Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangmantriAvatar border
TS
kangmantri
Penguasa tak Paham Praktik Ekonomi, Tagar #RupiahLongsorJokowiLengser jadi TT


itoday- Ekonom senior Kwik Kian Gie menilai, ada dua faktor yang membuat kondisi ekonomi Indonesia melemah. Pertama, penguasa dan pembantunya tidak terlalu paham dengan praktik ekonomi. Kedua, struktur kebijakan Pemerintahan saat ini terlalu liberal.
"Saat ini sebenarnya faktor (pelemahan rupiah) sudah diambil alih oleh faktor psikologis. Itu sudah susah, pasar sudah sulit mengontrol," tegas Kwik seperti dikutip cnnindonesia (04/09).
Faktanya, kondisi nilai tukar rupiah terhadap dollar menyentuh level Rp14.930 (04/09). Level ini jauh dari level awal tahun yang masih di kisaran Rp 13.353 per dollar AS.
Sejalan dengan analisis Kwik Kian Gie itu, kepercayaan publik terhadap kesanggupan Pemerintahan Joko Widodo untuk mengawal rupiah dipertanyakan.
Sepanjang hari ini, netizen menggalang tagline atau tanda pagar (tagar) #RupiahLongsorJokowiLengser. #RupiahLongsongJokowiLengser bahkan telah memuncaki trending topic sosmed Twitter.
Sebelumnya, komunikator Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta Presiden Joko Widodo untuk melakukan evaluasi kebijakan ekonomi secara menyeluruh. Tak hanya itu, Ferdinand juga mendesak Jokowi mengevaluasi posisi Menteri Keuangan Sri Mulyani yang hanya memberikan 'angin surga'.
"Bukan hanya evaluasi terhadap kebijakan, tapi juga evaluasi terhadap pejabat seperti Menteri Keuangan yang kami nilai hanya memberikan angin surga kepada presiden," kata Ferdinand seperti dikutip cnnindonesia (04/09).
"Sementara presiden yang tidak begitu menguasai bidang ekonomi, akhirnya terjerat sendiri dalam perangkap kebijakannya," ujar Ferdinand.

IToday

Judul Asli : Penguasa tak Paham Praktik Ekonomi, Tagar #RupiahLongsorJokowiLengser jadi Trending Topic



emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip
-2
1.8K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan