muhamadbayu11Avatar border
TS
muhamadbayu11
Dominasi Emas Dikhawatirkan Sulit Membawa Pencak Silat Go Internasional


Jakarta: Indonesia berhasil meraih 14 medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan dalam cabang olahraga (cabor) beladiri pencak silat.

Meski mengukir prestasi gemilang, perolehan emas yang begitu mendominasi dikhawatirkan akan menghambat cabor pencak silat bisa go international.

"Menurut saya terlalu super dominan. Tapi sport is sport, juara ditentukan oleh kemenangan di final. Tapi saya menyimpan catatan justru memperlambat go international dari silat itu sendiri," ungkap Pengamat Olahraga Ian Sutumorang dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 30 Agustus 2018.

Ian mengatakan rencana awal yang berkembang sebelumnya cabor pencak silat hanya menargetkan 2-3 medali emas dari total target minimal perolehan. Sisanya biar 'dinikmati' negara lain.

Atas kemenangan ini, kata dia, Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto menyebut paling tidak Indonesia akan eksibisi terlebih dulu sebab di olimpiade 2020 dipastikan cabor pencak silat tidak dipertandingkan.

"Karena tidak ada jadwalnya. Tapi kemenangan ini harus kita apresiasi setinggi-tingginya, tidak hanya tersurat tapi duitnya harus segera diturunkan," kata dia.

Sementara itu Pelatih Kepala Pelatnas Pencak Silat Ronny Syaifullah mengatakan kunci kemenangan Indonesia di cabor pencak silat ada pada kematangan mental dari setiap atlet.

Kemahiran atlet dinilai tidak cukup untuk meraih medali emas jika tidak diikuti dengan persiapan mental yang matang. 

"Makanya targetnya atlet kita harus juara semua karena masing-masing (nomor) punya peluang. Latihan maksimal, usaha keras bertanding tanpa lelah harus dibuktikan," jelas dia.

sumber MetroTV

-------

Yordania sebut dominasi emas Indonesia di pencak silat Asian Games 'tak punya nilai'

4 September 2018

Dominasi emas Indonesia di cabang pencak silat Asian Games 2018, yang baru saja berakhir, dipertanyakan oleh Dewan Olimpiade Yordania (JOC).

Sekjen JOC, Nasser Majali, dalam wawancara dengan situs olahraga insidethegames, mengatakan medali emas dari pencak silat "tidak punya nilai".

"Saya paham negara tuan rumah biasanya ingin unjuk kekuatan, ini berlaku juga untuk Olimpiade. Tapi jika saya adalah pihak yang menentukan, jelas saya tidak akan menempuh cara itu, saya tidak akan memasukkan cabang olahraga nasional," kata Majali.

Di Asian Games 2018, Indonesia meraih 31 medali emas, 14 di antaranya didapat dari pencak silat, cabang olahraga yang masuk ke Asian Games atas permintaan Indonesia sebagai tuan rumah, dan tidak akan lagi dipertandingkan di Asian Games mendatang.

Banjir pujian media asing untuk pelaksanaan Asian Games 2018Mengapa Asian Games sulit saingi keriuhan promosi politikus?Asian Games: Banjir hadiah bagi para peraih medali emas Indonesia

Pencak silat secara keseluruhan menyediakan 16 medali emas, 14 di antaranya diraih atlet-atlet Indonesia, dua selebihnya diraih atlet-atlet Vietnam.

BBC News Indonesia pada hari Selasa (04/09) sudah menghubungi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, untuk meminta tanggapan, namun hingga berita diturunkan, Gatot belum memberikan tanggapan.

Tapi dalam wawancara dengan BBC News Indonesia pada 27 Agustus, ia mengatakan, "Mumpung Dewan Olimpiade Asia (OCA) memberi kesempatan kepada tuan rumah untuk memperjuangkan cabang-cabang olahraga tertentu, ya kita manfaatkan."

"Kalau tidak kita akan kehilangan muka sebagai tuan rumah. Tapi beda dengan SEA Games ya. Di SEA Games tuan rumah bisa suka-suka menentukan cabang olahraga, tapi kalau Asian Games sangat kecil, sangat terbatas sekali (cabang olahraga yang bisa dimasukkan oleh tuan rumah)."

"Anda bayangkan, (yang boleh dipertandingkan atau diperlombakan di Asian Games) hanya pencak silat, sepatu roda, paragliding, jetski, dan bridge," kata Gatot.

'Akan sulit diulangi'

Saat menggelar Asian Games 1962, Indonesia meraih 11 emas.

Indonesia tak terbendung di cabang pencak silat Asian Games 2018 dengan meraih 14 dari 16 emas yang tersedia. Dua emas yang tersisa diraih kontingen Vietnam.

Majali mengatakan Indonesia akan kesulitan mengulangi prestasi yang dicatat di Asian Games 2018 karena pencak silat, "tambang medali emas" bagi Indonesia tidak dipertandingkan di Asian Games mendatang.

"Mereka tidak akan pernah mengulang prestasi ini. (Pencapaian di Asian Games 2018) didapat melalui jalan nonorganik," kata Majali.

Bukan sekali ini Indonesia berjaya di cabang pencak silat.

Panitia jelaskan banyaknya kursi penonton Asian Games 2018 yang kosongAsian Games: 'Sukses bersejarah' Indonesia dalam 'mengangkat energi Asia'Penutupan Asian Games 2018: Lima hal yang jadi pembicaraan

Di SEA Games 2011, Indonesia menyabet sembilan dari 18 emas yang tersedia.

Majali mengatakan memasukkan satu cabang olahraga di mana negara-negara lain sulit untuk bersaing mendapat medali adalah "tidak adil".

Ia menyamakannya dengan negara yang melakukan naturalisasi atlet dari negara lain untuk meningkatkan kans mendapatkan medali.

"Memilih cabang olahraga di mana Anda sangat mendominasi atau mendatangkan atlet (naturalisasi atlet dari negara lain) menurut saya tidak punya nilai," kata Majali.


http://www.bbc.com/indonesia/olahraga-45398766


------
Komentar TS :

Silat kemungkinan besar gak akan dimasukkan ke Asian Games 2022 .
Jangan harap lah olympic masuk silat dalam waktu dekat .
Memang kelas seni ini masuk kontroversi sih , malah bisa jadi bahan lawak se asia Tenggara .
Sebelum ente ente Bully ane , Ane hanya menyampaikan kenyataan .

Apakah ini hanya silat ?
Tentu tidak , Badminton pun pernah ada wacana kecil untuk dihapus dari Olympic karena Dominasi China korea dan indonesia .
Akhirnya baik China Maupun indonesia Ngalah dan sering masukin pemain2 muda terbukti setelah China dan Indonesia agak mengendor , Jepang , Denmark , Taiwan , bahkan spanyol dan India bisa naik kesempatan di Olympic .
Di kejuaraan kejuaraan Badminton sekarang lebih merata gak dominasi beberapa negara baik di Super series , premier , maupun Thomas Uber Cup .

Bagaimanapun Silat lebih condong ke Tuan rumah dan kontroversi , belum lagi Silat gak masuk Olympic . Yang harus di prioritaskan jelas yaitu yang masuk Olympic 2020 Tokyo macam Climbing Badminton Lifter Archeri dan Ini yang bisa berbicara yaitu Athletik .
Silat Paralayang Jetski yang jadi andalan asian games tahun ini gak ada di Olympic .

Masih banyak yang harus dilakukan Menpora bukan hanya Meraih Target tapi juga pendidikan warga soal Tingkatan Olahraga .
Banyak warga Indonesia masih banyak belum paham Tingkatan Cabor dari PON sampe Olympic .
Apa itu Cabor Tetap Olympic , apa itu Cabor Privilege Tuan Rumah , apa itu Eksibisi atau uji coba . Biar gak overproud di Media media luar tapi gak paham perihal Pesta Olahraga .

Buat agan agan yang belum tau cabang "Tetap" tetap apa saja yang ada di Olimpiade
daftar cabor Olympic

Cabang Tetap ada diatas , tuan Rumah berhak menambah beberapa cabang baru di Olimpiade , dan beberapa Cabang baru Asian Games .
Disebut "Privilage Host of Olympic" , jumlahnya saya tak tau pasti tapi itu yang saya ingat .

Ada juga Cabang Eksibisi alias Uji Coba macam Esport waktu ini . Jika peminat peserta dan penonton nya banyak kemungkinan besar masuk Cabang Tetap Olimpiade .
Nah Silat ini rencana mau mengajukan Uji Coba di Olimpiade Tokyo 2020 .
Tapi melihat Overpower nya indonesia , kemungkinan akan di tolak oleh tokyo . Karena Tuan rumah gak ada kesempatan berprestasi , paling realistis ya Uji Coba Olimpiade 2024 dan silat dipertandingkan jika lolos ke Olimpiade 2028 .

Adalah hak tuan Rumah Pesta Olahraga yang menentukan juga Olahraga Uji Coba/Eksibisi akan masuk atau enggak .

Ane Secara pribadi merasa masa depan Silat di Olimpiade makin menjauh .
Harapan masuk akal adalah di Uji Coba saat Olimpiade 2024 dan dipertandingkan 2028 .
emoticon-Turut Berduka

---
Tambahan : Minimal 75 Negara menjadi peserta agar Sebuah Pertandingan Cabang olahraga masuk cabor Tetap Olimpiade .
Dibawah itu hanya Hak dari Tuan rumah saja yang menentukan olahraga Tambahan saat asian games/Olympic
Diubah oleh muhamadbayu11 05-09-2018 04:03
0
4.2K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan