uang yang dimiliki itu dibelanjakan untuk apa saja.

4. Menganalisis dan menentukan siapa yang akan memegang keuangan sehari-hari. Juga menentukan jumlah uang yang akan digunakan untuk investasi, tabungan, pengeluaran, pos darurat, juga untuk memberi pada keluarga atau pihak-pihak yang membutuhkan. Tentunya hal ini dengan melihat kecenderungan, kelebihan dan kelemahan antara ente dan pasangan. Pihak yang lebih mahir mengelola keuangan sebaiknya yang memegang keuangan.

Untuk yang sudah menikah, kiat di atas masih bisa dipakai:
1. Buat jurnal harian, mingguan, bulanan. Pastikan setiap bulan untuk menganalisis pengeluaran.

2. Pastikan kesepakatan awal tentang keuangan selalu dipenuhi (misal untuk jumlah uang untuk investasi dan tabungan, untuk membeli barang yang mahal harus didiskusikan terlebih dulu, memberi pada orangtua, amal/sosial, dll). Kalau ada kesepakatan baru, maka didiskusikan dan dilaksanakan.

3. Pastikan tidak besar pasak daripada tiang. Ini adalah hal yang sangat sederhana, tapi seringkali tidak dilaksanakan dalam keluarga. Untuk menghemat pengeluaran bisa dengan cara:
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Bagi yang mau menambahkan kiat keuangan, bisa berkomentar di bawah ini. Selamat mencoba kiat-kiat keuangan ini.

Sumber gambar:
1
2
3
4
5
6
7
Diubah oleh archaengela 31-10-2018 14:43
0
7.5K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan