zonasenjaAvatar border
TS
zonasenja
Pengalaman 1 Tahun Setelah Lulus SMK (Rekayasa Perangkat Lunak)
Assalamualaikum, selamat malam untuk para agan dan sistah, baik yang serius untuk mencari inspirasi, ataupun yang hanya sekedar iseng nyari artikel artikel seperti ini.

Di hari libur ini, ane mau bercerita sedikit tentang bagaimana kehidupan ane setelah 1 tahun lulus dari sekolah menengah kejuruan. Oke singkat cerita ane dulu ngambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak gan, atau orang biasanya nyebut RPL. Di RPL itu kita belajar ngoding gan, kita dilatih untuk bikin software. Jadi kalau agan/sista pikir nanti di RPL cuma belajar mengoprasikan microsoft word/excel, maka salah besar. hehe.




Software sendiri di SMK terbagi menjadi dua gan, yaitu Website dan Desktop. nah terus apa perbedaan antara website dan desktop? jadi ane bahas dikit nih ye, kalau aplikasi web itu simplenya menurut ane sih yang bisa dibuka oleh browser. Nah kalau aplikasi Desktop itu gampangnya yang bisa kita download (ada file/installernya gitu). Singkatnya gitu gansis, CMIIW.

Jadi ane ini lulusan 2017 gan, beberapa bulan setelah lulus ane menjalani fase sebagai pengangguran. Main DOTA2 dari pagi ampe pagi lagi, dengerin musik, design design vector, logo logo gk jelas, ngelakuin hal yg biasanya gk bisa dilakukan dulu waktu jaman sekolah karena keterbatasan waktu.

Namun di fase tersebut tentunya ane juga sambil nyari kerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, yaitu bikin website dan design. Nah sekarang ane mau sharing sedikit soal pengalaman ane mencari kerja... Jadi awalnya itu, ane ngurusin surat surat yang diperlukan, dan juga bikin cv yang menarik. Lalu ane mencari informasi soal situs situs yang menyediakan informasi lowongan kerja (loker). Dan situs itu ada banyak gan, terus informasi lokernya juga banyak. Jadi kalau ada yang bilang "Nyari kerja susahnya minta ampun, pribumi masih dijajah, proses lamaran dipersulit, giliran antek antek cyna dipermudah", itu tandanya orang itu antara memang malas/kebanyakan baca artikel/tidak punya keahlian/pengen kerja gampang tapi gaji gede/pilih pilih/tidak mau menjalani proses/emang susah nyari kerja. Well bro, everyone have their own way of success. But.. kalau usaha lu biasa biasa saja, lu bakal ketinggalan, dan itu menurut ane udah hukum alam wkwkwk.

Beberapa telepon masuk gan, mulai dari soal lamaran ane jadi pegawai restoran, penjaga counter hp, designer di percetakan, dan juga tentunya programmer. Ane dapet beberapa telpon untuk jadi programmer gan, cuman karena ane belum prepare terlalu siap dari segi fisik, administrasi, maupun mental. Jadi ane skip beberapa telepon itu.

Singkat cerita ane mendapatkan pekerjaan jadi staff Web Developer gan, awal awal ya ane masih cupu, syntax masih nyontek ke project ujikom dulu (pake CodeIgniter). Tapi ya namanya proses, jalanin dulu aja, dan karena seiring dilatihnya berbagai kasus yang ane dapatkan, dan juga keajaiban dari the power of kepepet, gak butuh waktu lama untuk ane bertambah mahir dalam ngoding (meski masih jauh dari kata sempurna, but i can get better). Dan yang penting itu proses, grow upnya kita dari ilmu dan kasus yang kita dapatkan, dan bagaimana dengan cara kita menghandlenya.

Buat ane sendiri, experience is everything. Dan buat kalian yang sedang berjuang, merasa ngodingnya masih kurang, coba take a look again, then fix it. Jangan malu untuk bertanya, dan kalo agan merasa kodingan agan jelek, just jalanin dulu aja, jangan gentar oleh hinaan dan cacian, karena ane percaya bahwa nanti programmer akan nemu pathnya masing masing, dan itu gak bisa dipaksakan. Itu bakalan dapet seiring berjalannya waktu. Dan jangan lupa, yang paling penting, berdoa meminta dilancarkan segalanya kepada yang maha kuasa.


لَا يُكَلفُ اللهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Eh iya, ane bukan menggurui atau sok pro juga, semua sama masih belajar ataupun mastah. Ane hanya sharing disini, dan maaf kalau tulisan ane acak acakan. Ane mau share sedikit juga soal skill yang bakal sangat kepakai jika agan menjadi web developer.

1. Database
Untuk database, sudah pasti agan harus yang menguasai minimal yang namanya CRUD gan, karena website gak akan terlepas dari hal itu.


2. Framework
Karena ane tukang PHP, jadi ane disini menyarankan untuk minimal menguasai satu framework php gan, bisa CI ataupun Laravel. But buat pemula, ane sarankan CI gan. Kalo CI udah lancar, gak terlalu susah juga buat belajar laravel


3. HTML, CSS, Javascript
Dan untuk menjadi web developer, kite juga dituntut untuk punya 3 skill ini, karena ini berpengaruh pada UI dan juga UX website agan. Ya minimal HTML & CSS dulu deh, kalo html ya html. Kalo CSS sendiri ane sarankan untuk belajar yang native dulu, baru belajar pake framework bootstrap (framework CSS). Kalo udah rada mudeng HTML & CSS, agan bisa melanjutkan ke javascript.

4. Analisa
Yang namanya programmer, gk lepas dari analisa dong hehe, algoritma kita harus kuat gan, ya minimal kita tau dan paham, bisa membaca apa sih yang jadi bug di aplikasi kita? namun hal ini biasanya akan berjalan seiring waktu, sering sering latihan aja ngerjain soal/kasus yang susah.


Nah kalau agan udah menguasai hal hal diatas, agan mempunyai modal dasarnya untuk jadi web developer. Untuk soal kerjaan, ane rasa untuk fresh graduate yang baru lulus, jangan muluk muluk soal gaji gan, dan yang penting cukup dulu untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, dan bisa nabung juga. Ane sendiri sekarang udah rada bisa mandiri gan. Makan, kosan, nyuci ane udah bisa mandiri. Dan juga Alhamdulillah semenjak ane kerja beberapa bulan ini, bisa kebeli beberapa barang yang ane dambakan waktu jaman sekolah dulu, kyk gitar dan kamera gitu contoh kecilnya gan, gk seberapa, tapi seneng aja dari hasil jerih payah sendiri. Ya dunia luar mengajarkan ane banyak hal gan yang gk bisa didapat dari sekolah ataupun skripsi. Proses menjadi dewasa is real, dan tanggung jawab baru akan datang seiring berjalannya dengan ilmu yang kita dapat.

Kalau agan udah kerja satu tahun (punya pengalaman), nanti agan kedepannya bakalan lebih mudah untuk dapet kerja dan tentunya dengan bayaran yang lebih tinggi juga. Tapi tetep, pengalaman dan ilmu harus dikedepankan gan. Karena dengan itu, nanti soal duit mah bakalan ngikut. Kan rejeki udah ada yang ngatur, tinggal kita usahanya ditingkatkan, dan jangan manja!

Sekian dari ane gan, maap maap kalo ada salah salah kata, atau tulisan ane yang rada ngelantur, ane hanya ingin berbagi, terlepas dari itu, sesungguhnya ilmu soal tekhnologi itu sangat luas, dan jangan cepat berbangga diri. Terimakasih udah baca artikel ini emoticon-Big Grin

Jangan lupa kunjungi blog ane gan :
zonasenja.blogspot.com
Diubah oleh zonasenja 15-09-2018 18:00
2
5.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan