rifkonhakikiAvatar border
TS
MOD
rifkonhakiki
iPhone dan Apple Watch Baru akan menggunakan Teknologi Backplane

Vendor Apple dikabarkan mengadopsi teknologi backplane hemat daya baru yang akan disematkan pada layar iPhone dan Apple Watch dalam jangka panjang. Teknologi ini memungkinkan baterai bisa hidup lebih lama pada perangkat tersebut. Hal ini dijelaskan oleh perusahaan riset IHS Markit.

Untuk konteks, teknologi backplane tersebut bertanggung jawab untuk mengubah individual piksel on dan off. Hal ini berarti backplane memainkan peran penting dalam menentukan resolusi layar, refresh rate, dan konsumsi daya, sebagaimana yang dijelaskan oleh IHS.

Saat ini, layar OLED di smartphone menggunakan LTPS TFT, atau suhu rendah polysilicon thin-film transistor. Hal ini sebagai teknologi backplane standar. Namun, dalam tahun-tahun mendatang, IHS percaya bahwa vendor Apple bisa beralih ke LTPO TFT, atau suhu rendah polikristalin oksida untuk backplane iPhone di masa depan.

Dalam teori, IHS memperkirakan bahwa LTPO dapat menyimpan sebanyak 5-15% dalam hal konsumsi daya dibandingkan LTPS, hasilnya memperpanjang umur baterai di iPhone masa depan. Alasan untuk hal ini sangat teknis, tetapi dari tingkat tinggi, IHS mengatakan bahwa LTPO memiliki struktur TFT oksida yang dapat mengurangi kebocoran listrik LTPS.



Adapun pemaparan teknis lebih jelasnya ialah konsumsi daya baterai, terutama di bawah "switching model" akan berkurang, dimana piksel sirkuit akan berpola. Hal ini seperti halnya switching TFT terhadap p-Si dan juga drive TFT terhadap IGZO.

Perlu dipahami bahwa ukuran dan resolusi layar iPhone tiap tahunnya memang terus meningkat. Hal ini menjadikan konsumsi daya juga semakin bertambah. Maka dari itu, tak bisa dipungkiri bahwa tiap detik daya hidup baterai memang sangat berarti. Umur baterai haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin supaya bisa merasakan keuntungannya.

IHS percaya bahwa Apple mungkin juga tertarik dalam mengembangkan teknologi LTPO untuk mendapatkan lebih banyak kontrol atas komponen layar OLED. Hal ini seperti yang dikatakan oleh produsen lain, sebut saja vendor Samsung dan LG yang selalu menjaga kualitas dalam keseluruhan prosesnya, termasuk lebih banyak kontrol atas komponen miliknya.

Perlu diketahui, vendor Apple saat ini mendapatkan panel OLED fleksibel secara eksklusif dari vendor Samsung, akan tetapi LG dikabarkan muncul sebagai pemasok kedua yang bertujuan untuk kualifikasi. Hal ini dijelaskan oleh IHS. Samsung dan LG adalah kedua pemasok panel OLED fleksibel untuk produk Apple Watch. IHS juga mengatakan bahwa vendor Apple membutuhkannya untuk memiliki LTPO.

IHS Markit percaya bahwa vendor Apple dapat meminta produsen layar untuk mulai menggelar LTPO pertama pada Apple Watch. Setelah itu, secara bertahap bisa dilanjutkan dengan memperkenalkan LTPO di layar iPhone dalam jangka panjang. Hal ini seperti yang terjadi dengan OLED pertama pada Apple Watch dan kemudian iPhone X.

Source : macrumors
4
15K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan