drumssAvatar border
TS
drumss
Jangan Maunya Gaji Gede Gan, Tapi Jadi Data Scientist Kudu Kuasai Skil-skil Ini


Segala aktifitas yang kita lakuin itu adalah data, terlebih lagi sekarang kan kita lagi hidup di era digital yang semua hal yang kita lakuin di dunia digital tentu meninggalkan bekas, yaitu berupa data historis tentang aktifitas yang kita lakuin tuh apa aja. Sekumpulan data itu kalau diolah pasti kan bakal bermanfaat dengan bisa memberikan informasi bagi yang membutuhkannya. Kayak yang lagi trend sekarang ini nih gan, sejumlah perusahaan di berbagai industri lagi rame-ramenya nih mengadopsi teknologi machine learning dan nerapin data science demi ngedukung kelangsungan dan perkembangan bisnis perusahaan tersebut. Tapi semua itu tentu ga bisa jalan kalo nggak ada peran dari tenaga ahlinya alias data scientist, makanya banyak banget sekarang perusahaan buka loker khusus buat agan sista yang penggiat data. Nah, lewat kesempatan kali ini ane bakalan berbagi tentang data science skill set, dimana list skil berikut ini wajib dimiliki oleh GanSis yang mau bekerja berkecimpung di kerjaan yang tiap hari mainannya data. 

Sebelum lanjut kopinya disruput gan, tar keburu adem kan nggak enak emoticon-Big Grin

Postingan kali ini, ane bermaksud untuk membantu agan sista di mari untuk mempersiapkan dan mengembangkan skil apa yang diperlukan dalam menjalan profesi sebagai data scientist. Apa aja yah, yuk cek langsung info mantulnya berikut ini.

Programming Skill
Nggak perduli iperusahaan apapun yang agan masuki, untuk terjun menjadi data scientist wajib hukumnya punya skil programming. Sepertinya agan wajib paham dengan bahasa pemrograman statistik, seperti R atau Python, dan bahasa query database seperti SQL. Perlu diingat juga nih gan, ada beberapa bahasa pemrograman yang begitu populer kalo di machine learning dan data science, yaitu Python dan R. 

Statistik
Seseorang yang mau berkarir jadi data scientist juga wajib hukumnya nih gan ahli dalam dunia persilatan statistik. Wajib hukumnya GanSis terbiasa dengan uji statistik, distribusi, estimator maksimum probabilitas, dll. Ini juga akan menjadi kasus pembelajaran mesin, tetapi salah satu aspek yang lebih penting dari pengetahuan statistik GanSis akan dipahami ketika teknik yang berbeda (atau tidak) pendekatan yang valid. Statistik itu penting banget di semua jenis perusahaan loh gan, terutama sih bagi perusahaan yang digerakkan oleh data dimana stakeholder mengandalkan data buat membuat keputusan ataupun saat mau menentukan strategi marketing.

Machine Learning
Saat ini penerapan machine learning lagi rame-ramenya nih gan, apalagi kalo perusahaan besar dengan data dalam jumlah besar seperti bank, e-commmerce, ataupun platform sosial media. Seorang data scientist kudu familiar dengan yang namanya machine learning karena wajib terbiasa dengan random trees ataupun metode ensemble, karena teknik ini bisa diterapkan menggunakan Library pada R atau Python..

Software Engineering
Biasanya nih gan, perusahaan yang lagi cari karyawan untuk posisi data scientist atau ilmuwan data itu begitu merhatiin banget poin yang satu ini, kenapa? Karena background software engineering yang kuat sangat penting dimiliki oleh ilmuwan data. Secara nih gan, ilmuwan data nantinya bakal bertanggung jawab menangani banyak pencatatan data, dan berpotensi mengembangkan produk yang berbasis data. Mantul banget kan, gan?

Data Visualization & Communication
Dari data yang telah dikumpulkan, dianalisa dan sudah menghasilkan informasi yang berarti, ini artinya tinggal agan sisat bisa menerjemahkan ke dalam bahasa yang bisa dipahami oleh semua orang (Stakeholder). Makanya nih gan, biar yang dikerjain kita juga bisa dipahami sama orang lain, maka seorang data scientist wajib hukumnya punya ketrampilan dalam visualisasi dan mengkomunikasikan data. Ketika datang untuk berkomunikasi, ini berarti menjelaskan temuan Anda, atau teknik cara bekerja untuk khalayak, baik teknis dan non-teknis. Visualisasi data biasanya emang sudah akrab dengan visualisasi data pake tools seperti matplotlib, ggplot, d3.js, atau Tableau yang cukup populer. Info mantul yang wajib diperhatikan nih gan, nggak cuman wajib akrab dengan tools yang dipake saja melainkan juga prinsip-prinsip dibalik visualisasi data dan mengkomunikasikan informasi tersebut.

Itulah data science skill set yang wajib dikuasai kalo agan mau terjun jadi ilmuwan data, tapi kalo agan udah ngerasa punya skil-skil di atas ada event yang kece nih yang diadakan oleh Finhacks.id, yaitu kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge yang menantang seluruh penggiat data tanah air buat menakhlukan semua tantagan yang ada. Sayang loh gan kalo dilewatin, soalnya total hadiahnya 480 Juta! emoticon-Wowyang bisa dipake buat makan-makan rame bareng temen satu tim!emoticon-2 Jempol.

Langsung aja deh gan merapat ke website https://finhacks.id buat dapetin informasi lengkap seputar Finhacks 2018 #DataChallenge.


Diubah oleh drumss 03-10-2018 15:31
0
7.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan