magelysAvatar border
TS
magelys
Di Balik Sikap Keras Deddy Mizwar Terhadap Proyek Meikarta

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, angkat bicara mengenai kontroversi proyek Meikarta saat ia masih menjabat. Bahkan Deddy Mizwar sempat berbicara dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tentang kisruh Meikarta.

Baca juga: Kasus Meikarta, KPK Akan Panggil Bos Lippo Group James Riady

Deddy mengisahkan, di sela-sela acara peluncuran Program Kehutanan Sosial di Muara Gembong pada 1 November 2017 lalu, ia berbicara dengan Presiden Jokowi soal Meikarta. "Saya bilang ke Pak Jokowi, ‘Pak, ini menteri-menteri dan pejabat-pejabat sudah main bola liar, nih’," ujarnya mengungkapkan hal yang diomongkan dengan Jokowi saat itu.

Deddy Mizwar adalah orang pertama yang mengungkap kejanggalan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi jauh sebelum kasus suap perizinan yang melibatkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat itu, Deddy Mizwar mengungkapkan bahwa Meikarta belum mengantongi izin.

"Topping off saat itu bukan Meikarta, tapi Orange County. Belum ada konstruksi satu senti pun di Meikarta karena belum ada rekomendasi, belum ada izin, enggak boleh ngebangun. Kami bongkar kalau dibangun," ujar Deddy Mizwar kepada wartawan di Bandung, Jumat, 19 Oktober 2018.

Gara-gara sikap kerasnya, Deddy Mizwar sempat diserang beberapa pejabat. Mayoritas meminta Pemerintah Jawa Barat mempercepat perizinan proyek itu. Namun, kala itu, ia mengaku tak mau menanggapi karena tak mau gaduh. "Saya enggak mau counter, enggak maulah berantem di media dengan sesama pejabat," ucapnya.

Proyek Meikarta, yang disebut-sebut menempati lahan lebih dari 700 hektare, kenyataannya baru mengantongi izin peruntukan penggunaan tanah yang diterbitkan Kabupaten Bekasi seluas 84,6 hektare. “Ini kasusnya sudah nasional, bahkan melibatkan internasional, masuk Bursa Hong Kong kan. Jadi saya minta pandangan Bapak (Presiden) sebab saya enggak mungkin bisa mengubah tanpa ada revisi tata ruang. Saya bisa masuk penjara,” tutur Deddy Mizwar.

Jawaban Presiden Jokowi membuatnya tenang. “Pak Jokowi kan lurus orangnya. Dia orang yang lurus, sederhana cara berpikirnya. Ya, aturannya begitu, ya, lakukan. Selesai,” kata Deddy Mizwar.

https://nasional.tempo.co/read/1138255/di-balik-sikap-keras-deddy-mizwar-terhadap-proyek-meikarta/full?view=ok

Pejabat harus tegas jgn kongkalikong demi keuntungan kelompok semata2
Diubah oleh magelys 21-10-2018 01:25
2
4.6K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan