Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OpenJuanAvatar border
TS
OpenJuan
Top 5 Pesan Tersembunyi (Easter Egg) yang ada di Games Travian !




Selamat Hari Raya Idul Adha bagi Teman – teman kaskus yang merayakan. Kali ini saya akan membahas pesan – pesan tersembunyi (easter egg) yang ada di dalam suatu games. Games yang kali ini saya bahas adalah Games yang berbasis web browser yaitu Travian. Mungkin kaskusers udah banyak yang kawakan sekali dengan games ini .

Sejarah


Travian Games merupakan suatu games berbasis web yang dimiliki oleh Travian Gmbh German. Developer games travian juga merupakan salah satu developer yang juga membuat beberapa games seperti crowfall, railnation, 4sight, Admiralls : Carribean empires dll. Nah games yang rata2 dibuat kebanyakan berbasis web sehingga dapat diakses berbagai negara. Travian merupakan salah satu game berbasis web mereka yang sangat populer hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia. Saya salah satu user yang sering bermain di berbagai server travian dengan ID bernama JCP, Amindo, linakero.

Travian games terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun dan terus memperbaiki bug ataupun perkembangan yang diinginkan oleh para pemain. Travian ini adalah salah satu games perperangan dimana kita diharuskan membangun desa atau kota sendiri , membentuk pasukan, membentengi desa, membangun infrastruktur dan berperang dengan desa yang ada di sekitar kita. Pada Tahun awalnya, travian itu hanya ada 3 suku yaitu romawi, galia, dan teuton dan seorang musuh abadi yaitu bangsa natars. Pada tahun berikutnya, ada penambahan 2 suku untuk server api dan pasir yaitu suku mesir dan suku hun. Perkembangan berikutnya adalah perubahan quest, perubahan map, perubahan gameplay dan perbaikan lainnya.

Pesan Tersembunyi (Easter Egg)


Pembuatan Travian tidak terlepas dari adanya pesan tersembunyi baik yang tersirat maupun tersurat. Pemain travian kadang tertawa sambil bingung dengan keisengan developer travian. Nah berikut saya jelaskan 5 hal mengenai easter egg yang ada di travian. Semoga menghibur.

1. Grafik Animasi lucu di Travian 4.2



Nah salah satu developer travian meninggalkan animasi unik yang bisa bergerak di bagian rally point travian (titik temu). Nah developer yang telah diketahui bernama marco itu meninggalkan gambar lucu yang dapat digerakkan pada travian 4.2. Keisengan developer travian ini menjadi viral di kalangan pemain travian internasional sehingga situs resmi travian di salah satu halaman media sosial mengakui ini sebagai easter egg yang ditinggalkan oleh marco untuk pemain travian 4.2. Nah cara untuk mengerakkannya juga tersembunyi yaitu dengan 2 langkah yaitu pertama klik pada troops. Langkah keduanya lagi dirahasiakan namun cluenya tidak jauh2 dari mengklik. Iseng banget yah sih marco ampe membuat animasi tersebut.

2.  Desa Multihunter



Nah di Games travian ada multihunter yang menjadi pemimpin permainan di travian. Tugas dari multihunter adalah mencari pemain – pemain yang menggunakan multi ID ataupun berbuat curang selama permainan (mendapatkan gold melalui referensi). Multihunter ini istilahnya sebagai wasit dalam permainan dan tidak ikut serta dalam gameplay perperangan yang diatur dalam games travian.  Lucunya adalah dimana multihunter juga mempunyai desa dengan populasi yang tidak besar. Ntah apa tujuan dibuatnya desa multihunter ini oleh developer. Desa multihunter ini tidak dapat diserang maupun dikirimi bantuan oleh para pemain. Desa multihunter juga tidak menyerang desa – desa pemain sehingga adanya desa ini merupakan keisengan dari developer travian. Pada beberapa tahun lalu, desa multi hunter ada 3 yang terbagi ke beberapa wilayah namun seiring perjalanan menjadi 1. Saya pernah disuruh melamar oleh salah satu multihunter karena sering melaporkan multi id pemain lain. Jadi menurut kaskuser desa ini kegunaannya apa yah?... wkwkwkwk. Saya sendiri kurang tau kegunaan dari desa multihunter ... mungkin pesan tersembunyinya adalah Wasit harus paham bagaimana sulitnya membangun populasi hehe.... agar tidak sembarangan ban.

3. Gencatan Senjata selama Libur hari raya.



Ini juga termasuk salah satu easter egg di travian. Travian itu khan permainan strategi perperangan dimana kita saling menyerang antar desa maupun antar aliansi. Di setiap hari raya besar seperti idul adha, waisak, lebaran ,  imlek, natal, tahun baru akan ada gencatan senjata 1 hari untuk seluruh pemain di travian. Saudara tidak bisa melakukan serangan pada hari H. Namun pemain travian terutama travianers Indonesia lebih pintar mengakali sesuatu. Mereka melakukan serangan pada h-1 ataupun h-2 dengan tiba serangan pada hari H. Disinilah pesan tersembunyi itu ada, dimana setiap serangan yang masuk pada hari H ke desa saudara maka laporannya menjadi “(nama desa penyerang) mengucapkan selamat hari raya aidulfitri, imlek dsbnya. “ Ini pesan tersembunyi yang tidak ada di dalam pedoman permainan travian lowh teman – teman. Di beberapa server penulisannya lebih keren yaitu “(nama desapenyerang) telah mengunjungi desa anda dan mengucapkan selamat hari raya”.

4.  1 Tikus hadiah menyelesaikan quest.



Pada travian server terdahulu, setiap pemain travian yang telah menyelesaikan quest yang ada di sudut kanan bwh akan mendapatkan 1 tikus bantuan dari travian. Ntah apa yang ada di benak para developer dulu dengan memberikan bantuan 1 tikus kepada para pemain. Tikus memiliki kemampuan pertahanan yang lemah dan hanya ada di Oasis serta tidak dapat dibuat. Pemberian tikus ini mungkin pesan tersembunyi dari travian agar berhasil melindungi yang terlemah atau mungkin hanya sekedar lucu – lucuan dari para developer.  Hal ini menyebabkan banyak pemain  rat hunter sewaktu itu yang bangga memajang hasil membunuh 1 tikus milik para pemain lainnya di profile idnya. Lucu banget kehadiran 1 tikus ini yang seringkali dianggap sebagai “piala” dalam desa pemain. Istilahnya kalau tikus anda tidak mati atau anda membunuh banyak tikus pemain lain maka anda adalah pemain yang hebat. Tikus menjadi piala di server travian waktu itu. Untuk update travian sekarang kehadiran tikus dsbnya sudah bisa didapat melalui perangkap. Owh tikus.... engkau ditakutkan di dunia nyata dan disayang di dunia travian wkwkkw.

5.  Perangkap Galia (Pesan agar bertarung dengan ksatria).





Ini dia nih yang menjadi keheranan, kelucuan hingga kebingungan dari saya sebagai pemain travian. Bangunan Ahli perangkap yang hanya dapat dibangun oleh suku galia cukup mengherankan dimana perangkap yang dibuat hanya dapat menangkap prajurit musuh tapi tidak dapat dibunuh. Jadi pilihannya adalah pemain travian hanya dapat melepaskan mereka dengan beberapa perangkap dapat diperbaiki. Sebenarnya cukup mudah bagi developer travian untuk memberikan fitur kill semua troops tapi ternyata tidak diberikan. Perangkap ini menjadi tempat bagi musuh untuk menitipkan troopsnya wkwkwk. Di balik itu semua mungkin travian ingin mengajarkan kepada para pemainnya untuk bersikap ksatria sehingga fitur membunuh tawanan tidak ada. Prajurit harus mati ketika bertempur bukan karena perangkap yang saudara buat.  Hal ini juga mengajarkan bahwa janganlah membuat perangkap (berbuat curang) karena tidak efektif dan bertarunglah dengan ksatria 1 lawan 1. Pesan tersembunyi ini mungkin tidak terlalu disadari oleh para pemain.

Nah itulah easter egg atau pesan tersembunyi yang ada di travian. Saya rasa beberapa hanya keisengan atau kelucuan yang dibuat oleh developer travian dan sisanya adalah mengajarkan hal sesuatu kepada pemain tanpa disadari.
Silahkan rate dan komen yang teman – teman.
 
Thank you


Sumber Gambar :

Google Images
Screenshot



Diubah oleh OpenJuan 22-08-2018 03:31
1
21.4K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan