kangemilazaAvatar border
TS
kangemilaza
8 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Kaya
8 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Kaya
Denis September 14, 2017

Siapa sih yang tidak mau kaya? Pasti jawabannya tidak ada orang yang tidak mau kaya. Semua mau menjadi kaya apalagi kalau bisa cepat kaya. Akan tetapi mayoritas orang akan bekerja keras agar menjadi kaya dan hasilnya sebaliknya. Hasil tidak sebanding dengan impian kekayaan yang dipunya. Bahkan ada juga gaji yang habis sebelum tanggal 7 bulan yang sama. Miris bukan?? Bisa ga sih kita mematahkan siklus ini? Bisa ga sih kita menjadi kaya dengan gaji yang pas pas pasan atau bahkan hutang yang menggunung alias besar pasak dari pada tiang? Jawabannya sangat lah bisa. Cara nya sebenarnya simple dan mungkin mayoritas dari kita sudah tahu, hanya dibutuhkan modal tekat yang kuat. Kita bisa kayak hanya dengan mengubah kebiasaan kebiasaan simple seperti berikut ini:

Memiliki target dan prioritas

Jika anda ingin cepat kaya, anda harus tetapkan target dan prioritas hidup anda. Misal anda punya target ingin pension diusia 40 tahun dan mendapatkan finansial freedom, fokuslah pada hal tersebut. Setiap ada dana lebih selalu dialokasikan untuk mencapai target tersebut. Buatlah hal itu menjadi prioritas utama dalam hidup anda. Walaupun ada keinginan lain missal ingin gadget baru, jalan jalan ke Raj Ampat ataupun yang lain, selalu ingat prioritas dan target anda. Selalu bertanya kepada diri sendiri apakah dengan melakukan hal ini saya makin mendekatkan diri kepada target utama saya atau malah sebaliknya. Pepatah mengatakan bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Jadikan pepatah ini dasar anda dalam menjalani hidup.

Membuat perencanaan yang detail

Perencanaan keuangan bisa dilakukan oleh siapa saja, jika anda mempunyai dana lebih bisa dilakukan dengan menggunakan jasa Financial Planner. Akan tetapi jika keuangannya tidak berlebih ataupun kurang tetap bisa kok membuat perencanaan keuangan yang baik. Caranya bisa buat kolom di Microsoft Excel ataupun di buku tulis atau di smartphone anda. Yang intinya mencatat segala rencana untuk mencapai target anda. Misal anda ingin 1 tahun lagi bisa jalan jalan ke Derawan di Kalimantan Timur. Anda bisa buat perencanaan simple seperti berikut ini:

Jalan jalan ke Derawan Kalimantan Timur 1 tahun lagi (Desember 2018) -> estimasi 7 juta rupiah

Perencanaan :

beli reksadana A sebesar Rp 300 ribu setiap tanggal 25 dimulai dari bulan depan (perkiraan desember 2018 sudah 4.5 juta rupiah dengan asumsi reksadana A return setahun 10%)
deposito ketika mendapat THR Mei 2018 bunga berbunga ditarik pada desember 2018
Tidak akan jalan jalan ketempat lain sebelum bisa ke Derawan, Kal tim (penghematan biaya)
Mengurangi frekuensi ngopi di kafe dari 8 x sebulan menjadi 4 x sebulan (asumsi penghematan perbulan 200 ribu rupiah)

Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran bisa dibilang sesuatu yang mudah tapi juga bisa dibilang sesuatu yang sulit. Mudah ataupun sulit itu dikembalikan kepada orang tersebut. Malas atau tidak untuk membuka smartphone, laptop atau buku hanya demi mencatat pemasukan dan pengeluaran. Mayoritas orang menyepelakan hal ini, padahal hal ini sangat berdampak signifikasn terhadap keuangan kita. Kita kadang meremehkan uang tapi coba kita catat semua pemasukan dan pengeluaran maka akan terlihat betapa uang receh sedikit demi sedikit menggerus pemasukan kita.

Sebagai contoh bayar parkir Rp 3000 kalo ga kita catat, kita pasti bilang “ ah uang receh”trus tiba tiba bilang ”ah uangnya kemana yak ok tanggal segini dah bokek?” sekarang coba dicatat per hari , kita keluar masuk kantor, pergi ke minimarket pake mobil, pergi ke tempat hiburan naik mobil dan ternyata setelah 1 minggu terlihat bahwa kita habis biaya 90 ribu hanya untuk parkir saja. Perlu diingat parkir itu kelihatan murah tapi kalo frekuensi kita sering dan kadang ada durasi lama, uang kita habis untuk biaya parkir saja. Oleh karena itu bisa coba naik angkutan umum ataupun jaln kaki kalo dekat. Dengan mengetahui kemana uang kita pergi kita bisa tahu pos pos mana saja yang bisa dipangkas untuk penghematan.

Memangkas hutang

Nah ini susahnya memangkas hutang jika besar pasak daripada tiang. Besar pengeluaran daripada pemasukan. Oleh karena itu, coba di list semua hutang kita, di list juga semua pengeluaran kita, plus di list semua sumber pemasukan kita. Kira kira mana yang bisa dipangkas untuk melunasi hutang? Jika perlu bisa meminta bantuan saudara/bank untuk memberikan pinjaman lunak untuk menutupi hutang apalagi hutang yang memiliki bunga sangat besar. Gali lubang tutup lubang sangat tidak disarankan. Lebih baik berhutang 1 saja untuk menutup semua hutang yang ada dengan catatan hutang tersebut cicilannya sangat ringan dan kita tidak besar pengeluaran daripada pendapatan.

Menurunkan tingkat gaya hidup

Gaya hidup masyarakat modern sangat wah terkadang. Anda bisa dicap kurang keren dan kurang gaul jika ga nongkrong di mall atau ngopi di café ternama. Belum bisa dicap gaul jika belum pernah ketempat yang lagi ngehits. Anda mengalami hal tersebut bukan? Jika pemasukan anda banyak dan anda ga punya hutang sih tidak apa apa untuk mengejar status tersebut. Tetapi jika hutang anda banyak dan Besar pasak daripada tiang, lebih baik ditahan dulu sementara keinginan tersebut supaya hutang anda tidak tambah banyak, tidak apa apa dicap kurang gaul. Kurang gaul lebih baik daripada banyak hutang. Karena anda bisa pusing setengah mati ketika tanggal jatuh tempo tidak ada uang buat bayar. Hiduplah sederhana. Tahukah anda jika Warren Buffet orang terkaya didunia saja tidak punya rumah mewah dan barang barang supermahal. Dia sangat sederhana dan lebih suka menyimpan uangnya dibandingkan berfoya foya untuk sebuah status social, dan terbukti dia bisa menjadi kaya raya.

Banyak belajar dan perluas pergaulan

Perbanyaklah belajar dan perluas pergaulan. Hal ini menjadi keuntungan kita untuk bekal menjadi kaya. Orang yang suka bersosialisasi dan belajar akan menjadi orang yang terbuka wawasannya dan lebih cerdas dalam berinvestasi. Pergaulan yang luas membantu bisnis berjalan dengan lancar. Banyak belajar melambangkan kepintaran kita dan orang suka dengan orang pintar karena bergaul menjadi lebih bermakna dan mengembangkan dirinya sendiri. Siapa tahu kan ketika kita banyak belajar dan membuka diri, tiba tiba ada teman yang menwarkan join bisnis, tentu saja ini sebuah tawaran yang menggiurkan dan bisa mendatangkan kekayaan bagi kita.

Berhemat

Hemat pangkal kaya. Ketika kita sudah menurunkan gaya hidup kita dan mulai berhemat, maka akan terlihat pengeluaran- pengeluaran kita akan semakin berkurang. Tentu saja ini sebuah penghematan yang berujung dengan sisa dana yang bisa diinvestasikan ataupun makin memperkaya diri kita. tidak usah malu ketika kita harus membawa bekal ke tempat kerja dibandingkan dengan harus membeli makananan di kantin tempat kerja yang pasti jauh lebih mahal dibandingkan kalo kita membawa sendiri bekal kita. itu hanyalah sebuah contoh bentuk penghematan dalam kehidupan sehari hari

Selalu berinvestasi

Perlu ga sih investasi itu? Oh sangat perlu jawabannya. Dengan investasi , dana bisa berkembang lebih cepat dibandingkan ketika dana diendapkan saja di tabungan. Bentuk investasi bermcam macam mulai dari paling konvensional yaitu deposito, emas maupun berinvestasi dengan return yang lebih tinggi di pasar modal dengan membeli produk produk seperti reksadana, obligasi maupun saham. Warren Buffet orang terkaya didunia mengkoleksi saham dari sejak kecil dan buktinya sekarang dia menjadi orang yang sangat kaya raya. Investasilah sedini mungkin demi masa depan yang lebih baik dan kekayaan yang berlimpah.

Sumber

#2019GantiGayaHidup #ubahcarapandang #gayahidupproduktif #menabung #yukinvestasi,



0
832
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan