sekottkAvatar border
TS
sekottk
TOP 5 Fakta E-Sport, Sebenernya Olahraga Apa Bukan Sih?


Hello Gaes, pernah kepikiran gak sebenernya E-Sport itu beneran olahraga apa kagak sih? Kok sampe dipertandingkan di Asian Games segala yang isinya pertandingan olahraga semua. Jadi sebenernya E-Sport itu termasuk olahraga apa bukan ya?

Nah begini gan sist, sport atau olahraga sendiri merupakan sebuah aktivitas yang terorganisir dimana memiliki tujuan untuk mengekspresikan atau meningkatkan kemampuan fisik. Dan E-Sport sendiri bisa dikatakan termasuk kategori olahraga karena terdapat beberapa hal yang erat kaitannya dengan olahraga.

Nah apa saja hal tersebut, yuk mari kita cek bersama:



1. Adanya Batasan Umur

Atlet e-sport sendiri ternyata memiliki batasan umur gan sist, hampir mirip dengan atlet sepakbola. Kenapa begitu, karena berhubungan dengan adanya refleks yang mulai menurun di kisaran usia tertentu. Dalam sebuah game tentunya dituntut untuk memiliki reflek yang luar biasa bagus, udah mirip refleks kiper pas nangkep bola.

2. Makanan Harus Dikontrol

Siapa bilang atlet e-sport enak, bisa main game sambil santai dan ngemil. Ternyata gak begitu gan sist. Nutrisi para atlet e-sport harus beneran diperhatikan melalui pola makanannya, karena mereka harus duduk berjam-jam di depan layar untuk latihan sendiri atau bareng temen satu timnya. Belum lagi nutrisi lainnya yang diperlukan bagi sirkulasi otak, yang tentunya berhubungan dengan adanya respon yang bagus. Namun sayangnya belum banyak atlet e-sport yang menyadari hal ini.



3. Denyut Nadi Kayak Lari Maraton

Kalo dilihat sepintas sih ya, para atlet e-sport itu terkesan santai banget, cuma duduk doang sambil mainin game. Tapi ternyata ga seperti itu ya kenyataannya. Karena menurut penelitian, mereka yang lagi fokus dan konsen memikirkan strategi dalam pertandingan game tersebut memiliki denyut nadi hingga 160 sampai 180 denyutan dalam satu menit.Nah hal ini ternyata setara dengan orang-orang yang berlari sangat cepat layaknya maraton ya gan sist. Jadi keliatannya aja pada santai-santai, ternyata aslinya mereka hampir bisa dikatakan lagi lari maraton gan sist.

4. Perlunya Skill Motorik Tingkat Tinggi

Para atlet e-sport ini khususnya yang menggunakan PC ternyata memiliki kemampuan bergerak yang sangat mencengangkan lho gan sist, terutama ketika dibandingkan dengan orang biasa. Para atlet e-sport ini mampu melakukan gerakan di keyboard dan mouse hingga 400 gerakan lebih untuk tiap menitnya. Gerakan itu asimetris di mana kedua tangan memiliki gerakan yang berbeda di saat yang bersamaan di mana itu berarti otak juga bekerja sangat keras gan sist. Nah kegiatan yang seperti ini tentunya mirip sekali dengan kegiatan olahraga fisik lainnya, terutama yang membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan juga koordinasi yang baik.

5. Perlunya Latihan Untuk Posisi Tubuh

Udah pada tau kan kalo para atlet e-sport ini kerjaannya duduk main game. Nah tentunya duduk terlalu lama menyebabkan banyak masalah pada fisik. Oleh karena itu perlunya ada latihan ataupun pemanasan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh mereka, terutama pundak dan leher. Berarti udah mirip olahraga benern kan ya gan sist, ada pemanasannya segala.

Nah segitu aja ya gans sist thread ane kali ini. Sampai jumpa di thread selanjutnya. Kalo ada sih ya


Quote:





Tetap Semangat, Tetap Bernafas, dan YNWA






Quote:

bimapambudhi
tien212700
tien212700 dan bimapambudhi memberi reputasi
3
9.2K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan