Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Trump Ancam China, Produk Impor US$ 267 M bakal Kena Tarif
Sabtu, 08 Sep 2018 21:01 WIB

Trump Ancam China, Produk Impor US$ 267 M bakal Kena Tarif

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance

Trump Ancam China, Produk Impor US$ 267 M bakal Kena Tarif
Foto: DW (News)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump lagi-lagi membuat tegang hubungan dagang dengan China. Mengutip Reuters, Trump menyatakan AS siap mengenakan tarif untuk barang impor asal China senilai US$ 267 miliar, lebih besar dibandingkan sebelumnya US$ 200 miliar.

"US$ 200 miliar yang kita bicarakan bisa terjadi dengan segera tergantung pada apa yang terjadi dengan mereka. Sampai batas tertentu akan terserah China, kata Trump, dikutip dari Reuters, Sabtu (8/9/2018)

"Dan saya benci untuk mengatakan ini, tetapi di belakang itu, US$ 267 miliar lainnya siap untuk pergi dalam waktu singkat jika saya mau," sambung Trump.

Setelah ancaman tersebut, China juga mengeluarkan pernyataan akan membalas kebijakan itu. Pemerintah China menyebut apa yang dilakukan oleh Trump bisa membuat perselisihan kedua negara semakin meningkat.

Sebelumnya raksasa ekonomi di dunia ini memang sudah memberlakukan tarif hingga US$ 50 miliar untuk produk impor China. Trump menyampaikan akan terus melakukan pembicaraan dengan China terkait kebijakan ini.

Pernyataan Trump terkait perang dagang lanjutan ini memicu penurunan indeks Dow Jones sebesar 100 poin dan meningkatnya ketegangan perdagangan dengan China.

Donald Trump memang mengancam perang dagang dengan sejumlah negara, ia membuat negara-negara berkembang terkena dampaknya, salah satunya Turki yang ekonominya menjadi krisis.

Hal itu tentu dikhawatirkan banyak pihak akan menular ke Indonesia yang nilai tukarnya pun tengah diguncang ketidakpastian global. 

(kil/hns)

Sumber
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.7K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan