maslazardiAvatar border
TS
maslazardi
Kronologi Sejarah Kesultanan Ternate (1257-2018)


Bismillahirrahmanirrahim...

Selamat malam, agan dan aganwati sekalian. Lama tak sua. Sedikit berbeda dengan trit-trit ane sebelumnya, kali ini ane ingin membahas tentang sejarah salah satu negara terpenting dan panjang umur yang ada di Indonesia ini. emoticon-I Love Indonesia (S)Dan itu adalah Kesultanan Ternate di Maluku Utara, negeri yang pada masa kejayaannya dibawah Sultan Baabullah (1575-1583) dan Sultan Saidi (1583-1606) mampu menguasai wilayah luas yang terbentang dari Butuan di Mindanao hingga Bima di Sumbawa, serta dari Donggala di Sulawesi hingga Raja Ampat di Papua.

Dalam trit ini, ane berusaha menampilkan perjalanan sejarah Kesultanan Ternate selengkap dan seakurat yang ane bisa. Dimulai dari masa pemerintahan para kolano (raja-raja pra-Islam), masa ekspansi dan rivalitas dengan tiga kerajaan tetangganya (Tidore, Jailolo, Bacan), masa penjajahan bangsa Eropa, hingga akhirnya melebur ke dalam Republik Indonesia hari ini. Semoga bermanfaat! emoticon-I Love Indonesia (S)

Untuk sumber info, ane ambil dari sejumlah buku tentang sejarah Maluku (terutama Kepulauan Rempah-rempah-nya M. Adnan Amal), situs The Royal Ark-nya Christopher Buyers, dan Wikipedia. Ane coba bikin seakurat yang ane bisa, jadi kalo agan nemu ada yang salah mohon dikoreksi ya! emoticon-Blue Guy Peace

Oke, langsung saja:

Quote:


Kronologi:
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Lanjutannya di bawah gan! emoticon-Traveller
Diubah oleh maslazardi 03-09-2018 08:19
yoseful
yoseful memberi reputasi
1
12.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan