Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Mengenal Kereta Api Tanpa Masinis yang Ada di Asia Tenggara
Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan di Asia yang perkembangannya paling pesat. Saat ini negara-negara yang ada di Asia Tenggara saling berlomba untuk membangun infrastruktur. Salah satunya adalah infrastruktur yang berkaitan dengan kereta api.

Untuk urusan infrastruktur kereta api, boleh dibilang kondisi negara kita sudah cukup baik. Hanya saja kita masih tertinggal dalam urusan teknologi. Contohnya Indonesia masih belum memiliki kereta api yang dapat beroperasi otomatis tanpa masinis. Padahal beberapa negara Asia telah memilikinya, termasuk negara-negara di Asia Tenggara.

Ada 2 negara di Asia Tenggara yang telah memiliki kereta api tanpa masinis. Berikut adalah 2 negara tersebut.

Singapura

Spoiler for Buka:



Malaysia

Spoiler for Buka:



Indonesia dan Thailand dalam waktu dekat kemungkinan akan menyusul Singapura dan Malaysia. Untuk di Indonesia, kereta api tanpa masinis rencananya akan diterapkan pada LRT Jabodebek. LRT Jabodebek ini ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2019. Untuk keretanya sendiri akan diproduksi oleh PT INKA Madiun. Desain keretanya tidak jauh berbeda dengan LRT Palembang. Hanya jumlah pintunya saja yang berbeda. LRT Palembang hanya menggunakan dua pintu pada setiap gerbong kereta, sedangkan LRT Jabodebek akan menggunakan tiga pintu.

Spoiler for Buka:



Sementara Thailand akan menerapkan kereta api tanpa masinis pada angkutan antar terminal di Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Monorel Bangkok. Untuk kereta api tanpa masinis yang digunakan sebagai angkutan antar terminal di Bandara Internasional Suvarnabhumi, rencananya akan beroperasi pada tahun 2020. Sedangkan monorel Bangkok direncanakan beroperasi pada tahun 2024.

Spoiler for Buka:

1
9.1K
52
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan