Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
#KASKUStravelstory Yogyakarta Tempat Menyenangkan Untuk Membuat Kisah

Haii Agan Sista Kaskuser sejati.., yang masih mantengin Kaskus 24 jam walau sedang musim liburan.. hehehe.. makasih lohh selalu mampir di trit ane, walau berantakan dan sederhana banget. Ane doain semoga trit ane ini bisa kasih informasi yang bermanfaat buat Agan Sista semua yah.


Nah, di trit kali ini ane mau sharing mengenai traveling ane di tahun ini, sebenernya di 2017 ini ada beberapa tempat yang udah ane kunjungin, tapi cuma di sini aja ane ngejalaninnya sendirian, alias solo traveling. Penasaran ke daerah mana sih ane solo traveling? Cuss langsung cekidot ke bawah ini yak.
:monggo :monggo :monggo

Traveling buat ane ngga hanya sekedar jalan-jalan aja, atau mengunjungi tempat-tempat baru, foto-foto terus pulang. Buat ane, selain yang udah disebutin di atas, traveling adalah saat untuk menyegarkan dan menambah “isi” otak ane.

Aktivitas dan kesibukan sehari-hari udah pastinya bikin otak kita “penuh”, ditambah lagi tekanan pekerjaan atau masalah pribadi, wahhh otomatis stress itu sih. Nah, itulah kenapa ane butuh banget yang namanya liburan. Liburan yang ane pilih lebih ke traveling alias jalan-jalan alias mengunjungi tempat-tempat yang menurut ane menarik.

Traveling juga pasti ane gunakan sebagai saat menambah “isi” otak ane loh Gan Sist. Ngga hanya cari tahu mengenai sejarah dari tempat yang ane kunjungi, tapi juga berkenalan, berinteraksi dan belajar mengenai kearifan lokal langsung dari warga setempat.
Nah Gan Sist, karena dua tujuan yang udah ane sebutin di atas, maka dari itu minimal ane pasti ngelakuin solo traveling sekali dalam setahun. Karena dengan melakukan solo traveling, ane lebih leluasa mengunjungi tempat yang ane suka, berinteraksi langsung dengan warga lokal serta pastinya lebih “khusyu” berkontemplasi dengan diri sendiri.
Spoiler for sendiri:

Ngomong-ngomong solo traveling itu apaan sih?
Solo traveling itu adalah traveling atau jalan-jalan yang keseluruhannya dilakukan sendiri, mulai dari perencanaannya, pemilihan tempat dan agenda serta perjalanannya, semuanya serba sendiri.

Solo traveling yang ane lakukan terakhir itu pas menjelang 17 Agustusan 2017 kemarin Gan, dan tempat yang ane kunjungi adalah DIY Yogyakarta, kota dengan sejuta pesona.

Kenapa ane milih Yogyakarta?
Selain karena ane kebetulan dapat tiket kereta promo, ane juga lagi pengen ngerasain suasana 17 Agustusan di kota sejarah ini.
Ane berangkat dari Stasiun Gambir pas jam 9 pagi tuh Gan Sist, sengaja pilih berangkat pagi karena ane mau nikmatin pemandangan dari setiap kota yang ane lewatin. Selama ini kalau ane naik kereta ke luar kota pasti pilih malam hari, sama sekali belom pernah menikmati pemandangan selama perjalanan.
Spoiler for sedikit pemandangan:

Dan emang bener banget Gan Sist, pemandangannya kece banget, sama sekali ngga nyesel milih perjalanan di pagi hari.
Tepat sore hari ane nyampe juga di Yogyakarta, cuss ane langsung menuju penginapan yang udah ane hubungi sebelumnya. Tempatnya di daerah Bugisan Gan Sist. Dengan ditemani babang ojol andalan, ane meluncur langsung ke penginapan yang murah meriah, letaknya ngga jauh dari stasiun Yogyakarta kok.

Nah sesampainya di penginapan ane ngobrol-ngobrol bentar dengan sang pemilik penginapan sambil cari-cari info mengenai tempat yang bakalan ane kunjungin.

Suasana 17 Agustus di Yogyakarta
Yes, tepat tanggal 17 Agustus, ane dengan hati yang penasaran banget mulai eksplore kota Yogyakarta dari pagi. Sengaja ane milih ke arah Istana Negara, yang pastinya pusat perayaan ada di sana. Ada upacara bendera juga Gan di sana, sayangnya ane cuma bisa nikmatin dari luar hehehe..

Siangnya ane keliling Malioboro, kebetulan ada kirab dengan pesertanya para pendekar beladiri tangan kosong. Wahh seru banget, ada aktraksinya juga loh Gan Sist.
Spoiler for kirab betako:

Spoiler for yg ini pendekar wanita nihh:

Malamnya ane balik ke penginapan, dan sempat bertemu si pemilik penginapan, ehh Beliau menawarkan ane untuk ikut serta acara 17an di dekat situ. Hahha, ane sih seneng banget, karena terakhir ane ikutan acara 17an pas ane SMP kali yah, udah lama banget. Ternyata di daerah ini, acara 17an masih ada Gan Sist, dan seru banget! Nih Gan Sist beberapa foto-fotonya :

Dan warga di sana benar-benar sangat ramah loh Gan Sist, ane ampe terharu pas mereka semua ngajak ngobrol ane, dari yang anak-anak ampe yang tua. Ane berasa kaya warga lokal aja deh. Ada juga yang ngajak nyanyi bareng, whaha..seru deh Gan Sist. Kita ngobrol-ngobrol sampai jam 11 malam dan banyak banget pelajaran yang bisa ane dapetin dari warga setempat, terutama mengenai hal toleransi. Makanya ane suka banget solo traveling dan berinteraksi dengan warga lokal. Udah kayak dapetin keluarga baru loh rasanya.

Ubek-ubek Yogyakarta

Nah, tanggal 18 Agustusnya ane mulai eksplore Yogyakarta nih Gan Sist, dan tempat yang ane pilih ngga jauh-jauh sih. Pertama ane menuju pemakaman Girirejo Imogiri. Kenapa ane milih Imogiri? Kenapa ngga ke pantai?
Ane terakhir ke Imogiri itu waktu SMA Gan Sist, dan yah waktu itu ane hanya mampir maen foto-foto, tapi kali ini ane mau “belajar” sekalian ziarah ke sana. Pemakaman Girirejo Imogiri adalah kompleks permakaman yang berlokasi di Imogiri, Bantul. Pemakaman Girirejo Imogiri merupakan pemakaman khusus raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram. Pemakaman ini dibangun di atas perbukitan dan dianggap sakral.

Cuss ane segera meluncur kea rah Bantul dengan ditemani Babang ojol yang baek.
Spoiler for road to Imogiri:

Wahh sayang banget, pas nyampe di sana Pemakaman Imogiri sudah ditutup untuk umum, hiks. Tapi ane tetap naik ke atas Gan Sist, dan mulai ngobrol-ngobrol dengan para penjaga makam di sana. Dan selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil dari obrolan para sesepuh di sana loh.

Selesai ngobrol dengan penjaga makam di sana, ane pamit pulang dan langsung menuju objek wisata Watu Lawang yang masih berada di daerah Bantul.

Watu Lawang merupakan salah satu dari tujuh objek wisata baru di daerah Dligo, Bantul. Objek wisata di Dlingo yang sudah terkenal sebelumnya adalah Kebun Buah Mangunan dan tentunya Hutan Pinus Mangunan. Ane sengaja milih Watu Lawang karena, menurut ane belum terlalu ramai.
Spoiler for road to Watu Lawang:

Lawang Waktu sebenarnya merupakan bukit yang terletak diperbatasan Kecamatan Imogiri dan Kecamatan Dlingo. Tempat ini memiliki gardu pandang, yang bisa digunakan untuk spot foto-foto. Kebetulan ane nyampe di Watu Lawang pas sore hari, jadi pemandangannya keren banget dan cahayanya pas banget buat foto foto.

Kelar foto-foto ane duduk bentaran tuh di gardu pandang, kebetulan lagi sepi jadi ane bisa puas duduk di sana. Waktu yang ada ane pakai untuk berkontlempasi, merenung atas apa aja yang udah ane lakukan dan langkah-langkah apa aja yang akan lakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang udah ane perbuat. Wah syahdu banget Gan Sist, apalagi ane ngerenung sambil ditemani matahari yang tenggelam.

Matahari sudah mulai menghilang dan waktu udah hampir maghrib , ane memutuskan untuk pulang kembali ke penginapan. Tentunya dengan semangat baru yang udah ane dapat seharian ini.
Ditemani babang ojol yang udah ane booking seharian, akhirnya ane kembali ke penginapan, wah capek banget langsung pulas deh ane tidur.
Spoiler for watu lawang:

Nah itu dia Gan Sist, pengalaman solo traveling ane di tahun 2017 kemarin. Banyak banget yang ane dapetin dari solo traveling kemarin, banyak kearifan lokal dan petuah yang ane dapat serta pastinya hasil dari kontemplasi ane pas di Watu Lawang.
Buat Agan Sista yang suka traveling, yukk sempetin sedikitnya sekali setahun untuk solo traveling, pasti bakal ketagihan deh.
Sedikit tips untuk Agan Sista yang mau melakukan solo traveling :
1. Pelajari dan cari tahu dahulu tempat yang akan Agan Sista tuju
2. Selalu beritahukan keluarga atau orang terdekat, tempat yang akan Agan Sista tuju
3. Catat alamat dan nomor telepon tempat penginapan Agan Sista
4. Sebelum berangkat ke objek wisata, pastikan Agan Sista sudah mempelajari tempat tersebut, browsing dan cek di google maps agar makin yakin.
5. Hormati warga lokal, bersikaplah santun dan ramah.
6. Jangan terlalu terbuka dengan orang asing, jangan beritahu tempat menginap Agan Sista
7. Percaya diri, hindari terlihat bingung atau cemas.
8. Berdoa, selalu berdoa setiap kali akan keluar pintu. Berdoa selama dalam perjalanan dan berdoa setiap kali mau makan ya. Yang terakhir penting tuh.

Itu dia Gan Sist sedikit tips dari ane agar solo traveling Agan Sista makin cihuy.
Nah, Agan Sista sendiri pernaha ngga melakukan solo traveling?
Yuk certain di kolom komentar di bawah!
Sekian dulu yah Gan Sist cerita solo traveling dari ane, moga-moga trit ane kali ini berfaedah yah Gan Sist.




0
2.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan