kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Ada Di Indonesia; Salah Satu Stadion Paling Terang Di Dunia


Halllo Gan Sist, pasti sudah pada tahu dong ada pagelaran apa sih selama bulan Agustus kemarin ini?

Yep, mata dunia tertuju ke negeri kita ketika upacara pembukaan event olahraga terbesar nomor 2 di dunia dibuka. Gimana engga, hampir 4 milyar penduduk Asia menyaksikan perhelatan olahraga empat rahunan ini. Belum lagi masyarakat Eropa, Amerika dan Afrika, pun penduduk Bikini Bottom ikutan nonton juga, loh. 


Spoiler for GBK yang baru:

Dan yang ngga kalah membanggakannya adalah upacara pembukaan Asian Games ke 18 tahun 2018 ini di adakan di tempat yang sama dan kegiatan yang sama 56 tahun silam. Di mana waktu itu Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno membangun sebuah karya fenomenal yang akhirnya diberi nama sesuai dengan penggagasnya. Yup.. Stadion Gelora Bung Karno Jakarta Indonesia. Yang bangunannya di resmikan pada tanggal 24 Agustus 1962.

Spoiler for GBK jaman dulu:

56 tahun adalah waktu yang ngga sebentar untuk menjadikannya kembali ‘terang’. Pemerintah Indonesia memang telah mempersiapkan Stadion Gelora Bug Karno dengan amat sangat serius, Gan Sist. Semua ahli didatangkan. Peralatan pendukung terbaik di gunakan. Alasannya adalah, Indonesia harus bisa menjadi magnet dunia pada perhelatan Asian Games 2018.

Dan salah satu yang membuat masyarakat Indonesia boleh berbangga hati adalah stadion yang berkapasitas 72 ribu lebih penonton, saat ini di tasbihkan sebagai salah satu stadion yang paling terang di dunia. Tepatnya, Stadion Gelora Bung Karno ini berada di urutan nomor empat didunia, bahkan sampai-sampai ngalahin Stadion Wembley yang ada di Inggris.

Posisi GBK, Indonesia berada persis di bawah Stadion San Siro di kota Milan, Metlife Stadion di Amerika dan sebagai jawaranya, sebagai stadion paling terang di dunia adalah Stadion Corithians di Brasil. Sebagai gambaran saat ini, Stadion Corinthian menggunakan 5000 lux cahaya. Kemudian Stadion Metlife Amerika 3767 lux, dan berikutnya Stadion kebanggan klub AC Milan dengan 3600 lux. 

Spoiler for lampu baru semua:

Stadion Gelora Bung Karno, saat Asian Games berlangsung menggunakan 3500 lux cahaya atau ditambahkan dari sebelumnya sekitar 1200 lux (tiga kali lipat!!). Dan total lampu LED yang terpasang adalah berjumlah 640 buah. Bahkan stadion legenda sekelas Wembley di London  Inggris pun masih berada di bawah Stadion GBK Indonesia. Dan terdapat 1200 lebih panel surya yang berada di atap stadion. WOW kan?

Pasti Agan Sista bisa saksikan sendirikan saat Opening Ceremony Asian Games 2018 kemarin. Kawasan sekitar GBK terang benderang dilihat dari sudut manapun. Stadion yang masa pembangunan renovasinya menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 tahun ini menjadi pusat perhatian dunia. 

Kecanggihan lainnya juga bisa kita lihat saat kita masuk ke dalam Stadion ini. Mulai dari kursi penonton yang terlihat keren, tempat orang-orang sangat penting atau VVIP room, jalur lintasan lari yang berstandar international, sistem tata suara yang sudah terhubung dengan sistem pencahayaan serta masih banyak cerita WOW lainya tentang Stadion kebanggan kita ini Gan Sis.

Spoiler for semua serba baru:

Bahkan seorang Heimir Hallgrimsson; pelatih sepakbola Timnas Islandia beberapa waktu lalu pernah di buat kagum dengan GBK sampai ia pun berseloroh “jika seluruh stadion di Islandia di gabungkan jadi satu stadion, akan tetap kalah dengan stadion Gelora Bung Karno Indonesia!”

Nah Gan Sists, siapa nih yang udah pernah mampir ke Gelora Bung Karno? 


Spoiler for di sini:


2
10K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan