codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Tanggal Ultah Bertepatan Dengan Hari Sumpah Pemuda, Ini yang Ane Rasakan Gan!


Di setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober, negeri kita tercinta ini memperingati yang namanya Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sendiri merupakan sebuah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang saat itu diselenggarakan sekitar 17 tahun sebelum Indonesia merdeka yaitu pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Yang mana dalam keputusan tersebut menegaskan cita-cita akan adanya "Tanah Air Indonesia," "Bangsa Indonesia," dan "Bahasa Indonesia." Sumpah Pemuda juga dianggap sebagai fondasi utama tercapainya Kemerdekaan Republik Indonesia.
:merdeka



Walaupun Sumpah Pemuda sudah dideklarasikan tanggal 28 Oktober 1928, tapi baru di tahun 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur. Ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.



Di tanggal 28 Oktober 2018 ini, Sumpah Pemuda telah genap berusia 90 tahun. Tapi bagi ane, 28 Oktober bukan hanya memperingati perayaan Sumpah Pemuda aja Gan, 28 Oktober juga merupakan tanggal ane dilahirkan. Kalo Sumpah Pemuda lahir tahun 1928, ane lahir tahun 199x (eh, gak mau sebut detail tahun deh). emoticon-Malu



Punya tanggal ulang tahun yang berbarengan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda juga tentu sedikit-banyak berpengaruh terhadap ane pribadi sebagai bagian dari generasi pemuda Indonesia...



Meningkatnya Jiwa Nasionalisme



Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan juga dengan hari ultah ane tentu secara langsung atau tidak langsung akan meningkatkan jiwa nasionalisme dalam diri ane Gan. Perayaan Sumpah Pemuda ini ibarat seperti perayaan Kemerdekaan Indonesia tapi versi anak mudanya Gan.

Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi para pemuda untuk menggelorakan semangat jiwa nasionalisme yang mungkin perlahan sudah mulai terkikis arus globalisasi. Bisa kita lihat banyak pemuda di era sekarang yang lebih bangga dengan merek-merek luar, gaya-gayaan ngikutin trend dari luar, atau sok-sokan memakai bahasa luar dalam pergaulan. Sadar tidak sadar ini tentu bisa berpengaruh pada jiwa nasionalisme mereka.

Ingat 3 ikrar Sumpah Pemuda yang selalu kita gaung-gaungkan. Pemuda adalah fondasi utama dalam membangun Indonesia ke depan, pemuda adalah tulang punggung Indonesia di masa depan. Kita jangan melulu selalu melihat ke luar Gan, tapi buatlah mereka yang di luar melihat kita, Indonesia.
emoticon-Cool



Bangga jadi Indonesia



Lahir bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda juga membuat ane bangga sebagai pemuda Indonesia Gan. Kalian mestinya juga harus bangga menjadi pemuda Indonesia. Kita bangsa Indonesia hidup di tanah air Indonesia dan berbahasa Indonesia. Walaupun kita punya banyak bahasa daerah, agama, suku, budaya, ras, bahkan ormas dan partai politik, seharusnya ini bukan jadi alasan kita untuk memicu pertikaian antar satu dan yang lain.

Indonesia sejak dulu terkenal karena penduduknya yang bisa hidup berdampingan di tengah keberagamaman. Anggap lah semua perbedaan ini adalah "kekayaan" yang telah Tuhan berikan kepada kita. Malah negara-negara luar banyak yang iri dengan kita. Makanya, jangan pernah kalian berniat untuk jadikan perbedaan ini sebagai "celah" untuk memancing keributan. emoticon-Mad

Kita boleh datang dari latar belakang daerah yang berbeda-beda, agama kita boleh beda, budaya kita boleh beda, pilihan presiden kita boleh beda. Tapi kita berdiri di tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, kita semua berdiri di bawah bendera yang sama, yaitu bendera merah-putih Indonesia. Ingat selalu semboyan kita, Bhinneka Tunggal Ika "Berbeda-beda tetapi tetap satu."
emoticon-I Love Indonesia





Pada dasarnya Sumpah Pemuda itu terwujud untuk menyatukan rasa tanggung jawab dan kebersamaan para pemuda untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Oleh karenanya, kita sebagai pemuda diminta untuk terus memegang teguh Sumpah Pemuda sebagai alat pemersatu Bangsa.
:tepuktangan

Mungkin itu aja thread "Sumpah Pemuda Versi Gue" dari ane. Semoga thread ini dapat bermanfaat bagi kalian para pemuda serta bisa memupukan rasa kebersamaan dan solidaritas kita sebagai pemuda.
emoticon-Shakehand2
3
8.1K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan