Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Rangkuman fakta kemiripan mars sama bumi bre!






Bumi dan Mars katanya punya banyak kesamaan, meskipun sih katanya mars gak punya cukup banyak air, oksigen, dan tekanan atmosfer untuk mendukung kehidupan disana. Dibandingkan dengan planet kita, ukuran mars juga lebih kecil, hampir setengah ukuran bumi atau 2 kali ukuran bulan.

Sejauh ini sih mars diketahui sebagai planet kosong, tapi berdasarkan beberapa kesamaan yang udah ditemukan gak menutup kemungkinan ada bentuk kehidupan yang sedang menjalani kehidupan disana. Beberapa fakta kesamaan ini udah gw rangkum dibawah berdasarkan sumber yang.... terpercaya....

emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah

[B]Mars Punya 4 Musim?




Sama kayak bumi, mars juga punya 4 musim. Perbedaannya adalah durasi tiap musim di mars ini tergantung dari hemisphere. Martian years (satu tahun di mars) punya 668.59 sols (satuan hari di Mars) yang sama dengan 687 hari dibumi dan hampir 2 kali lipat jumlah hari dalam setahun disini. Dibagian utara mars, musim semi berlangsung selama 7 bulan bumi, musim panas berlangsung selama enam bulan bumi, musim gugur selama 5.3 bulan bumi, dan musim dingin lebih dari 4 bulan bumi.

Musim panas mars bagian utara juga punya suhu sangat dingin. Seringkali suhu tidak melebihi -20 derajat celcius. Suhu ini berbanding terbalik dengan musim panas dibagian mars bagian selatan yang suhunya bisa sampai 30 derjat celcius. Perbedaan suhu ini yang menyebabkan mars kadang tertutup badai debu raksasa.

emoticon-Takut

Mars Punya Aura Sendiri

[YOUTUBE]https://youtu.be/ETo5W4HpAYg'[/YOUTUBE]

Aurora yang berwarna-warni ini gak cuma dimiliki oleh bumi. Aurora bisa muncul pada planet lain pada kondisi yang tepat, termasuk Mars. Kita bisa melihat aurora ini dari bumi, tapi manusia yang berada dimars tidak akan bisa melihat aurora ini karena aurora akan menghapus cahaya ultraviolet yang tidak dapat dilihat oleh manusia.

Tetapi, peneliti dapat mengobservasi cahaya ini dengan alat khusus yang diletakkan pada Mars Atmosphere and Volatile Evolution mission (MAVEN) spacecraft. Dibumi, aurora timbul disebabkan oleh perubahan partikel elektron yang bertabrakan dengan atmosfir. Dimars, aurora ini disebabkan oleh angin solar yang mengandung proton yang bertabrakan dengan awan hidrogen yang mengelilingi Mars,

emoticon-Matabelo

Hari di Mars lebih panjang dibandingkan hari ini di bumi



Panjang hari sebuah planet ditentukan dari seberapa lama dia berputar pada porosnya. Planet yang mengambil waktu lebih lama untuk menyelesaikan satu putaran akan memiliki hari yang lebih panjang dibandingkan planet yang menyelesaikan waktu lebih cepat. Dibumi, sehari akan memakan waktu 24 jam. Dijupiter dalam sehari akan menghabiskan waktu 9 jam, 55 menit, dan 29.69 detik. Di venus, akan menghabiskan waktu 116 hari dan 18 jam. Di mars sehari akan berlangsung selama 24 jam dan 40 menit. Kenapa bumi dan Mars punya panjang waktu dalam sehari yang hampir sama?

Kemungkinan besar karena kebetulan. Planet terbentuk ketika awan debu terlepas selama pembentukan bintang yang kehilangan momentum ketika berputar. Perputaran ini meningkat atau menurun sehingga planet menabrak objek lain yang berdekatan. Pada waktu tertentu perputaran ini akan berhenti dan konstan pada kecepatan akhir hasil penabrakan.

Mars Punya air



Pada tahun 2008, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menemukan aliran air dibeberapa lembah di mars. Air diduga hanya mengalir di musim panas dan akan membeku dimusim dingin. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Suhu musim panas di mars ini lebih dingin dibandingkan suhu musim panas dibumi. Jadi kemungkinan besar air tetap akan membeku di musim panas, jadi kenapa ada aliran air di Mars?

Peneliti gak yakin akan fakta ini. Tetapi mereka berterori bahwa aliran air muncul karena air memiliki kadar garam tinggi. Air dengan kadar garam tinggi memiliki titik beku yang rendah dibandingkan air segar dan akan meleleh pada beberapa temperatur

Mars Punya topi kutub es dan glacier



Mirip kayak di bumi, kutub utara dan selatan di Mars juga ditutupi es. Selain itu dibagian utara dan selatannya juga ada sabuk gletser. Sabuk gletser ini ditutupi lapisan debu tebal. Tekanan atmosfer di mars ini rendah banget, jadi air permukaan yang ada bakal segera menguap. Mars mengandung lebih dari 150 miliar kubik meter es yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan planet setinggi 1 meter.

Mars Punya air terjun sendiri



Dengan menganalisi gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbitere NASA, mereka menemukan keberadaan sebuah fenomena geologi yang mirip dengan air terjun di bumi, tapi air terjun ini penuh dengan batuan cair. Spora lava dari tempat titik berbeda sepanjang kawah berdiameter 30 km ini mirip banget sama air terjun di bumi.

Mars satu-satunya planet yang bisa ditinggali selain bumi



Planet di tata surya kita diklasifikasikan sebagai planet terestrial. Planet terestrial ini punya permukaan yang berbatu termasuk merkurius, venus, bumi, mars. Planet yang tidak punya permukaan solid seperti jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus, merupakan planet yang punya gas beracun.

Merkurius punya suhu yang sangat panas karena terlalu dekat dengan matahari. Venus punya atmosfir karbon monoksida yang padat dan menjebak panas diplanet tersebut. Atmosfir venus juga tebal dan akan menghancurkan apapun yang melintas. Mars, walaupun dapat mendukung bentuk kehidupan, tapi juga punya sisi negatif. Manusia butuh peralatan dan fasiitas khusus untuk bertahan hidup disana. Para ilmuwan yang mengamati kolonisasi manusia mengusulkan penciptaan medan magnet antara mars dan matahari yang akan menciptakan pelindung mars dari solar wind. Solar wind akan menyebabkan tekanan atmosfer yang meningkat dan akan meningkatkan suhu

Permukaan mars mungkin sama dengan permukaan di bumi



Kejadiannya emang langka sih, tapi ada beberapa kejadian dimana tiba-tiba sebuah pulau muncul dari lautan. 150 tahun terakhir ada tiga pulau yang terbentuk setelah letusan gunung berapi bawah laut. Kejadian terbaru yang paling menarik sih pulau Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, yang tiba-tiba terbentuk di lepas pantai tonga di samudera pasifik selatan. Pulau ini memberi wawasan tentang bagaimana bentang alam di mars tercipta karena pulau ini awalnya tidak stabil dan terus tenggelam dan baru bisa stabil setelah pondasinya dipadatkan akibat reaksi garam dengan abu vulkanik

Mungkin ada kehidupan di Mars



Salah satu penjelajah yang saat ini sudah menjelajahi permukaan Mars mengungkap keberadaan molekul organik dibeberapa batu di Gale Crater yang merupakan danau 3.5 miliar tahun yang lalu. Setiap makhluk hidup punya 4 molekul organik, protein, asam nukleat, lemak, dan karbohidrat. Tanpa salah satu dari keempat senyawa tersebut makhluk hidup tidak bisa eksis. Selain itu keberadan makhluk hidup juga berhubungan dengan metana. Hampir keselurahan metana yang ada dibumi merupakan metana hasil ciptaan manusia. Produksi metana di mars juga meningkat di musim panas dan menurun dimusim dingin.

[URL=" [url]http://listverse.com/2018/10/02/top-10-earthlike-facts-about-mars/[/url]"]sumber[/URL]

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


Quote:









Diubah oleh rendyprasetyyo 12-10-2020 00:02
1
6.4K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan