Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

urabanAvatar border
TS
uraban
Belajar Ilmu Parenting dari Ki Hajar Dewantara
Belajar Ilmu Parenting dari Ki Hajar Dewantara


Menjadi orang tua di jaman milenialseperti sekarang ini harus bisa lebih prepare dan tanggap dalam hal pola mengasuh anak-anak. Perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung lagi sangat besar mempengaruhi pola hidup sehari-hari, baik kita sendiri sebagai orang tua maupun untuk anak-anak. Lingkungan pun ikut andil dalam merubah mindset pola asuh kita selama ini. Hal semacam ini bisa menjadi manfaat yang baik sekaligus bumerang yang sangat berbahaya untuk kita yang menjalankannya. Menuntut kita untuk lebih selektif dan lebih cerewet yang (mungkin) sangat berseberangan dengan sifat asli kita sendiri.

Berdasarkan dari peristiwa diatas maka dibutuhkan semacam ilmu tentang mengasuh anak atau ilmu parenting. Ilmu Parenting memang sangat dibutuhkan untuk saat ini. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menganut dan menyadur dari sumber manapun dan menerapkannya. Baik untuk anak kita sendiri maupun ketika saling share dengan teman dan kerabat. Banyak sekali ilmu parenting yang didasarkan dari pengalaman pribadi tapi sekali lagi kita harus lebih selektif, karena hal tersebut tidak semuanya pas untuk diterapkan pada anak-anak.

Kali ini TS akan mencoba menjabarkan ilmu parenting dari salah satu tokoh nasional di Indonesia, yaitu Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, kita sudah sering mendengar istilah “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Mungkin sebagian dari kita memang sangat hafal terkait kalimat yang sederhana ini, tapi banyak yang belum paham apa arti sebenarnya dan apa manfaatnya untuk kita sendiri. Mari kita bahas bersama.

Quote:

 
Quote:

 
Quote:

 
Dari tiga metode diatas bisa kita simpulkan bahwa, pola mengasuh anak memang harus kita terapkan dari pengalaman pribadi kita sendiri selama ini. Tanpa harus menyamakan dengan pola asuh dari orang tua kita terdahulu. Karena jamannya sudah berbeda maka kita harus lebih pintar-pintar dalam hal mencari-cari pola asuh anak. Agar tidak ada penyesalan dikemudian hari untuk anak-anak kita.

TS sendiri sudah mempunyai 2 (dua) putri yang berumur 6,5 tahun dan 3 tahun. Pola asuh yang kami gunakan adalah pendekatan secara moril dan alami. Biarkan mereka menghabiskan masa kecil mereka dengan cara mereka, tugas kita hanya melihat dan mengarahkan mana yang baik dan harus dilakukan. Gadget itu perlu tapi berikan batasan dan arahan bagaimana cara menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat untuk pendidikan dan masa depan mereka. Jadilah “Guru” untuk anak-anak kita. Semoga kita sebagai orang tua bisa saling share ilmu parenting agar bisa mencetak anak-anak yang berjiwa sosial tinggi dan bermanfaat untuk nusa dan bangsa. amin

Belajar Ilmu Parenting dari Ki Hajar Dewantara


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer : TS dan beberapa saduran

Sumur : Opini Pribadi TS dan monaratuliu.com

Sumur Gambar : om Google

Diubah oleh uraban 23-08-2018 03:29
1
8.5K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan