CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kwik Kian Gie: Infrastruktur Asal Bangun, Tak Pikirkan Utang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5baed506dcd770d63e8b4572/kwik-kian-gie-infrastruktur-asal-bangun-tak-pikirkan-utang

Kwik Kian Gie: Infrastruktur Asal Bangun, Tak Pikirkan Utang

Jakarta - Ekonom Kwik Kian Gie menyebut pembangunan infrastruktur dilakukan secara asal-asalan. Pembiayaan infrastruktur ini disebut Kwik juga berasal dari utang.


"Nah, yang sekarang dilakukan dan sudah berkali-kali saya katakan adalah bahwa infrastruktur itu asal dibangun, sampai uangnya kurang pun tidak peduli, utang ke luar negeri," kata Kwik dalam diskusi di Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jl Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Kwik mengaku sudah menyarankan pemerintah agar tak ngotot membangun infrastruktur. Sebab, akan berimbas salah satunya terhadap nilai dolar AS.
"Ketika utang ke luar negeri, sudah, saya juga sudah bilang sebelum menjadi penasihatnya Pak Prabowo, sudah mengatakan bahwa ini akan mengakibatkan pembayaran bunga dalam valuta asing, mengakibatkan permintaan dolar yang melonjak," ujarnya.

Kwik, yang juga mantan Kepala Bappenas, menuturkan pembangunan infrastruktur harus tepat guna dan tepat waktu. Pembangunan tidak boleh tanpa memikirkan aspek manfaat dan waktu.

"Kebutuhan infrastruktur untuk negara yang sedemikian besar dan luas itu tidak asal membangun infrastruktur di mana saja. Infrastruktur itu dibangun di mana dan yang dibangun apa dan kapan," terang Kwik.

"Kalau infrastruktur itu dibangun di tempat yang salah, berarti akan nganggur, padahal biayanya besar. Kalau infrastruktur itu dibangun terlampau pagi, tidak akan relevan untuk jangka waktu lama. Kalau dibangun terlampau terlambat, segala-galanya akan macet," sambungnya.

Kwik lantas menyebut pemerintahan Jokowi saat ini sedang panik, yang juga berimbas pada kepanikan masyarakat. Karena panik, banyak orang yang menukarkan rupiahnya ke dolar AS.

"Dan ternyata benar, kan. Nah ketika benar, baru kelabakan, lalu menjalankan perpolitikan yang sifatnya panik. Karena (pemerintah) panik, masyarakatnya ikut panik. Jadi uangnya nganggur, rupiah pun dibelikan dolar, lebih parah lagi. Itulah yang menyebabkan (nilai tukar dolar naik)," ujar Kwik.
(zak/fdn)     TUHKAANNN


Kwik Kian Gie: Infrastruktur Asal Bangun, Tak Pikirkan Utang
Halaman 1 dari 3
ga bangun juga dollar pasti naik pak, apa bedanya?
Bisa kasih tau infrastruktur yang gak penting yang dibangun sekarang di mana aja? Apa karena gak dijawa terus bilang asal bangun?
Lihat 43 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 43 balasan
Pikir keri.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ngabisin triliunan buat jadi candi ga lu kritik??🖕
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


mantap.. istimewa komen kauemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Aseng emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Memang kl cm komen doang itu enak banget...pas pegang kekuasaan malah gak ngapa2in
coba bilang ga guna ke rakyat papua.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Trus solusinya apa pak?
Kalau infrastruktur Indonesia sudah ketinggalan jauuuuuh dari negara tetangga..
Quote:


pembakit pembangkit listrik 35MW mangkrak semua noh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


salut ane ama ente breee

walaupun pemerintah lagi salah. ente tetep bela....

emoticon-Leh Uga
Quote:


Istilahnya bukan mangkrak sih
Tapi sepi peminat

Susah ujung ujungnye bulukan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalau cuman koment kayak gitu mah , anak SMP pun tau -lah. Elo dulu ngutang , emang dikit , tapi gak bikin apa2 , malahan di korupsi , bangke luh .....
Quote:
yang paling penting itu transportasi gan, No politik ya!
dengan adanya jalur transportasi yang baik maka ekonomi di setiap daerah DIHARAPKAN bisa merata, daya jual dan beli masyarakat perdesaan dan kota bisa meningkat dan lebih terjangkau. sekarang harga produk petani dan peternak di setiap daerah selisih loh gan, alasannya karena lingkup pasarnya kecil dan transportasi yang masih mahal untuk dijual di kota lain yang lebih besar pasarnya.
makanya daripada tol mending jalan nasional, tol khusus untuk atasi kemacetan saja. emoticon-Malu (S)
mangkrak tuh proyek listrik, hahaha
Quote:


mungkin di daerah terpencil dan sepi penduduk, soalnya infra di daerah pusat ekonomi dan padat aja masih kurang
nih aseng pengen di tombak org papua kalee yah
Pembangunan yang guna berarti cm daerah yg padat penduduk?jadi rakyat daerah lain gak boleh merasakan pembangunan karena merugikan?hei,mereka jg rakyat indonesia juga.ane tinggal dijawa aja prihatin bagaimana masih ada saudara2 kita yg tertinggal di indonesia bagian lain emoticon-Mad
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di