ember2pintuAvatar border
TS
ember2pintu
Bayi Terkena Katarak? Mungkinkah?





APA BENER BAYI JUGA BISA KENA KATARAK???


Spoiler for masa sih?:




Sudah tahu katarak? Mungkin sebagian besar agan-agan udah familiar sama penyakit ini. Yang kita tahu juga penyakit ini cenderung kita sering liat diderita oleh orang-orang tua atau lansia. Nyatanya, untuk agan ketahui katarak juga bisa menyerang bayi yang baru lahir sekalipun. Buat agan yang sudah berkeluarga dan sudah mempunyai momongan, patut waspada nih dan pantau selalu gejala-gejala katarak.






APA SIH KATARAK KONGENITAL ITU?


Katarak kongenital adalah kekeruhan lensa yang timbul sejak lahir pada tahun pertama kelahiran dan merupakan salah satu penyebab kebutaan yang sering dijumpai pada anak. Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata menuju ke retina, sehingga mata bisa menangkap gambar dengan jelas.

Tapi jika menderita katarak, sinar cahaya yang masuk ke mata menjadi tersebar ketika melewati lensa yang keruh, sehingga gambar yang diterima mata menjadi kabur dan terdistorsi. Katarak bisa menyerang satu mata atau bahkan kedua mata.









APA YANG MENYEBABKAN KATARAK?


Soal apa yang menyebabkan katarak, Walaupun sudah ditemukan sejumlah alasan kenapa seorang bayi mengalami katarak kongenital, dalam sebagian kasus lainnya adalah idiopatik atau belum bisa dipastikan penyebabnya gan. Ada beberapa kemungkinan penyebab katarak pada si kecil:

Quote:





BAGAIMANA GEJALA KATARAK?



Jika anak Anda menderita katarak kongenital, biasanya dia akan menunjukkan tanda-tanda seperti:
-          Noda keabu-abuan yang terlihat pada pupil mata bayi atau bisa juga tidak ada
-         Gerakan mata yang tidak terkontrol atau dikenal dengan sebutan nistagmus.
-         Bola mata bergerak ke arah berbeda atau juling.
-         Bayi seperti tidak sadar pada kondisi visual lingkungan sekitar, terutama jika katarak terjadi pada kedua matanya.






Nah kalau bayi agan sudah menunjukkan tanda-tanda seperti yang disebutkan, agan harus segera checkup dan kontrol ke dokter mata. Karena bisa berisiko kebutaan kalau tidak ditangani sejak dini.






BAGAIMANA CARA PENANGANAN KATARAK PADA BAYI?



Kalau katarak dibiarkan tidak tertangani, ini bisa menghambat penglihatan anak, bahkan juga bisa menyebabkan kebutaan pada anak. Untuk itu, diperlukan operasi katarak sesegera mungkin untuk menghilangkan lensa alami si kecil.


Operasi katarak pada bayi ini harus dilakukan sedini mungkin untuk menjamin penglihatan bayi cukup bisa untuk berkembang dengan normal. Beberapa ahli berpendapat, waktu untuk melakukan operasi katarak kongenital adalah antara usia 6 minggu sampai 3 bulan.
Selain itu, pilihan lainnya adalah memakaikan bayi lensa buatan intraocular (IOL) yang dimasukkan ke dalam mata. Tapi IOL ini belum cukup umum digunakan pada bayi karena risiko komplikasi yang lebih besar dan dibutuhkannya operasi tambahan gan.


Setelah operasi katarak, dokter tetap akan melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau penglihatan mereka, sekaligus melakukan penyesuaian ukuran lensa kacamata atau lensa kontak.


Nah kalau agan punya kerabat yang punya bayi atau mungkin anak agan sendiri menunjukkan gejala katarak, sebaiknya ditangani sejak dini gan. Penanganan dengan operasi katarak yang dilakukan sedini mungkin bisa menyelamatkan pengelihatan dan mempercepat peluang sembuhnya. Dan berkat kemajuan teknologi, prosedur bedah katarak sudah pakai mesin yang canggih, yang lebih minimal traumatik bagi pasien apalagi bayi dan anak-anak. Hasilnya pun juga bakal maksimal.


Nah ane dapet kabar dari temen ane nih, katanya ada RS mata yang lengkap sampe punya fasilitas khusus buat periksa mata anak. Barusan ane pake mba gugel nyari tau sedikit, namanya Children Eye & Squint Clinic (CES Clinic) di RS Mata J*C. Baca-baca sih pada bilang suster sama dokternya ramah jadi anak ngerasa nyaman pas proses pemeriksaan terus ada area bermainnya buat nunggu giliran jadi anak merasa santai. Klinik ini juga bisa bantu berbagai masalah kesehatan mata anak.  Untuk lebih detailnya, agan bisa nyari sendiri deh ya, semoga thread dan info ini bermanfaat untuk agan semua emoticon-Smilie




Diubah oleh ember2pintu 18-10-2018 07:02
5
6.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan