Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Facial Vampir hingga Bakteri Listrik, Ini 7 Penemuan Sains Paling Menghebohkan
Facial Vampir hingga Bakteri Listrik, Ini 7 Penemuan Sains Paling Menghebohkan


Liputan6.com, Jakarta- Baru-baru ini, sebuah penemuan sains terjadi di Afrika Selatan. Sebongkah fragmen batu dari zaman purba ditemukan di negara tersebut. Benda ini diduga menyimpan fosil serupa kanvas, yang menurut para arkeolog adalah gambar buatan manusia tertua dalam sejarah manusia.

Sebagai salah satu contoh pemikiran artistik manusia pertama, batu yang sekilas terlihat sederhana itu memberikan wawasan unik tentang gagasan leluhur yang hidup beberapa puluhan ribu tahun lalu.

Pola silang yang tercetak oleh warna okre --lempengan warna tanah liat-- ditemukan terkubur di dalam Gual Blombos, di sebelah timur Cape Town, selama sekitar 73.000 tahun. Demikian sebagaimana dikutip dari Independent.co.uk pada Kamis 13 September 2018.

Temuan itu berhasil digali ketika para arkeolog menyaring puing-puing yang ditemukan di lantai gua, yang menyiratkan cukup banyak hasil temuan teknologi nenek moyang manusia di era Zaman Batu.

Temuan ini mematahkan anggapan para arkeolog sebelumnya, yang menyebut kemampuan manusia berpikir simbolis tidak muncul hingga Homo sapiens merambah Eropa sekitar 40.000 tahun lalu. Namun, setumpuk bukti serupa lainnya yang ditemukan terpisah dari Maroko hingga Indonesia, telah mengungkapkan bahwa manusia mulai berlatih seni jauh lebih awal.

Dengan penemuan oker merah --disebut sebagai "tagar" dalam jurnal sains di mana studi ini akan diterbitkan, Nature-- para arkeolog mengatakan, mereka juga mengidentifikasi adanya goresan yang lebih muda, yang digambar setidaknya 30.000 tahun lalu.

Selain penemuan batu tersebut, berikut adalah 7 penemuan paling menggemparkan dalam dunia sains, menurut laporan Live Science.

1. Kilatan Cahaya Misterius di Angkasa Luar

Spoiler for :


2. Teori Bumi Datar di Kalangan Milenial

Spoiler for :


3. Facial Vampir

Spoiler for :


4. Ikan yang Tembus Pandang

Spoiler for :


5. Ratusan Penguin Kuno Dimumikan di Antartika

Spoiler for :


6. Warna Tertua di Dunia

Spoiler for :


7. Bakteri Penghasil Listrik

Spoiler for :


Sumur: https://www.liputan6.com/global/read...g-menghebohkan


Jika Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
2
981
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan