Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongkalingkong.Avatar border
TS
kongkalingkong.
Kilang Minyak RI: Tua, Langka, Hobi Mati Mendadak Pula








ibarat kakek-kakek yang setiap hari disuruh lari maraton, begitu kira-kira gambaran soal kondisi kilang minyak Indonesia saat ini.

Sampai saat ini, Indonesia cuma punya 6 kilang dengan kapasitas produksi paling banyak 800 ribu - 885 ribu barel per hari. Kapasitas ini jauh di bawah kebutuhan atau konsumi minyak RI yang seharinya bisa mencapai 1,6 juta barel per hari, menurut data Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas).

Sementara dari sisi hulu, rata-rata produksi minyak makin merosot yakni di kisaran 750 ribu - 770 ribu barel per hari. Artinya, lebih dari separuh minyak yang dikonsumsi RI harus diimpor. Baik berupa BBM maupun impor minyak mentah.

Dari dokumen Pertamina seusai melaksanakan rapat dengar pendapat tingkat panja, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (26/9/2018), tercatat rata-rata harian impor BBM Pertamina sampai pada Agustus 2018 sebesar 393 ribu barel per hari.

CNBC Indonesia coba membandingkan kondisi tersebut dengan negara tetangga Singapura, yang luasnya bahkan tidak lebih besar dari Provinsi Jakarta. Singapura, dengan populasi penduduk hanya sekitar 5,6 juta jiwa, konsumsi BBMnya pada tahun 2016 ternyata tercatat cukup besar, yakni 1,38 juta bph. Namun demikian, Singapura memiliki kilang minyak berkapasitas 1,51 juta bph, sehingga sisanya dapat diekspor ke negara lain, termasuk ke Indonesia.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-mendadak-pula

Alhamdulillah Puji Tuhan janji jokowi jadi kenyataan emoticon-Malu


Terimakasih pak jokowi emoticon-2 Jempol
-1
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan