CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Tampilkan isi Thread
Halaman 27 dari 36
Balasan post luca.erillia.27
Quote:


Ane lagi itu renov rumah aja, orang kelurahan dateng, satpol pp beda lagi wkwkwk emoticon-Big Grin
Bangle gak tuh emoticon-Mad
Quote:


Jdi beli tanah kemaren kena berapa gan?
pasaran disini uda 1jt lebihemoticon-Frown
emoticon-Jempol
Amal Jariyah nya gan emoticon-Ngakak
di secang masih murah ya tukangnya. dsini udah 125rb
itu totalnya brapa gan?
saya jg lagi proses bangun rumah jg gan.
ukuran tanah 4 x 15. mw buat model ruko doang. tp pakai pondasi tingkat.

modal awal sudah keluar -+ 15jt. dengan rincian :
- Pasir 1 dum truck
- batu bata 9rb
- semen 40 sak
- besi ukuruan 10 (32 batang)
- besi ukuran 5,6 (25 batang)
- papan dan kayu
- gaji tukang 150rb, kenek 100rb. (tukang nya saudara sendiri)
- dll

pengerjaan dari tanggal 15 bulan lalu. dari total awal biaya segitu, progres sekarang baru naik batu kurang lebih tinggi nya sekitar 2 meter.
yg buat lama tu pengerjaan buat pondasi nya emoticon-Najis (S)
pengerjaan nya minggu, senin dan hari libur doang. soalnya tukangnya ada proyek d tempat lain
Diubah oleh CieIka
Quote:


Gak gan....

Saya ngajak tukang tukang di lingkungan rumah saya ini. Jadi aman dari gangguan warga sekitar. Warga juga kalo butuh sesuatu, misal sedikit pasir, semen, bambu, izin sama saya terlebih dahulu.

Pernah kehilangan cuma seekor ayam jago belum lama ini.... wkwkwk. Di rumah itu saya belajar beternak gan, ayam dan kelinci. Untuk mengusir kesepian karena sementara ini hanya saya yang menempati sendiri.

Quote:


Renovasi total jelas lama banget dan pasti menguras pikiran.

Ente bilang estimasi borongan 3 lantai 460 jt? Di jakarta?

Saya bandingkan dengan tetangga saya, di sini rumah 2 lantai aja ada yang habis 400-600 jt udah 100% jadi siap huni. Itu dikerjakan secara harian.

Jadi, saya sedikit tidak percaya rumah ente 100% jadi, dengan luas 6x8, 3 lantai, borongan tenaga+material, waktu 3 bulan= 460 jt. Terlebih lokasi di ibukota + harus bongkar bongkar dulu karena ini renov total.

Borongan sih sebenarnya gak masalah, asal ada perjanjian terlebih dahulu, terutama soal spek bahan bangunannya.

Tapi, meskipun udah ada perjanjian, ketika pelaksanaan berlangsung, tetap diawasi supaya tidak melenceng dari konsep.

Uang 460jt itu banyak bgt, bisa dibayangkan berapa banyak material yang masuk?

Kalo ente sibuk mengawasi, bayar orang yang paham hal ginian dan bisa dipercaya.

Kalo hasil akhir gak sesuai ekspektasi ente, takutnya nyesel di akhir. Udah banyak cerita soalnya. Sedangkan uang ente gak mungkin kembali, udah nempel semua di bangunan itu.
izin gulung tikar di thread mantap gan, doakan ane bisa nyusul juga hehe
mantap. lancar trus
Quote:


lebih tepat nya 72 rb gan itu tahunnya kl gak salah 2016 an

BTW itu pas ane beli buat nyumbang sodara yg lg bangun rumah

Hal sebab harga bisa setinggi itu ane gak tau entah waktu itu langka atau gimana, ndak terlalu mengikuti harga pasaran bahan bangunan emoticon-Big Grin
Inspirasi sekali
wahhh mantap ini,.. nice share gan... ane masih kumpul2...emoticon-Thinking
emoticon-Baby Boy 1
Nice info gan..
Makasih dah share
Semoga aja saya tahun ini bisa bikin rumah sendiri, Amin...
Quote:


Hm, saya gak tahu rumus itungan per m2 gan.... karena itungan per m2 itu itungannya pasti mahal banget bagi saya, gak jauh beda sama borongan.

Sejak awal saya yakin aja, dengan budget segitu, setidaknya rumah saya bisa berdiri dulu, bisa tertutup semuanya. Itu udah alhamdulillah banget, apalagi bahan-bahan yang saya beli termasuk bagus dan berkualitas.

Sejauh ini saya puas sekali dengan hasil akhir rumah saya.

Quote:


Siap gan emoticon-Imlek

Di Ambarawa pasaran tukang 90 ribu ya? Ambarawa, Semarang, Salatiga, Boyolali kyakke sama.

Quote:


Magelang kota sejuta bunga desa emoticon-Shakehand2

Quote:


Pos jaga buat mengintai musuh yang menyerang. Saya juga udah buat bunker bila sewaktu-waktu world war 3 meletus emoticon-Hammer2

Quote:


Hitungan ente kyakke salah gan emoticon-Bingung (S)

Saya orang awam biasa, gak ada basic bangunan atau arsitek.

Rajin baca baca google aja biar nambah wawasan emoticon-Malu (S)

Quote:


Emg jaman sekarang apa apa serba uang. Saya jadi sedih dengan curhatan ente bro.... jadi inget masa lalu saya dan keluarga saya yang dihina dan diremehkan orang, dulu cuma bisa ngontrak di perantauan 😭

Quote:


Waduh gak punya gambar bagus saya. Nanti aja kalo finishingnya udah selesai, tapi masih lama. Target sampai 100% selesai mungkin januari atau februari 2019.
Lihat 1 balasan
Quote:


kalau itungan per m2 ya cuma ngitung total biaya yg agan keluarin dibagi luas bangunan yg udah dibuat (diluar halaman & carport ya gan, cuman bangunan rumahnya aja panjang x lebar). Harga2 itu jg fleksible banget biasanya, bisa jauh lbh murah atau lbh mahal tergantung detail sama keinginan pemilik aja sih.

Sukses terus sampe 100% finish gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Quote:


Jadi gini bre.... semua bahan itu gak bisa dihitung pas, kalo gak kelebihan, ya pasti kekurangan.

Saya juga gak bisa menimbun material di sekitar proyek karena gak ada tempat untuk menyimpannya. Bisa bisa dicuri kalo ditaruh gitu aja.

Lho kan yang belanja saya sendiri, jadi saya sudah ancang ancang dari awal kalo ada bahan yang mau habis, tinggal chat ibu/ bapak di toko bangunan buat anter pesanan saya. Gak pernah ada tukang yg nunggu material sambil ngobrol + ngopi, karena saya selalu ngecek stok bahan yg ada.

Quote:


Ibu ibu mah kalo shopping selalu rempong cyinnn..

Gak di mall, gak di pasar, gak di toko bangunan, selalu ribet nentuin pilihan. Biru atau merah atau hijau ya? Dan akhirnya pilih pink emoticon-Ngakak

Lain halnya dengan cowok, dari rumah udah bisa nentuin pilihan, hitam ya hitam, putih ya putih.

Quote:


Ya harus ditulis di daftar pengeluaran supaya saya bisa tahu ke mana saya membelanjakan/ mendistribusikan semua anggaran biaya rumah saya ini.

Kalo dihitung lagi, jumlah pengeluaran dan biaya anggaran rumah bisa sama.
Lihat 1 balasan
maaf oot

ini agan dulunya bendahara kelas ya ? wkwk
Balasan post salmanfauzan
Quote:


iyo belum gan emoticon-Mewek

Quote:


iyasih gan harga tanah selalu naik, nanti deh gan setelah cicilan yg lain lunas emoticon-Hammer (S) thanks sarannya gan emoticon-Big Grin

Quote:


emoticon-Jempol

Quote:


kalo daerah lain entah bisa segitu entah engga gan emoticon-Hammer (S)
Balasan post nugra.muhajirin
Ente udah tau gn? Bata ringan gk boleh di paku ..bisa nya pake semacam sekrup..misal buat cantolan jam dinding atau apa gtu..jad ap gk praktis gan..klo semua bata ringan? Gmana pendapat agan?
Halaman 27 dari 36


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di