stomsaAvatar border
TS
stomsa
Juara Umum Asian Games didominasi Oleh 2 Negara Saja, Bagaimana dengan Indonesia?

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi

Haloha! Selamat pagi, siang, sore dan juga malam para kaskuser sekalian. Jumpa lagi dengan TS "stomsa" di thread yang sederhana ini. Sebelumnya TS ucapkan selamat merayakan hari raya Idul Adha bagi kaskuser yang menjalankannya.



Acara pembukaan Asian Games ke 18 telah dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada tanggal 18 Agustus lalu. Opening Cermony yang sangat meriah membuat dunia kagum terhadap Indonesia.

Pesta olahraga terbesar se-Asia ini memang selalu dinantikan oleh para atlet maupun masyarakat. Asian Games sendiri diikuti oleh hampir semua negara yang ada dibenua Asia yakni 46 negara.Namun tahukah GanSis sekalian bahwa juara umum dari 18 kali perhelatan Asian Games hanya didominasi oleh dua negara saja. Negara tersebut adalah Jepang dan China (Tiongkok).



Jepang mulai mendominasi juara umum Asian Games dari pertama kali perhelatan Asian Games dilaksanakan yakni tahun 1951 hinga 8 kali berturut-turut sampai Asian Games yang ke 8 yaitu pada tahun 1978. Kemudian pada Asian Games yang ke 9 China sukses menghentikan dominasi Jepang menjadi juara di New Delhi, India. Hingga Asian Games yang ke 17 di Incheon, negara tirai bambu tersebut sukses menjadi juara umum sebanyak 9 kali berturut-turut emoticon-Wow. Sepertinya sih masih akan berlanjut dominasi China di Asian Games Jakarta, Palembang. Terbukti di awal pembukaan Asian Games atlet dari China sudah berhasil menjadi peringkat pertama dengan perolehan medali terbanyak dari negara lain meskipun mendapat saingan dari negara Jepang.


Uniknya, meskipun China lebih mendominasi juara umum daripada Jepang, ternyata perolehan medali Jepang lebih banyak dari China. Selama perhelatan Asian Games, Jepang berhasil memperoleh medali sebanyak 2.650 medali yaitu emas sebanyak 910 medali, perak sebanyak 904 medali, dan medali perunggu sebanyak 836 perunggu. Sedangkan China sendiri memperoleh medali sebanyak 2.553 dengan rician 1191 medali emas, perak 792 medali dan perunggu sebanyak 570 medali. emoticon-Wow


Indonesia gimana gan TS? Prestasi Indonesia ternyata cukup membanggakan di ajang Asian Games. Pada Asian Games ke 4 yaitu tahun 1962 yang dilaksanakan di Indonesia, Indonesia berhasil menjadi Runner-Up alias peringkat kedua dengan total 77 medali. Jika ditotal perolehan medali selama ajang Asian Games berlangsung, maka Indonesia berada diurutan ke 12 dengan total 407 medali. 

Kok gitu yak? Kenapa selalu didominasi oleh 2 negara tersebut? Jadi secara umum, negara elit atau negara maju lebih berprestasi dalam ajang olahraga. Kenapa begitu? Untuk menjadi atlit yang berprestasi tentu saja membutuhkan biaya yang mahal. Jika dibandingkan dengan negara yang belum pernah mendapat medali yaitu Maladewa, Timor Leste dan Bhutan tentu saja Jepang dan China menag telak dari segi pembiayaan dan pembenahan atlit.




Semoga Indonesia dapat memperoleh hasil yang terbaik di Asian Games yang dilaksanakan di negeri sendiri. Jangan lupa memberi doa serta dukungan kepada atlet kita yang sedang membawa nama negara.

Sekian dulu thread TS kali ini. Sampai jumpa di thread selanjutnya. Jika berkenan silahkan di rate emoticon-Rate 5 Stardan kirimkan ane cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for Ref:






Diubah oleh stomsa 22-08-2018 09:01
2
8.7K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan