Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mendoan76Avatar border
TS
mendoan76
Driver Ojol Demo Minta Pemerintah Hentikan Rekrutmen Baru dan Usir Gojek Grab
[# LINK_TEXT #] bagus, Silakan lihat! http://wartakota.tribunnews.com/2018/09/10/driver-ojol-demo-minta-hentikan-rekrutmen-baru-dan?page=all

Driver Ojol Demo Minta Pemerintah Hentikan Rekrutmen Baru dan Usir Gojek Grab
Senin, 10 September 2018 12:55

warta kota
Unjuk rasa di kantor Grab Indonesia di Lippo Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (10/9/2018).

PARA pengemudi daring individu se-Jabodetabek yang berafiliasi dalam Gerakan Jabodetabek Bersatu akan menggelar unjuk rasa dengan tema GERHANA (Gerakan Hantam Aplikator Nakal), melakukan demonstrasi ke kantor Grab Indonesia di Lippo Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (10/9/2018).

Massa tiba di depan Lippo Kuningan, Jalan Perbanas, Setiabudi, Jakarta Selatan, pukul 09.45 WIB, Senin (10/9/2018). Aksi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sesudahnya, orator menyampaikan sejumlah tuntutan.

Dalam aksi itu, mereka akan menyampaikan lima tuntutan.

Pertama, menagih janji aplikator,
kedua, menolak keras aplikator menjadi perusahaan transportasi,
ketiga, menolak keras eksploitasi terhadap driver online.
Keempat menolak keras kartelisasi dan monopoli bisnis transportasi online.
Kelima, bila aplikator tidak memenuhi tuntutan kami, maka Kami akan meminta kepada pemerintah agar mengusir Grab dan Gojek dari bumi pertiwi dan membuatkan aplikasi pemerintah.

Juru Bicara Aksi, Dedi Heriyantoni menyampaikan, selama inipengemudi daring roda dua dan roda empat selalu dicap nakal.
"Pelanggaran oleh penumpang, driver yang mendapatkan hukuman. Kesalahan pada server, kamilah yang mendapatkan hukuman. Menolak order karena kami membutuhkan istirahat, kami pun mendapatkan hukuman," ujar Dedi.

Menurutnya, semua itu terjadi karena peraturan yang dibuat oleh aplikasi selalu sepihak tanpa melibatkan
kami para pengemudi R2 dan R4.
Sumber malapetakanya adalah hubungan kemitraan yang tidak berimbang.
"Perjanjian kemitraan antara aplikasi dan mitra tidak sesuai dengan PP Kemitraan No. 17 tahun 2013. Inilah kenakalan awal dari Aplikasi," katanya.

Di samping itu, kenakalan aplikasi terus menerus berlanjut dengan tidak mematuhi peraturan Kementerian
Perhubungan untuk menghentikan perekrutan pengemudi, menentukan besaran tarif dan menentukan besaran hasil pengemudi sejak PMHUB No. 32 tahun 2016, PMHUB 26 tahun 2017 dan PMHUB 108 tahun 2018.

Demonstran juga menyesalkan, bahkan pimpinan tertinggi negara ini pun tidak diindahkan oleh para aplikasi ketika para ojek online beraudiensi setelah ujuk rasa besar-besaran pada Maret 2018.
Presiden Joko Widodo telah meminta para menteri terkait untuk memfasilitasi utusan Ojol agar terpenuhi tuntutan kesejahteraan para Ojol.

"Hingga detik ini belum ada realisasi kedua belah pihak aplikasi untuk mematuhi pimpinan tertinggi negara ini," imbuhnya.
Saat ini para pengemudi daring individu sulit mendapatkan order dikarenakan adanya priority bidding atau prioritas pemberian order kepada pihak-pihak tertentu.
Kata Dedi, Priority Bidding ini jelas-jelas melanggar Undang-undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat No. 5 tahun 1995.

Aksi priority bidding ini tidak hanya diberikan kepada pengemudi khusus tetapi juga diberikan kepada pengemudi taksi konvensional yang memiliki tarif lebih tinggi dari pada transportasi daring.
Pelanggaran Undang-undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat No. 5 tahun 1995 tidak hanya sebatas priority bidding.

Massa menilai, para aplikasi raksasa telah membunuh puluhan aplikasi anak bangsa yang coba menjadi pesaing mereka melalui promo-promo kepada pengemudi dan penumpang.

Pesaing dengan modal kecil dan terbatas ini tidak mampu bersaing dengan promo.
"Salah satu nyawa dari Undang-undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat No. 5 tahun 1995 adalah memberikan seluas-seluasnya kesempatan bagi para pelaku usaha untuk bersaing dengan secara sehat," sebutnya lagi.

Usir Aplikator

Demonstrasi dilakukan dengan orasi dan pembentangan spanduk-spanduk berisi tuntutan hingga kecaman.
Puluhan personil kepolisian dari Polres Metro Jakarta Selatan menjaga agar aksi tetap kondusif.

Selain mendemo Grab Indonesia, rencananya massa akan kembali melakukan aksi di Kantor Gojek Indonesia pada 12 September nanti dengan tuntutan yang sama.

"Sekarang kami kembali dengan massa yang lebih banyak dan dukungan dari berbagai komunitas pengemudi daring individu di seluruh nusantara untuk mengusir kedua aplikasi yang telah selama ini nakal dan membangkang pemerintah dan mengakibatkan penderitaan anak bangsa dalam penjajahan modern," ungkap Dedi.
Bila Aplikator tidak memenuhi tuntutan, Dedi menekankan, para driver akan meminta kepada Pemerintah agar mengusir Grab dan Go-Jek dari Indonesia.

"Dengan diusirnya para aplikasi nakal, maka kami akan meminta pemerintah membangun aplikasi pemesanan transportasi daring yang berazaskan keadilan bagi kami semua pelaku usaha transportasi, khususnya kami para pengemudi daring individu," ungkapnya.

"Jika pemerintah tidak membuatkan aplikasi pengganti maka pemerintah sendiri yang akan menghadapi dampak buruknya bagi perekonomian. Jutaan pengemudi daring akan kehilangan pekerjaan dan terpaksa mengembalikan mobilnya kepada bank dan leasing," imbuhnya.

Salah satu driver Ojol, Iwan (32), mengaku kecewa melihat kondisi sekarang dimana aplikator terus merekrut driver baru tanpa memikirkan nasib driver di lapangan.
"Mereka seolah hanya mementingkan bisnisnya sendiri. Order sekarang jadi sepi karena banyakan driver daripada penumpangnya. Sementara, driver lebih mudah di suspen hanya gara-gara masalah kecil," ungkapnya

http://wartakota.tribunnews.com/2018/09/10/driver-ojol-demo-minta-hentikan-rekrutmen-baru-dan?page=all

Gimana koment agan2 neh?..
Judulnya the revenge of ojol..

Obat penetralisir

Diubah oleh mendoan76 10-09-2018 15:29
0
7.6K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan