dianabagus23
TS
dianabagus23
Ke Bogor Enaknya Jajan Apa? Cek di sini
Nggak cuma dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai salah satu tempat favorit wisatawan khususnya untuk mereka yang ingin sekedar hangout atau berburu beragam sajian makanan yang lezat di berbagai sudut kotanya.  Itu sebabnya beberapa waktu lalu aku pun tertarik untuk datang langsung ke Bogor dan mencari jajanan-jajanan enak di sana Gan.


Ada banyak kuliner enak yang ada di Bogor, tapi teman aku yang warga lokal sana merekomendasikan beberapa tempat yang wajib didatangi khususnya saat ingin mencari jajanan dan makanan enak di Bogor.  Dan ini dia beberapa di antaranya.


Es Sekoteng 




Katanya nih buat warga Bogor, Es Sekoteng Boper ini udah cukup melegenda karena sudah ada sejak tahun 1990-an Gan. Dulu warung tendanya tidak memiliki nama hingga akhirnya karena selalu ramai, pembeli kerap menyebut nama Es Sekoteng ini dengan nama Es Sekoteng Boper. Boper sendiri adalah singkatan dari Bogor Permai, toko kue legendaris yang letaknya samping-sampingan dengan warung Es Sekoteng Ini.


Meski namanya Sekoteng, jangan bayangkan minuman jahe hangat seperti yang biasa kamu temui di beberapa daerah di Jawa ya Gan. Es Sekoteng ini tidak hangat dan dibuat tanpa air jahe. Penampakannya sendiri mirip es teler atau es oyen dengan isian biji delima sagu, alpukat dan kelapa muda. Rasanya gimana? Manis dan segar Gan. Cocok buat jadi penyegar terutama abis jalan-jalan cukup jauh kayak aku kemarin yang sibuk jalan ke sana kemari mengelilingi kota  Bogor sambil foto-foto pakai kamera OPPO A3S aku.



Seger nggak Gan liatnya? Jadi pengen nyeruput kuahnya kan…


Oiya, saat datang ke sini jangan kaget kalau Agan harus rebutan tempat karena pengunjungnya rame banget. Apalagi kalau siang hari. Untuk yang pengen nyicipin es sekoteng ini, satu porsinya dijual dengan harga Rp 15.000 ya Gan.



Soto Mi




Masih di tempat yang sama dengan Es Sekoteng Boper, Agan bisa nemuin kuliner khas Bogor lainnya yang nggak kalah nikmat dan harus banget kamu coba seperti siomay, hingga toge goreng. Tapi pilihan aku jatuh ke Soto Mi Bogor. Maklum, penasaran nyicipin langsung Soto Mie Bogor di Bogor.Hehe.


Buat yang belum tahu, Soto Mie Bogor memang punya rasa dan racikan yang cukup khas. Isinya sendiri terdiri dari mi, kol, lobak, tomat, dan daging sapi yang dipotong kecil-kecil beserta potongan risol goreng yang jadi ciri khas Soto Mi. Kuah Soto Mi sendiri bukan kuah santan melainkan kuah benih yang nggak kalah gurih dan segar saat disantap.




Ngeliat fotonya yang bening gini makin berasa lapar nggak Gan?



Harga semangkuk Soto Mi Boper adalah Rp 16.000 ya Gan. Itu tanpa nasi karena menurut aku porsinya udah cukup banyak apalagi kalau makannya bareng sama Es Sekoteng ya. Tapi sama seperti Es Sekoteng Boper, kalau ke sini mesti bersabar banget kalau mau dapetin tempat duduk yang kosong apalagi di jam-jam makan siang.



Kue dan Roti  Bogor Permai




Sedikit ngesot dari tempat makan Es sekoteng dan Soto Mi Boper, Agan bisa sekalian mampir ke Boper alias Bogor Permai, si toko kue legendaris di Bogor. Toko Bogor Permai sendiri katanya jadi toko roti dan kue pertama di Bogor dan mulai besar di tahun 1960-an. Meski sudah lama berdiri, tapi kualitas dan rasa kue dan roti di Toko ini sepertinya tetap jadi favorit banyak orang ya Gan. Buktinya waktu aku ke sana pembeli yang datang cukup ramai.





Di Toko Bogor Permai, Agan bisa nemuin beragam kue dan roti. Dari kue jajanan pasar sampai, roti-roti jadul seperti roti gambang ini nih.





Harganya juga cukup bervariasi, dari kue-kue basah yang dibawah Rp 5000 sampai roti-roti dengan kisaran mulai Rp 5000-an sampai Rp 20.000. Kalau aku sendiri beli roti-roti di sini buat camilan kalau misalnya pas pulang kelaperan di tengah jalan.


Aku nyobain roti susu, roti coklat gepeng kotak sama roti gambang. Semuanya enak-enak Gan! Oya Gan! Untuk yang ingin membeli roti ini sebagai cemilan untuk di jalan pulang, jangan kelupaan buat makan roti ini segera ya. Ini karena roti dan kue di sini bebas pengawet jadi nggak setahan kue-kue yang biasanya Agan jumpai di minimarket-minimarket.





Soto Kuning Pak Yusuf



Satu lagi soto khas Bogor yang wajib Agan cicipi menurut warga lokal adalah Soto Kuning Pak Yusuf yang ada di jalan Suryakencana, Bogor. Tempat yang satu ini udah terkenal banget bahkan sejak tahun 1998 Gan.




Seperti namanya, Soto Kuning memiliki ciri khas kuahnya yang berwarna kuning. Kuah Soto Kuning sendiri dihasilkan dari olahan santan yang dicampur dengan rempah seperti kunyit,s erai dan lengkuas. Ciri lainnya dari Soto Kuning ini ada pada ketiadaan mi di dalamnya Gan. Isi dari Soto Kuning adalah  campuran dari bagian sapi seperti empal goreng,  otak goreng, limpa goreng, paru goreng, iso goreng, daging rebus, babat rebus, kikil rebus hingga lidah rebus.




Di Soto Kuning Pak Yusuf sendiri Agan bisa memilih campuran mana yang Agan inginkan. Oya, harganya akan ditentukan berdasarkan berapa banyak potong isian yang Agan mau. Setiap potong dihargai Rp 10.000 Gan. Nantinya potongan isian yang Agan mau akan dipotong lagi lebih kecil dan diberi garam dan bumbu-bumbu lalu disiram dengan kuah kuning yang masih pana serta ditambahkan seledri dan bawang goreng yang menambah rasa nikmat.  Biar makin nikmat pembeli juga bisa menyantap Soto Kuning dengan tambahan perkedel atau emping.



Lihat fotonya kebayang gurih santannya nggak Gan?



Soto Pak Yusup emang udah terkenal banget. Jadi bukan pemandangan yang aneh lagi kalau ngeliat ada pembelinya yang bahkan makan Soto Kuning ini sambil berdiri karena kursi penuh semua dengan pembeli. Rasanya nggak usah diragukan lagi ya Gan. Daging isian Soto Kuningnya nggak alot sama sekali. Kuahnya juga gurih. Pas banget dipadankan dengan emping.




Itu cuma beberapa kuliner lezat khas Bogor yang baru aku cicipi Gan. Masih banyak list di rekomendasi tempat makanan yang diberikan yang belum aku berhasil kunjungi di akhir pekan kemarin. Tapi semoga beberapa rekomendasi ini bisa bermanfaat buat Agan Sista khususnya yang pengen main ke Bogor akhir pekan nanti ya.


Buat yang mau rekomendasi tempat makan enak lain di Bogor boleh loh komen di sini.
Ntar aku angkut ke page one.


emoticon-Cendol Gan

Diubah oleh dianabagus23 16-10-2018 02:13
5
19.3K
153
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan