anying.kawAvatar border
TS
anying.kaw
Ini Sepak Terjang Budiman Sudjatmiko
Ini Sepak Terjang Budiman Sudjatmiko
Selasa, 16 Oktober 2018 07:00
Reporter : Desi Aditia Ningrum





1. Aktivis

Merdeka.com - Budiman Sudjatmiko dikenal sebagai aktivis. Sejak SMP dia sudah aktif dalam berbagai organisasi dan diskusi. Saat kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Budiman menerjunkan diri sebagai community organizer yang melakukan proses pemberdayaan politik, organisasi dan ekonomi di kalangan petani dan buruh perkebunan di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Karena kesibukannya sebagai aktivis, pria kelahiran 10 Maret 1970 ini tak sempat menyelesaikan kuliahnya di kampus tersebut.






2. Sempat dipenjara

Merdeka.com - Saat pemerintahan Orde Baru, Budiman Sudjatmiko sempat divonis 13 tahun penjara lantaran mendeklarasikan PRD (Partai Rakyat Demokratik) pada 1996 dan dituding mendalangi gerakan menentang Orde Baru. Karena kemenangan gerakan demokrasi, Budiman hanya menjalani hukuman selama 3,5 tahun setelah diberi amnesti oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada 10 Desember 1999.





3. Jadi anggota DPR RI

Merdeka.com - Budiman Sudjatmiko sempat melanjutkan pendidikan Ilmu Politik di Universitas London dan Master Hubungan Internasional di Universitas Cambridge, Inggris setelah keluar dari penjara. Setelah kembali ke Indonesia dia bergabung ke PDI Perjuangan pada tahun 2004. Saat ini, Budiman menjabat sebagai anggota DPR RI dari PDI Perjuangan yang duduk di komisi II.











https://www.merdeka.com/politik/ini-...o/aktivis.html




-1
10K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan