zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
5 CEO Terburuk Di Dunia yang Membuat Bangkrut Perusahaanya
CEO (Chief Executive Officer) adalah jabatan tertinggi dalam perusahaan dimana tugas mereka yaitu menentukan arah perkembangan perusahaan atau bisa dibilang bos.

Seperti contoh Ahmad Zacky CEO Bukalapak yang sukses membangun bukalapak dan Andrew Darwis CEO Kaskus yang berhasil membuat kaskus menjadi forum terbesar di Indonesia berkat strateginya.


Sumber foto: The Financial Express

Walaupun tidak semua CEO itu berhasil membangun perusahaannya, yang namanya usaha pasti pernah mengalami kegagalan. 

Dibalik ketangguhan CEO dalam mengembangkan usahanya, ternyata ada loh dereta CEO terburuk yang membuat bangkrut perusahaanya. Apakah Mark Zuckerbergtermasuk? Oke lebih lengkapnya cek berikut ini.

5 CEO Terburuk Sepanjang Masa yang Bikin Perusahaannya Bangkrut

1. John Sculley-Apple

Sumber Foto : celebsnetworthtoday.com

Kalian tahu tidak siapa yang pernah memecat Steve Jobs dari Apple? Yap, benar John Sculley lah orangnya. Padahal iya pernah dipekerjakan oleh Steve Jobs untuk membantu mengembangkan penjualan Apple Macintosh. 

Namun saat Apple diambang kebangkrutan, Sculley malah memecat Steve Jobs dari posisinya. Tidak tinggal diam, pada tahun 1993 Sculley akhirnya dipecat dari posisinya sebagai CEO karena Apple tak kunjung mendapatkan profit dan malah mengalami kebangkrutan.

Pada akhirnya CEO saat ini masih dipegang Tim Cook yang sukses mengembangkan apple setelah Steve Jobs mundur dari jabatan pada tanggal 24 Agustus 2011.

2. Marissa Mayer-Yahoo

Sumber Foto : conectica.com

Marissa mengambil alih sebagai CEO Yahoo pada tahun 2012 yang bertugas mengembangkan perusahaan mesin pencari tertua yaitu Yahoo yang bersaing dengan Google. 

Walaupun Marissa sukses membuat projek Tumblr dan masih menghasilkan keuntungan bagi yahoo, tapi tetap saja ia tidak bisa dibilang sebagai malaikat penyelamat Yahoo yang kini terpaksa menutup banyak produknya. 

Pada akhirnya Marissa melepas jabatan sebagai CEO Yahoo setelah lima tahun memimpin. Selanjutnya jabatan CEO Yahoo diambil oleh Thomas J. Mclnerney yang sejatinya sudah menjadi anggota direksi Yahoo sejak April 2012 lalu.

3. Martin Winterkorn-Volkswagen

Sumber Foto : nytimes.com

Pasti kalian tau ya sebuah korporasi multinasional otomotif yang ternama yaitu Volkswagen atau lebih dikenal dengan sebutan VW. 

Tapi ternyata volkswagen pernah mengalami kasus lho soal kecurangan yang secara jelas sudah memalsukan data emisi gas? Tapi tau tidak ternyata dibalik itu semua Martin Winterkorn adalah orang yang menjadi dalang itu semua. Ia memasukan sebuah software khusus yang bisa memanipulasi data emisi gas untuk 11 juata kendaraan di seluruh dunia sehingga terlihat lebih kecil dan mobil keluaran VW dianggap mobil ramah lingkungan.

Winterkorn sendiri tidak mau mengakui kalau ada kecurangan, dan dia meminta maaf dua kali atas kejadian ini. Namun demikian, perusahaan harus membayar USD 7,3 miliar untuk membersihkan orang yang satu ini.



[b][font="verdana", sans-serif]4. Evan Spiegel-Snapchat

[center][url=https://3.bp.blogspot.com/-bjVzyKXkhFo/W6EBRFHdraI/AAAAAAAAD0U/3wYFUnPknnY1gsVN8F29sQGnV-SEgdWrwCLcBGAs/s1600/Evan%2BSpiegel.jpeg]
[/center]
Sumber Foto : medium.com

Kalian tau Snapchat, ya media sosial yang pernah populer pada masa kejayaanya. Walaupun belum memutuskan untuk hengkang sebagai media sosial, Snapchat tetap dibully oleh banyak pihak karena saham yang dimiliki Snapchat mengalami kerugian hingga USD 3,4 Miliar (Rp 46,4 Triliun) pada tahun 2017. 

Apakah pada tahun 2018 snapchat membaik? Tentu saja belum, karena snapchat harus masih merogoh saku untuk mengembalikan nilai saham dan harus bersaing bersama raja sosial media seperti Twitter, Instagram, dan Facebok.

5. Stephen Elop-Nokia

Sumber Foto : The Verge

Hayo disini siapa pecinta Nokia? Ya Smartphone yang satu ini pernah populer pada kejayaanya. Tapi kenapa pada saat ini Nokia tidak sepopuler dulu? Ya karena pada saat itu nokia mengalami masalah yang membuat nokia hancur. Lalu siapa dari dalang masalah ini semua? Ternyata Stephen Elop lah orangnya, ia memaksa Nokia merilis ponselnya hanya terbatas dengan sistem operasi Windows Phone. Pada akhirnya nokia harus merangkak lagi dari nol untuk menjadi penguasa pasar ponsel di dunia di bawah naungan perusahaan HMD Global.

Akhir Kata

Nah itu dai 5 Bos yang terburuk sepanjang masa yang membuat hancur perusahaanya, Jadi pada intinya untuk bisa menjadi CEO yang baik kalian harus konsisten dan tanggung jawab atas semua pekerjaan yang kamu lakukan. Jangan pernah sekali-sekali mencari eksistensi apalagi korupsi, karena itu bisa berdampak buruk bagi diri kamu dan juga perusahaan.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih.


Diubah oleh kaskus.infoforum 20-09-2018 07:51
0
18.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan