Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mendoan76Avatar border
TS
mendoan76
Petambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami
Petambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami

RMOL
2018/09/18 09:26
Mengikuti

RMOL. Somasi Partai Nasdem terhadap ekonom senior DR Rizal Ramli tampak akan berimbas negatif ke partai besutan Surya Paloh ini.

Dukungan demi dukungan diperoleh RR, sebelumnya 720 pengacara siap membelanya. Kini, petambak garam bersimpati atas sikap RR.

“Terima kasih kepada Pak Rizal Ramli sudah menyuarakan jeritan kami, khusus soal impor garam,” kata Ketua Aliansi Masyarakat Pinggiran Jawa Timur, Ponang Aji Handoko kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/9).

Ponang mengatakan, petambak garam di Madura sangat kecewa dengan kebijakan yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, yakni impor garam.

“Beberapa petambak yang saya temui di Madura mengaku kecewa, di saat hasil garam melimpah (pemerintah) justru impor,” tukas Ponang.

Ihwal somasi Nasdem terhadap RR, Ponang memastikan petambak garam Madura siap berdiri di belakang Rizal Ramli.[ian]

++++

https://radartegal.com/berita-lokal/petani-garam-tegal-tolak-impor-garam.24822.htmlPetambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami

Petani Garam Tegal Tolak Impor Garam

TEGAL - Petani garam menolak rencana impor garam oleh Pemerintah. Pasalnya, wilayah pantai yang cukup luas di Indonesia sangat memungkinkan untuk produksi garam yang hasilnya mampu memenuhi kebutuhan.

Karenanya, petani berharap rencana itu bisa dibatalkan. Sebab, garam impor dapat merusak harga lokal yang berimbas pada petani.

Ketua Kelompok Budidaya Ikan Gemilang Minang Jaya Kota Tegal Teguh Sapari mengatakan saat ini dirinya tengah mengembangkan budidaya garam dengan model tertutup (tunnel). Dengan lahan seluas 3x8 meter mampu menghasilkan 3 kuintal garam dalam tiga minggu.

"Kita Kembangkan budidaya garam yang tidak dijemur langsung pada sinar matahari. Dengan model ini musim hujan tetap bisa produksi," katanya.

Menurut Teguh, hasil panen itu dijual kepada sejumlah pengecer dengan harga Rp2.700 per kilogram. Biasanya, garam-garam itu digunakan untuk ikan asin.

"Budidaya ini sangat potensial dikembangkan. Karenanya, saya pribadi menolak adanya impor. Itu bisa merusak pasaran garam lokal," jelasnya.

Teguh mengatakan garam lokal tidak kalah bagusnya dengan produk impor. Hanya saja jika diimpor, harga garam lokal akan rusak. Sebab, biasanya harganya lebih murah. (muj/zul)

++++

https://m.jpnn.com/news/petani-tolak-impor-37-ton-garam?page=2

Petani Tolak Impor 3,7 Ton Garam
01 Februari 2018 11:12 WIB

jpnn.com, TUBAN - Petani garam di Kabupaten Tuban Jawa Timur, menolak rencana pemerintah pusat mengimpor garam sebanyak 3,7 juta ton.

Penolakan ini disampaikan para petani garam di Desa Cempokorejo, Kecamatan Palang, Tuban.

Pasalnya, panen garam di Tuban tahun ini merupakan yang terbanyak dalam 10 tahun terakhir.

Menurut data Dinas Perikanan setempat Kabupaten Tuban dalam setahun rata-rata mampu menghasilkan sekitar 28 ribu ton garam, sedangkan 2017 naik menjadi 33 ribu ton garam per tahun sehingga stok garam di gudang melimpah.

Namun, sejak pemerintah merencanakan melakukan impor garam, harga garam lokal yang sebelumnya di kisaran Rp 2.300 per kilogram, kini anjlok menjadi Rp. 1.900 per kilogram.

Mudi, petani garam, mengatakan dia bersama teman-temannya di Tuban siap turut andil menyediakan stok untuk garam untuk kebutuhan nasional, meskipun prosentasenya tidak banyak.

"Kalaupun pemerintah memaksakan impor, para petani berharap pemerintah tidak mengimpor terlalu banyak dan lebih memprioritaskan garam stok dari petani lokal," tegas Mudi.

Kondisi tersebut diakuinya memang membuat para petani garam di Tuban resah.

Meski baru rencana, kondisi tersebut membuat harga garam mengalami penurunan hingga Rp 400 per kilogram.

Garam yang diproduksi oleh para petani di Tuban, biasanya dikirim ke Jawa Timur dan Jawa Tengah serta daerah lain di Indonesia.(end/jpnn)Petambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami

++++

https://hukum.rmol.co/read/2018/09/17/357676/Menteri-Perdagangan-Rekayasa-Impor-Pangan-Demi-Keuntungan-Kelompok-

Menteri Perdagangan Rekayasa Impor Pangan Demi Keuntungan Kelompok

RMOL
2018/09/17 13:57
Mengikuti

RMOL. Maraknya impor yang dilakukan Kementerian Perdagangan dinilai sebagai penyebab buruknya perekonomian Indonesia akhir-akhir ini. Khususnya, impor besar-besaran di sektor pangan.

"Para petani dan masyarakat lainnya sudah banyak yang mengeluhkan adanya impor ini, tapi pemerinrah abai atas itu dan tetap meneruskan impor," ujar Koordinator Demonstrasi dari Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Wempi di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/9).

Dalam unjuk rasanya kali ini, Prima menyatakan bahwa kebijakan impor pangan yang dikeluarkan Mendag, Enggartiasto Lukita tidak dilakukan sesuai prosedur semestinya.

Sehingga, sambung Wempi, ada indikasi korupsi dalam kebijakan impor yang telah menguntungkan kelompok tertentu ini.

"Itu berdasarkan temuan dari audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2017 lalu," ucap Wempi.

Sebelumnya, berdasarkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II BPK tahun 2017 disimpulkan telah terjadi kesalahan kebijakan impor untuk komoditas beras, gula, garam, hingga daging sapi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kesalahan tersebut terjadi karena penerbitan persetujuan impor tidak sesuai dengan kebutuhan dan produksi di dalam negeri.

"Dalam temuan itu, Menteri Enggar seharusnya melakukan koordinasi dengan menteri terkait sebelum melakukan impor," kata Wempi.

Dalam tuntutannya, Prima meminta KPK untuk segera memeriksa Mendag Enggar terkait dugaan korupsi impor pangan besar besaran ini.

Sekedar informasi, selama Menteri Enggar menjabat, Indonesia tercatat telah menggelontorkan impor fantastis berupa beras sebanyak 1 juta ton, garam sebanyak 3,7 juta ton, dan gula sebanyak 3,6 juta ton.

Dalam praktik impor tersebut, BPK menemukan bahwa Kemendag tidak memiliki mekanisme untuk memastikan jumlah realisasi impor agar tidak melebihi jumlah persetujuan impor yang telah diterbitkan. [rus]Petambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami
====
Btw Indonesia negara dengan garis pantai terpanjang...impor 3.6jt ton garam..apa ndak nggilani tuh..semangkin yakin ane bela om rijalemoticon-Coolemoticon-Hansip vs om bewok om nggarPetambak Garam Madura: Terima Kasih RR Telah Suarakan Jeritan Kami
Diubah oleh mendoan76 18-09-2018 03:22
0
1.7K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan