rigradioAvatar border
TS
rigradio
Astrophotography ~ Astrofotografi
Sore gan,

Ane ingin berbagi beberapa hasil foto selama menekuni genre astrofotografi.
Sekaligus ingin meracuni yang lain agar astrofotografi bisa lebih berkembang dan rame di Indonesia, berhubung kondisi cuaca negara kita yg dekat dg khatulistiwa sangat mendukung genre satu ini.

Spoiler for Andromeda:

Spoiler for Lunar Eclipse:

Spoiler for Eta Carina:

Spoiler for Pleiades:

Spoiler for Horsehead:

Spoiler for Lagoon&Trifid:



Untuk Polar Alignment (PA) kita pake teknik Drift Alignment aja, dan ga butuh Polaris krn nanti trackernya ngadep ke Selatan. Proses PA sendiri sebetulnya adalah agar tracker kita BENAR-BENAR(precise) ngadep ke Kutub Selatan.
Prosedurnya kurang lebih spt ini:
1. Levelling tripod, kemudian pasang tracker ngadep ke Selatan dg bantuan kompas.
2. Set latitude EQ Wedge sesuai dg latitude lokasi kita. Misal set di 7 derajat utk daerah Jogja, krn Jogja lokasinya ada di 7 derajat LS.
Spoiler for Set Latitude:

3. Pasang kamera, kemudian cari bintang yg akan dijadikan patokan dalam proses Drift Alignment. Cari posisi bintang yg lintasannya dekat Equator, dan kira2 1 jam sebelum bintang tsb melintasi Meridian.
Spoiler for Anggap tracker ngadep ke Selatan:

Spoiler for Mintaka (panah merah) sbg patokan Drift Aligment:

4. Dg Live View + Zoom, amati arah pergeseran/drift bintang tsb (mis: Mintaka) pada layar LCD. Jika bintang bergeser ke Kiri, maka kita putar Azimuth Adjustment Knob yg ada di Kiri wedge (asumsi kita duduk ngadep Utara selama PA). Dan sebaliknya, sampai bintang tsb diam dan tidak bergeser kemanapun. Lama kita mengamati minimal 2x shutter speed yg akan kita gunakan.
Jika bintang sudah tidak bergeser, itu artinya tracker kita sudah BENAR-BENAR / PRECISE ngadep ke Kutub Selatan. Artinya, poros putar tracker sudah SEJAJAR dg poros bumi
Spoiler for Azimuth Adjusment Knobs:


Proses PA selesai. Tinggal arahkan kamera ke obyek yg ingin kita foto. Set shutter release > klik Run > tinggal ngopi deh emoticon-Big Grin
Salam!
Diubah oleh rigradio 06-01-2017 15:05
rykenpb
rykenpb memberi reputasi
1
68K
460
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan