JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah penelitian terbaru dari lembaga penelitian asal Australia, Roy Morgan menunjukkan bahwa lebih dari 55 juta masyarakat Indonesia membeli makanan di restoran keluarga dan di restoran cepat saji.
Data tersebut pun mencakup mereka yang makan di restoran, membeli dengan layanan tanpa turun (drive thru), ataupun memesan dan mengirimkan ke rumah.
Penelitian ini pu menunjukkan bahwa restoran paling diminati masyarakat Indonesia, urutan pertama diduduki oleh Restoran Sederhana yang menyajikan masakan khas padang.
Sementara, posisi kedua diduduki oleh restoran cepat saji KFC yang menyajikan masakan ayam goreng.
Di belakang kedua restoran pemimpin ini adalah jaringan makanan cepat saji internasional termasuk McDonald's Pizza Hut dan Burger King serta berbagai jaringan restoran lokal termasuk Solaria, Hoka Hoka Bento, dan D’Cost Seafood,” kata CEO, Roy Morgan, Michele Levine dalam hasil penelitian tersebut.
Berikut ini merupakan daftar restoran di Indonesia yang paling diminati masyarakat menurut hasil penelitian Roy Morgan dalam jangka waktu rata-rata 6 hingga 12 bulan dari bulan Oktober 2017 hingga September 2018.
1. Restoran Sederhana, diminati sebanyak 28,4 juta orang Indonesia
Spoiler for :
Restoran Sederhana berawal pada tahun 1972 dari sebuah rumah makan Padang kecil-kecilan milik Bustaman di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta. Dalam mengelola restorannya, Bustaman yang berasal dari Lintau, Sumatera Barat, selalu menyesuaikannya dengan lidah orang kebanyakan, sehingga ia mengurangi rasa pedas dalam masakan Padang buatannya. Ia juga memiliki hidangan khusus, yakni Ayam Pop yang telah dikenal luas.
2. KFC, diminati sebanyak 24 juta orang Indonesia
Spoiler for :
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton.
3. McDonald’s, diminati sebanyak 7,7 juta orang Indonesia
Spoiler for :
McDonald's Corporation NYSE: MCD (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mekdi) adalah waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Lambang McDonald's adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.
4. Pizza Hut, diminati sebanyak 6,5 juta orang Indonesia
Spoiler for :
Pizza Hut adalah restoran berantai dan waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam piza. Saat ini, Pizza Hut merupakan restoran piza berantai terbesar di dunia dengan hampir 12.000 restoran dan kios pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 86 negara. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Yum! Brands yang juga merupakan salah satu restoran terbesar di dunia.
5. Solaria, diminati sebanyak 3,2 juta orang Indonesia
Spoiler for :
Saloria yang berdiri sejak tahun 1995, pertamakali memiliki gerai di Lippo Cikarang, Tanggerang. Dengan strategi penawaran makanan porsi jumbo, restoran ini dapat berkembang dengan cepat. Hanya dalam 3 tahun, Saloria telah memiliki 10 gerai. Namun, bencana kemudian melanda resto yang menyediakan menu makanan sehari-hari ini. Enam gerai harus ditutup, karena terbakar akibat kerusuhan sosial tahun 1998. Kendati demikian, sepuluh tahun setelah kebakaran, Solaria malah berkembang menjadi 130 gerai yang tersebar di 25 kota di tanah air.
6. A & W, diminati sebanyak 2,4 juta orang Indonesia
Spoiler for :
A&W Restaurants adalah jaringan restoran siap saji yang tersebar di seluruh dunia. Waralaba perusahaan ini dikelola oleh Yum! brands. Restoran ini pertama kali dibuka di California pada tahun 1919. Produk yang dijual adalah A&W Root Beer, ayam goreng, burger maupun nugget. Di Indonesia, A&W memiliki lebih dari 200 outlet yang tersebar di kota besar maupun kecil. Di Kanada, A&W memiliki lebih dari 770 outlet di seluruh negeri.
7. D’Cost, diminati sebanyak 2,4 juta orang Indonesia
Spoiler for :
D'COST Seafood pertama didirikan di Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan, pada 9 September 2006. Saat itu D'COST Seafood melihat sebuah peluang untuk mendirikan jaringan restoran yang menyajikan hidangan laut, yang saat itu dipandang sebagai makanan mewah. Akan tetapi, D'COST Seafood ingin menyajikan hidangan tersebut dengan harga yang sama dengan harga kaki lima. Inspirasi tersebut tercermin pada slogan D'COST Seafood: Mutu Bintang Lima, Harga Kaki Lima.
8. Hoka-hoka Bento, diminati sebanyak 2,3 juta orang Indonesia
Spoiler for :
HokBen (singkatan dari Hoka Hoka Bento) adalah jaringan restoran waralaba makanan cepat saji yang menyajikan makanan Jepang yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Hingga kini, HokBen memiliki 350 gerai yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Nama Hoka Hoka Bento sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti "makanan hangat dalam boks".
9. Texas Fried Chicken, diminati sebanyak 1,6 juta orang Indonesia
Spoiler for :
Texas Chicken adalah waralaba yang bergerak dalam usaha restoran cepat saji ayam goreng. Di Indonesia Texas Chicken dimiliki oleh PT. Cipta Selera Murni berkedudukan di Jakarta yang memperoleh hak waralaba tunggal dari Cajun Operating Company (COC) sebuah badan usaha pemilik kelompok waralaba yang berkedudukan di Atlanta Amerika Serikat. Kami Texas Chicken hadir di Indonesia sejak April 1984, bermula dari restoran pertama kami di Pasar Baru - salah satu kawasan bisnis tersibuk di Jakarta kala itu, Usaha kami semakin berkembang tidak hanya dikota Jakarta saja tetapi diikuti dengan perkembangan di sebagian besar kota-kota di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Banjarmasin, Bandung, Makasar, Manado dan kota-kota lain. Kondisi ini membuat kami sangat dikenal dimasyarakat luas.
10. Es Teler 77, diminati sebanyak 1,5 juta orang Indonesia
Spoiler for :
Es Teler 77 adalah jaringan rumah makan siap saji asal Indonesia. Restoran ini menyajikan makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, mi ayam, dan terutama es teler. Didirikan oleh Sukyatno Nugroho berdasarkan resep mertuanya, Murniati Widjaja pada tahun 1982 di Jakarta. Saat ini sudah terdapat lebih dari 100 gerai Es Teler 77 di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia.