ekadpAvatar border
TS
ekadp
Dollar Naik & Rupiah Turun? Ini Solusi nya Bagi Keuangan Anda.
Saat ini kondisi rupiah memang menurun sedangkan dollar terus menguat. Jika Anda mulai kuatir dengan dampak kondisi ini pada perekonomian Anda, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:



1) Jika Anda kalau memang butuh dollar buat kegiatan usaha sehari-hari, misalnya Anda ada usaha import barang. Maka Anda bisa mulai dengan membeli dollar secara averaging. Jadi jika merasa tidak bisa memprediksi kapan dollar akan turun, maka di bulan x beli dollar, bulan y beli dollar lagi, bulan z beli dollar lagi, sehingga mendapatkan harga dollar rata-rata.





2) Jangan sembarangan berhutang terutama untuk membeli barang konsumtif yang tidak meningkatkan produkdifitas anda. Perlu diketahui, salah satu cara dalam meredam kenaikan dollar adalah dengan menaikkan suku bunga acuan. kalau suku bunga BI rate dinaikkan, maka bunga-bunga hutang cenderung juga ikut naik. Ini akan memberatkan anda dalam mencicil dan membayar hutang anda.





3) Kalau berinvestasi, jangan lupa averaging, kecuali kalau anda bisa membaca arah pergerakan investasi. Averaging dilakukan dengan membeli produk investasi secara rutin dalam waktu tertentu, misalnya tiap 1 bulan, atau 2 bulan sekali, sehingga anda mendapatkan harga rata-rata.





4) Jika BI menaikkan suku bunga bi rate, maka bunga deposito cenderung naik. Anda bisa membeli deposito sebagai satu alternatif.





5) Anda juga bisa membeli emas untuk melindungi nilai uang anda. Dengan emas, maka nilai uang Anda akan cenderung tetap. Ini akan memberi keuntungan bagi Anda, jika suatu hari butuh membeli barang-barang import.





6) Reksadana pasar uang bisa menjadi alternatif kemana memasukkan uang anda. Sebagaimana diketahui, pada reksadana pasar uang 100% komposisinya adalah instrumen pasar uang yang jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun. Meliputi deposito maupun obligasi yg tidak lebih dari 1 tahun. Reksadana pasar uang tidak menjamin pasti tidak akan negatif, tetapi resiko lebih kecil karena jatuh temponya yang pendek.





7) Kita juga tahu, dollar naik berarti beberapa barang khususnya elektronik akan naik. Karena itu, belilah secara bijaksana. Dan rawatlah barang elektronik yang dipunyai saat ini supaya awet.





8) Pahami diri anda sendiri, apakah anda punya cukup kemampuan dalam berspekulasi akan arah pergerakan dollar dan hal-hal yang terkait dengannya. Jika tidak, jangan sembarangan mengeluarkan uang untuk tindakan spekulasi keuangan.



Mengelola keuangan, mencari pemasukan baru, berinvestasi dan mengelola pengeluaran secara bijak adalah hal-hal yang tidak lekang oleh perubahan jaman. Semakin matang perencanaan finansial Anda, maka hidup Anda akan terasa makin enak. Salam sukses.
Diubah oleh ekadp 05-09-2018 23:24
3
10.3K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan