Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MyNameIsUserAvatar border
TS
MyNameIsUser
Titik temu perjalanan sejarah Yahudi, Kristen, dan Islam, serta peradaban lainnya.


Walaupun berbeda, tak bisa dipungkiri Yahudi, Kristen, dan Islam memiliki sebagian kisah sejarah yang sama, dimulai dari turunnya adam ke bumi, cerita kapal nuh, serta sama-sama keturunan dari bapak monotheisme dunia Abraham/Ibrahim. Monotheisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu.

Adam

Adam berarti "saripati tanah" dalam bahasa Hebrew (Yahudi) asli, untuk menandakan bahwa ia diciptakan dari unsur-unsur tanah atau debu.
Adam hidup sekitar 5872-4942 SM dan dipercaya oleh agama-agama Samawi sebagai manusia pertama, bersama dengan istrinya yang bernama Eve (Hawa), mereka dianggap orang tua dari semua manusia yang ada di dunia.

Kitab Kejadian pasal 2-3menceritakan tentang Taman Eden bagaimana Tuhan menciptakan Adam dan Eve (Hawa), memerintahkan mereka untuk tidak memakan buah dari Pohon Pengetahuan, dan bagaimana mereka dikeluarkan dari taman tersebut setelah melanggar perintah-Nya, karena tergoda oleh ular.

QS Al-Baqarah: 35-36 Dan Kami berfirman: "Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan".

Cerita Sumeria Kuno (5000 SM) Dewa dihukum mati, dan tubuh dan darah-Nya dicampur dengan tanah liat. Dari materi itu manusia pertama diciptakan, dalam kemiripan dengan para dewa.
Manusia pertama ini diciptakan di Eden, kata Sumeria yang berarti “Tanah Datar”. Dalam Epos Gilgamesh, Eden disebutkan sebagai taman para dewa yang terletak di suatu tempat di Mesopotamia antara sungai Eufrat dan Tigris.

Nuh/Noah

Nuh (sekitar 3993-3043 SM) adalah seorang rasul yang diceritakan dalam Taurat, Alkitab, dan Al-Qur'an. Nuh diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM. Diperkirakan ia tinggal di wilayah Selatan Irak modern.

Kitab Kejadian pasal 6-9 menceritakan tentang banjir yang membinasakan setiap makhluk yang hidup di bumi dan perintah Allah untuk membuat kapal yang akan menampung Nuh, istri, anaknya, dan segala jenis hewan berpasangan agar selamat dari banjir.

QS. Al-Mu'minun: 27 Lalu Kami wahyukan kepadanya: "Buatlah bahtera di bawah penilikan dan petunjuk Kami, maka apabila perintah Kami telah datang dan tannur telah memancarkan air, maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis), dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka. Dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang lalim, karena sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

QS. Al-Haqqah: 11-12 Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu, ke dalam bahtera, agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.

Sumeria dan Suku Maya ternyata punya cerita juga tentang hukuman banjir besar yang melanda wilayah mereka.

Abraham/Ibrahim

Abraham hidup sekitar 2000 SM dan merupakan tokoh penting di Alkitab dan Al-Quran. Agama Yahudi dan Kristen mengakuinya sebagai patriarkh, sementara dalam tradisi Islam ia dikenal sebagai Ibrahim. Dalam tradisi agama Abrahamik, Abraham adalah bapak rohani dari banyak orang.

Kitab Kejadian pasal 22 menceritakan tentang Abraham yang diuji kesetiaannya oleh Allah untuk mengurbankan anaknya Ishak, lalu digantikan dengan mengkurbankan seekor domba.

QS As-Saffaat 102-107 Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".
Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya).
Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Daftar Nabi dari agama Abrahamik.



Catatan: para Nabi Yahudi Ortodoks menggunakan kriteria berbeda dalam menempatkan beberapa orang sebagai nabi, seperti Henokh yang tidak dianggap nabi dalam Yahudi.
Dalam kolom Islam, beberapa Nabi tidak disebutkan dalam Al-Qur'an, tetapi disebutkan dalam Hadits.


Musa

Musa lahir di Mesir 1527-1407 SM dan merupakan seorang nabi yang menyampaikan Hukum Taurat dan menuliskannya dalam Pentateveh/Pentateukh dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Ia diangkat menjadi nabi sekitar tahun 1450 SM. Ia ditugaskan untuk membawa Bani Israil (Israel) keluar dari Mesir.

Yesus/Isa

Yesus hidup sekitar sekitar 1 - 32M dan merupakan tokoh sentral Kekristenan. Menurut ajaran sebagian besar denominasi Kristen, Yesus dipandang sebagai Putra Allah (Anak Allah). Umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias (atau Kristus, Yang Diurapi) yang dinantikan.
Dalam Islam, Isa adalah nabi penting dan merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Dalam Al-Qur'an, ia disebut Isa bin Maryam atau Isa al-Masih. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 29 M dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina.

Muhammad

Muhammad lahir di Mekkah, 570 M – meninggal di Madinah, 8 Juni 632 M adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat Muslim.
Muhammad melewati masa kecil sebagai yatim piatu. Muhammad dibesarkan di bawah asuhan kakeknya Abdul Muthalib kemudian pamannya Abu Thalib. Beranjak remaja, Muhammad bekerja sebagai pedagang. Muhammad kadang-kadang mengasingkan diri ke gua sebuah bukit hingga bermalam-malam untuk merenung dan berdoa. Diriwayatkan dalam usia ke-40, Muhammad didatangi Malaikat Jibril dan menerima wahyu pertama dari Allah. Tiga tahun setelah wahyu pertama, Muhammad mulai berdakwah secara terbuka, menyatakan keesaan Allah dalam bentuk penyerahan diri melalui Islam sebagai agama yang benar dan meninggalkan sesembahan selain Allah. Muhammad menerima wahyu berangsur-angsur hingga kematiannya. Praktik atau amalan Muhammad diriwayatkan dalam hadis, dirujuk oleh umat Islam sebagai sumber hukum Islam bersama Al-Quran.


Spoiler for Penemuan Arkeolog:



0
4.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan