ryansfsobAvatar border
TS
ryansfsob
PENGALAMAN ANE INTERVIEW & TRAINING DI PERUSAHAAN PT K**T@K P**K*S@ FUTURES
LANGSUNG AJA YA GA ANE SHARE TENTANG PENGALAMAN ANE YANG BARU AJA ANE ALAMIN KEMARIN (eh... lupa kalo caps lock nya nyala)
emoticon-Malu

Jadi gini gan... beberapa minggu yang lalu ane baru aja resign dari kerjaan ane sebagai marketing yang menjual jasa penjualan kursus bahasa inggris dari salah satu Lembaga Kursus Bahasa Inggris ternama di Denpasar, Alasannya karena hal standar kerja sebagai marketing... ga capai target... tp bkn itu aja sih... memang kondisi kerjaannya bikin jenuh dan produk jasa kursus bahasa inggris yg harus ane jual ke corporate2 masih blm banyak peminatnya di Bali... apalagi ane ga punya basic jadi marketing sebelumnya... ane lulusan S1 Teknik Informatika yg fokus ke design grafis dan multimedia, selain itu aneh jg lebih banyak pengalaman di bidang event organizer. Tapi, karena tuntutan kehidupan gan... ane ga punya pilihan, jadi kerjaan apa aja ane embat aja...

Singkat cerita, setelah nganggur ane langsung gencar bgt nyari loker di internet... entah brp email application letter yang ane kirim ke perusahaan-perusahaan dan pastinya ane ga mau melamar di posisi marketing lagi. Salah satu perusahaan yang sempat ane kirimin email adalah dari PT K**T@K P**K*S@ FUTURES cabang Bali, yang merupakan perusahaan investasi berjangka, mskpn krn bnyknya email yg ane kirimin ane lupa kalau pernah melamar pekerjaan di perusahaan ini dan melamar di posisi apa.

Tepatnya hari kamis minggu lalu tanggal 17 April 2014 ane dapat panggilan dari PT K**T@K P**K*S@ FUTURES untuk dtg di hari esok untuk mengikuti interview jam 2 siang karena berkas ane dinyatakan lulus. Dan keesokan harinya di hari jumat 18 april 2014 akhirnya ane datang ke perusahaan itu untuk mengikuti interview. Kantornya cukup mewah dan berada di kawasan elit di jl.Sunset Road, Kuta, dan disambut oleh receptionis yg cantik dan sexy bgt. emoticon-2 Jempol emoticon-Matabelo ane disuruh isi formulir yg aneh nya di form itu judulnya "formulir finger print pegawai baru"... bukannya itu untuk pegawai yg sudah diterima ya? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) Waktu itu ada seorang cewek jg yang melamar kerja dan dia lebih dulu di panggil untuk interview dalam satu ruangan oleh seorang karyawan yang terlihat masih sangat muda, ga begitu lama si cewek itu diinterview cuma sekitar 5 menit sepertinya dan ane liat doi diarahkan untuk ke ruangan di dpnnya entah untuk apa... setelah cewek itu masuk dalam ruangan tersebut, tiba giliran ane yg dipanggil oleh karyawan tadi untuk mengikuti interview di ruangan tempat cewek td jg diinterview... ternyata karyawan itu menjabat sebagai HRD... ane langsung di ceritain ttg perusahaan ini yang katanya perusahaan jasa keuangan non perbankan yang dibawahi langsung oleh departemen perdagangan RI, dan dia blg krn ane S1, lowongan yang cocok cuma bagian Admin Operational, Bussines Operational, dan Marketing Executive... dan dia jelasin klo admin operational itu bahasa lainnya sebagai teknisi komputer, bussines operational itu admin yang membantu marketing, dan marketing bertugas mencari nasabah. Jelas aja ane pilihnya jadi teknisi komputer, apalagi ane memang punya basic disitu... tp HRD nya berkilah kalau di posisi itu ga ada jenjang karir, dan hampir tiap hari harus lembur sampai jam 9 malam dan langsung menawarkan ane di posisi Bussines Operational aja, katanya jenjang karir jelas, dan bisa dapat bonus kalau bs bantu dapat nasabah jg, tp kalau ga mau cari nasabah ga apa2, intinya kerjaan ane cm jd admin untuk memanage marketingnya. Akhirnya ane terima aja kerjaan yg di rekomendasikan itu, yg pntg bkn marketing. Pas ane tanya gaji, HRD nya blg kalau itu dijelaskan di tahap seleksi berikutnya, yg jelas katanya nanti kalau diterima ane bakal dapat gaji pokok, komisi, dan bonus. Dan akhirnya interviewnya selesai, tapi anehnya si HRD nya ga pernah sama sekali menanyakan pengalaman kerja yg ane miliki ataupun menanyakan keterampilan apa saja yg ane miliki. emoticon-Cape d... (S)

Setelah interview nya kelar, ane diminta untuk mengikuti psikotest di ruangan yg sama dg cewek yg diinterview sebelum ane tadi. Ternyata ruangan tersebut ruangan meeting sepertinya, lumayan besar dan cukup berkelas menurut saya, saya diberi soal dan kertas jawaban psikotes dan dipersilahkan duduk di kursi mana aja... dan si HRD nya langsung menghilang entah kemana... ane pun duduk tepat di sebelah cewek tadi dan menyapa cewek itu dan bertanya dia melamar di posisi apa, dan ternyata cewek itu melamar di posisi admin operational, dan hal itu bikin ane heran, td ane minta di posisi itu dibilang susah krn kerja lembur terus, tp kok posisi itu malah dikasi ke cewek ya???? emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Tapi ane blm bnyk kecurigaan apa-apa sih, krn ane memang sudah kebelet mau kerja lagi, capek nganggur... Dan ane pun mulai mengisi soal psikotes tersebut dengan soal yg terdiri dari soal essay, tebak gambar, dan perhitungan, ane mencoba menjawab semua soal dengan maksimal jadi agak lama ane di ruangan itu, tp sementara ane ngerjain soal psikotes itu, ane dpt sms dari HRD nya memberi selamat kalau ane udah lulus interview pertama dan psikotes, ane diundang untuk datang lagi mengikuti tahap company profile pada hari selasa 22 April 2014 jam 9 pagi, padahal ane bahkan masih ngerjain soal psikotesnya.emoticon-Bingung (S)

Hari Selasa 22 April 2014 ane pun datang tepat jam 9 pagi mengikuti tahap selanjutnya di kantor PT K**T@K P**K*S@ FUTURES, si receptionis langsung menyuruh saya untuk masuk ke ruangan yg waktu itu dipakai sebagai tempat psikotes. Saat masuk di ruangan itu ternyata udah banyak pelamar lain, ada 16 orang yg datang hari itu. Beberapa saat HRD nya pun masuk dan membuka tahap 2 seleksi dengan meminta kami untuk masing2 memperkenalkan diri menyebutkan nama, umur, dan tempat tinggal, yang cukup menarik perhatian sy karena ada pelamar yg sudah berusia 45 tahun dan yg termuda 17 tahun. Setelah kami memperkenalkan diri, si HRD jg memperkenalkan dirinya dan ternyata umurnya baru 22 tahun, setelah itu si HRD pun membekali kami dengan perkenalan perusahaan secara umum, si HRD mencoba membekali kami dengan bahasa sehari-hari dan tidak formal, katanya supaya tdk tegang dan santai. Hal tersebut cukup efektif karena sepanjang pembekalan itu lebih banyak tawa dan canda, beberapa pelamar juga bisa lebih interaktif dan ikut bercanda.. si HRD pun melarang kami memanggilnya dengan sebutan Bapak atau Pak... dia menyarankan memanggil dengan nama nya saja atau dengan kata bro dan sebagainya. Setelah pembekalan selesai di Pukul 11:45 si HRD mengatakan bahwa untuk seleksi hari ini. pelamar yg tidak mendapat sms /konfirmasi dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap final di hari esok 23 April 2014 dan yg mendapat sms akan diberitahu bahwa dia tidak lolos untuk tahap final. Ane tidak mendapatkan sms hari itu.

Ane datang keesokan harinya Rabu 23 April 2014 untuk mengikuti tahap final, seperti hari sebelumnya kami disuruh untuk masuk di ruang yang sama... tapi anehnya hari itu ada 6 pelamar baru yang mengikuti tahap final, meskipun memang dari 16 pelamar yang hadir kemarin hanya 11 orang yang datang, hal ini berarti ada 5 orang yang tidak lulus ke tahap ini... di tahap ini pelamar kembali dibekali mengenai perusahaan, namun di tahap ini kami lebih banyak dibekali mengenai perhitungan transaksi yg dilakukan nasabah yang berinvestasi di PT K**T@K P**K*S@ FUTURES, selain itu kami juga di beritahu mengenai perhitungan gaji, komisi, dan bonus... yakni gaji pokok 2jt, komisi dihitung berdasarkan banyaknya investasi dari nasabah yang masuk ke perusahaan dan perhitungan bagaimana bonus didapatkan. Meskipun menurut HRD nya hal ini hanya pengenalan dan setelah diterima kami akan diberi training sesuai jobdesk dan kami juga akan dibagi ke 4 tim, namun menurut ane agak janggal karena ga ada pembahasan tentang jobdesk admin... emoticon-Bingung (S)

Akhirnya tahap final nya pun selesai, dan kami diberitahu mengenai jadwal kerja, dresscode saat menjadi pegawai di PT K**T@K P**K*S@ FUTURES. Mengenai pengunguman, kami akan dikonfirmasi melalui sms sebelum jam 5 sore untuk yang lulus dan akan diberitahu juga masuk di tim mana. Dan sekitar jam 5:30 sore, ane di sms dinyatakan lulus dan masuk dalam tim Bali5 dan diminta dtg besok jam 9 pagi untuk datang ke kantor membuat absen print finger dan mengikuti training sebagai karyawan tetap PT K**T@K P**K*S@ FUTURES oleh manager tim,

Entah kenapa perasaan ane campur aduk antara senang udah ga nganggur lagi atau tidak, karena tiba2 ane terpikir mengenai kejanggalan-kejanggalan dalam proses penerimaan pegawai di PT K**T@K P**K*S@ FUTURES ini sampai ane bisa diterima... ane pun coba browsing di google mencari tahu tentang PT K**T@K P**K*S@ FUTURES dengan keyword "kerja di PT K**T@K P**K*S@ FUTURES", kebanyakan di hasil pencarian teratas dari situs-situs jobseacrh yang memuat loker dari PT K**T@K P**K*S@ FUTURES, namun ada juga beberapa postingan yang membahas tentang protes nasabah yang pernah berinvestasi di PT K**T@K P**K*S@ FUTURES yang menganggap perusahaan ini melakukan penipuan terhadap mereka, tapi yang paling membuat ane makin ragu dengan perusahaan ini setelah mendapat artikel seseorang di posting di blog ini
Pengalaman Seseorang Yang Tertipu Iklan Lowongan Pekerjaan

dan thread ini di kaskus Belajar dan Makan gratis di PT KontakPerkasa Futures Bandung

Akhirnya ane memutuskan untuk tidak datang hari ini, dan ane mengirimkan sms ke HRD bahwa ane tidak bisa datang hari ini karena sakit, tp si HRD sms balik mengatakan tidak masalah dan masih menunggu ane untuk datang besok...

Sekarang ane jujur udah ragu banget sama ini perusahaan, tp ane benar-benar butuh kerjaan saat ini... menurut agan gimana nih? emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh ryansfsob 24-04-2014 08:27
1
80K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan