Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cashdikAvatar border
TS
cashdik
Alasan Kenapa di Cermin, Wajah Terlihat Lebih Cakep Dibanding Aslinya
Halo Gan. . . 

Setiap pagi, kita selalu menyempatkan diri untuk bercermin, kegiatan ini untuk memastikan "sudah rapikah diriku?". Tanpa sadar, kita sering beranggapan jika cermin selalu berkata jujur. Namun, faktanya cermin sering membohongimu.

Kadang terlintas di benak ane, "tadi pas ngaca kelihatan ganteng, tapi kok difoto malah jelek ya?". Ternyata pertanyaan ini juga banyak dialami oleh orang lain.

Quote:


Satu pertanyaan lagi, manakah yang lebih nyata dalam mengambarkan penampilan kita, cermin atau foto? Melansir dari laman wowmenariknya.com, jawabannya adalah foto. Ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut, seperti di bawah ini.


Berdasarkan refleksi, cermin menggambarkan versi diri menurut mata kita sendiri. Sementara foto menggambarkan diri kita jika dilihat dari mata orang lain.

Dari sudut pandang psikologis, kiita cenderung melihat wajah di cermin saat sedang di rumah, lingkungan yang paling membuat kita merasa bebas dan nyaman. Sedangkan waktu  di foto, kita terkadang suka terlihat tegang atau tidak percaya diri. Oleh sebab itu, kadang saat bercermin, kita merasa penampilan sudah ganteng, tapi saat di foto, ternyata penampilan kita tak se-keren di cermin.

Quote:



Alasan psikologis kedua, kita terlalu sering melihat cermin kemudian jadi 'terbiasa'. Hal ini melahirkan Mere Exposure Effectatau efek paparan semata. Teori ini diungkapkan oleh psikolog bernama Robert Zajonc. Sebuah teori yang menunjukkan bahwa orang akan bereaksi lebih baik terhadap sesuatu yang sering dilihatnya. Seperti dilansir dari laman jitunews.com.

Efek tersebut bekerja pada segala hal, dari ekspresi wajah dan lainnya. Akhirnya, kita menjadi  lebih suka dengan apa yang sering dilihat. Bisa diartikan sebagai perubahan sikap atau persepsi seseorang terhadap sesuatu. 

Kesimpulannya, ternyata foto berkata lebih jujur dibanding cermin. Dengan catatan foto itu diambil dari kamera yang dapat dipercaya, misalnya ipin atau samsul. Jangan diambil dari kamera jahat, udah jahat, pas diposting masih ditambah filter pula. Emang ada? BANYAK!

Quote:


Akhir kata, wahai manusia bercerminlah kamu, bukan hanya untuk mengagumi dirimu, melainkan untuk introspeksi dan melihat ke dalam diri.
Sekian dan terimakasih. . 



Mampir juga ke blog sederhana ane gan Cashdik.com
Diubah oleh cashdik 24-08-2021 17:07
0
14.4K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan