komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Do & Don't: Kenali Aneka Etika Dasar Di Negeri Ginseng




Umum




-Hampir mirip dengan bangsa Jepang, orang Korea umumnya menghindari kata tidak maupun menghindari sikap yang kira-kira akan menyakiti orang lain. Jadi pandai-pandailah menangkap ekspresi lawan bicara, apakah mereka betul-betul mengatakan hal yang sebenarnya atau hanya sekedar basa-basi saja untuk menyenangkan Anda.




-Basa-basi menjadi salah satu bagian penting dalam pergaulan. Jika Anda dipuji, cara yang paling sopan untuk menerima pujian tersebut adalah dengan bersikap merendah.




-Bagi orang Korea, sentuhan fisik bisa dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu. Jadi jika belum terlalu kenal, jangan coba-coba untuk melakukan kontak fisik seperti menepuk pundak maupun memeluk.




-Salah satu point terpenting dalam budaya Korea adalah selalu menghormati orang yang lebih tua. Jika bertemu dengan orang yang lebih tua, misalnya saja yang dituakan di rumah host, hindari melakukan kontak mata secara langsung dan selalu tunjukkan sikap sopan.




Salam




-Hampir mirip dengan Jepang, bangsa Korea biasa membungkukkan badan sebagai pengganti salam. Namun kadang-kadang ada juga yang membungkukkan badan sekaligus berjabat tangan (untuk laki-laki). Poin ini sedikit berbeda dengan budaya Jepang yang tidak mengenal kombinasi membungkukkan badan dan jabat tangan sekaligus. Oya, jika berjabat tangan, tata cara sopannya adalah dengan mengulurkan tangan kanan sementara tangan kiri ikut maju untuk mendukung tangan kanan.




-Untuk wanita, biasanya salamnya cukup dengan membungkukkan badan saja (tidak perlu sambil jabat tangan).




-Adapun kata ucapan standar yang diucapkan saat salam adalah man-na-suh pan-gop-sumnida, yang berarti senang bertemu dengan Anda.




-Saat berpisah, membungkuk maupun melambaikan tangan merupakan salam perpisahan yang paling umum.




Table manner




-Jangan duduk sebelum diminta duduk oleh tuan rumah.




-Jangan menempati kursi untuk orang yang dihormati. Bagi yang belum tahu, kursi untuk orang yang dihormati posisinya dapat dilihat dari arah pintu. Oya, jika Anda ditawari untuk duduk di kursi kehormatan, etikanya Anda harus menolaknya dengan sopan.




-Jangan mulai makan sebelum yang paling tua mengajak untuk mulai makan.




-Makanlah dengan alat makan yang disediakan (umumnya menggunakan sumpit) dan jangan makan menggunakan tangan kosong.




-Untuk kesopanan, usahakan mencicipi semua jenis makanan yang dihidangkan di atas meja walau dalam porsi kecil, kecuali jika Anda alergi maupun tidak dapat makan makanan tertentu (jika tak yakin dengan menunya, jangan sungkan untuk bertanya).




-Selesai makan, jangan melintangkan sumpit di atas mangkok. Cara yang lebih sopan adalah dengan meletakkan sumpit di atas meja di sebelah mangkok.




-Jika ditawari minuman beralkohol dan Anda ingin menolaknya, katakan jika Anda tak bisa minum alkohol. Dewasa ini sudah banyak yang mengerti jika tak semua orang dapat minum alkohol. Namun jika Anda ingin menghormati ajakan minum tersebut, setidaknya cicipi gelas pertama saja dan jangan dihabiskan. Aturan di Korea, gelas kosong berarti tambah minuman.




-Satu hal yang paling penting, jangan mengkritik makanan atau minuman yang disajikan. Bangsa Korea sangat bangga dengan kuliner mereka dan kritikan dapat dianggap tidak sopan.




Oleh-oleh




Nah, tips ini khususnya bagi yang tertarik untuk mengikuti program Koreastay yang mana wisatawan akan tinggal di rumah host.




-Untuk mengawali sebuah hubungan baik, usahakan membawa buah tangan saat akan bertemu dengan host. Tak ada syarat khusus untuk kriteria buah tangan yang akan diberikan, namun hindari memberikan barang-barang berikut ini: yang harganya terlalu mahal (karena akan menyusahkan mereka untuk memberi hadiah balasan), memberi benda tajam seperti gunting maupun pisau (karena menyimbolkan putusnya sebuah hubungan), set barang yang terdiri dari 4 item (karena menyimbolkan kematian), penutup kepala warna hijau, dan barang-barang yang dihiasi tulisan warna merah (menyimbolkan kematian).




-Barang ideal yang dijadikan oleh-oleh adalah benda-benda berukuran kecil maupun makanan (kue, coklat, ataupun buah-buahan).




-Sebaiknya oleh-oleh dibungkus dengan rapi, dan lebih baik lagi jika dibungkus dengan warna cerah seperti kuning atau merah. Sebaliknya, jangan membungkus oleh-oleh dengan warna putih, hitam, maupun hijau.




Tambahan lainnya




-Hindari mengajukan pertanyaan yang terlalu personal pada orang yang belum terlalu dikenal. Sebaliknya, jika orang Korea menanyakan hal pribadi pada Anda (seperti umur maupun gaji), itu berarti mereka sungguh-sungguh tertarik pada Anda.




-Hindari membicarakan topik-topik berikut ini: politik, perang, komunisme, sosialisme, dan hal yang terlalu pribadi. Sebaliknya, topik favorit untuk dibicarakan adalah: olahraga (khususnya sepak bola), ekonomi dan pencapaian internasional, hobi, kesehatan anggota keluarga, dan layang-layang.




-Salah satu tips terpenting, jangan pernah menyamakan Korea dengan Cina maupun negara lainnya karena dapat menyakiti harga diri mereka.




Demikian beberapa etiket dasar yang perlu diketahui jika ingin bepergian ke Korea Selatan. Tentunya etika-etika tersebut saya pilih yang paling umum dan berkaitan dengan aktifitas wisata, khususnya berkaitan dengan program Koreastay. Semoga bermanfaat.






[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/498-do-dont-kenali-aneka-etika-dasar-di-negeri-ginseng/]SUMBER[/url]

0
858
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan