Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tonoman3gAvatar border
TS
tonoman3g
Pengalaman Ane Membuat Visa Jepang
Ane mau share nih gan soal pengalaman ane bikin visa ke Jepang. 

Singkat cerita ane mau ke Jepang bulan Oktober 2018, tapi ane belum bikin Visa Jepang. Kebetulan ane baru perpanjang paspor tapi bukan e-paspor, jadi mau gak mau harus ngurus visa dan bayar sedikit agak mahal.

Menurut cerita yang ane dapatkan, jadi terjadi perpindahan pengurusan visa dari kedubes jepang ke suatu agent visa bernama VFS Global. Denger2 untuk mengurus visa ke Eropa juga menggunakan jasa dari agen ini. 

Nah untuk Visa ke Jepang, sekarang kita harus ke kantor VFS. Nah sebelum ke sana, ada baiknya dulu kita harus mempersiapkan dokumen dan appointment agar pengurusan visa berjalan lancar.

Jenis Visa yang disediakan ada beberapa macam, namun karena ane hanya ingin liburan ke sana, jadi jenis visa yang ane pilih adalah Temporary Visit. (sumber). Temporary Visit yang ane pilih membutuhkan persyaratan berikut

Persyaratan lengkapnya agan2 bisa lihat di Website Resmi ini nih. Yang agan harus persiapkan adalah (merangkum dari link yg ane sertakan sebelumnya)
  1. Form pengajuan
  2. Foto
  3. Itinerary, gunakan format berikut
  4. Lampiran Tiket Pulang
  5. Lampiran Hotel yang digunakan menginap
  6. Rekening Koran 3 bulan terakhir (nah ane menggunakan fitur E-Statement BCA untuk mengeprint data tabungan ane selama 3 bulan terakhir). Hebatnya dengan fitur tsb, kita bisa mengunduh data hingga 2 tahun terakhir
  7. Membuat janji di website ini.


Ketika membuat janji, ane memilih untuk melakukan pembayaran di Kantor pengurusan Visanya. 

Ane sampai di VAC (Visa Application Center) pada pukul 11.15, Lokasi VAC nya cukup dekat dengan kantor ane, tempatnya di Lotte Avenue Jl Prof Satrio Lt. 4. Ane sebelumnya membuat janji pada pukul 11.30 - 11.40. Ketika masuk akan diperiksa oleh security dan kita cukup menunjukan bukti appointment yang diperoleh setelah membuat appointment online.

Ane mendapatkan nomor antrian, counternya ada banyak, hingga 20an lebih, 6 counter di ujung adalah khusus kasir. Agan2 tinggal memantau monitor saja, nanti ketika nomor nya tiba, akan dipanggil juga. 

Setelah sampai di counternya, petugasnya akan mengecek kelengkapan dokumen, dan bila lancar, kita tinggal bayar di kasir. 

Ane pulang jam 11.50.

Cepat kan? sekarang ane juga sedang menunggu visa nya jadi, harap2 cemas sih karena ane tidak menggunakan format itinerary yang telah disediakan di websitenya, lalu foto ane kurang perfekto.

Nanti kalau uda dapat ane update lagi deh threadnya


Diubah oleh tonoman3g 30-09-2018 07:19
1
2.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan