godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Waspadai! Bahaya Patah Hati Bagi Kesehatan


Ketika dilanda musibah, perpisahan, atau kehilangan orang tersayang, kebanyakan dari Gan-Sis akan merasakan sensasi patah hati, di mana rasa sedih yang besar datang dan mempengaruhi jiwa Gan-Sis. Tahukah Gan-Sis bahwa kondisi ini sebetulnya memiliki penjelasan ilmiah? Kondisi ini ternyata pertama kali diteliti pada tahun 1991, di mana sebuah penelitian di Jepang menemukan Takotsubo Cardiomyopathy, yang juga dikenal dengan nama broken heart syndrome, alias sindrom patah-hati. Kondisi ini antara lain ditandai dengan rasa nyeri pada dada dan sesak napas yang dipicu oleh pengalaman atau kejadian tragis dalam hidup Gan-Sis. Untuk lebih mengenalnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Broken heart syndrome



Sejatinya, broken heart syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan keluhan yang dirasakan ketika mengalami patah hati. Ketika Gan-Sis mengalami kondisi ini, akan terjadi pengembungan pada satu sisi jantung sehingga jantung berukuran tidak normal, karena adanya lonjakan hormon stres yang diakibatkan karena patah hati. Tentunya, hal ini akan membuat fungsi jantung terganggu dan hasilnya, jantung Gan-Sis tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kondisi jantung yang tidak normal inilah yang kemudian menyebabkan Gan-Sis merasa nyeri pada dada dan sesak napas. Gejala dari sindrom patah-hati ini sebenarnya cukup mudah diatasi, dan dalam beberapa hari atau minggu, kondisi Gan-Sis sudah akan kembali seperti biasanya. Dan pada jangka waktu tersebut, biasanya Gan-Sis sudah bisa move-on, kan?

Apa saja sih penyebabnya?



Seperti yang dijelaskan sebelumnya, broken heart syndrome disebabkan karena adanya peristiwa traumatis yang dialami seperti perpisahan atau kehilangan seseorang yang disayangi. Meskipun begitu, hingga saat ini para ahli kesehatan belum berhasil menemukan penyebab pasti maupun hubungan sindrom ini dengan patah hati. Pengaruhnya terhadap perubahan ukuran jantung menjadi abnormal pun belum ditemukan. Meskipun begitu, perlu Gan-Sis ketahui bahwa 75% dari keseluruhan kasus broken heart syndrome dialami oleh wanita dan hanya sisanya -sebanyak 25%- yang dialami oleh pria.

Lalu, apa saja gejalanya?



Nah, harus Gan- Sis ketahui bahwa sindrom patah-hati ini memiliki gejala yang hampir sama seperti penyakit jantung, seperti :

  1. Dada terasa nyeri dan napas terasa sesak dan hal ini terjadi meskipun Anda tidak memiliki penyakit jantung dalam keluarga
  2. Ritme atau detak jantung menjadi tidak teratur
  3. Untuk beberapa kasus yang jarang sekali terjadi, rasa nyeri dan sesak bisa disertai dengan perasaan mual dan muntah
  4. Lho, apa bedanya broken heart syndrome dengan penyakit jantung?

Nah, karena memiliki gejala-gejala yang hampir sama, banyak orang yang salah menduga dirinya terkena penyakit jantung. Jangan salah! Pemikiran tersebut tidaklah benar, sebab nyatanya broken heart syndrome memiliki gejala yang berbeda dengan penyakit jantung. Mereka yang mengalami broken heart syndrome memiliki arteri koroner normal, tanpa penyumbatan dan pengumpalan dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Jantung menjadi bermasalah bukan karena sakit, melainkan karena munculnya hormon stres yang mempengaruhi kondisi emosional atau fisik Gan-Sis akibat terjadinya suatu peristiwa tragis.

Untuk lebih pastinya Gan-Sis bisa melakukan pemeriksaaan di rumah sakit. Dokter akan melakukan tes Elektrokardiogram (EKG) dengan mencatat aktivitas listrik jantung. Hasil dari EKG ini akan menentukan apakah Gan-Sis terkena penyakit jantung atau tidak. Selain itu, jika Gan-Sis maupun dokter Gan-Sis masih ragu, mungkin akan diperlukan pula pemeriksaan darah dan angiografi.

Dapatkah kondisi ini terulang kembali ?



Atau lebih tepatnya, bisakah Gan-Sis patah hati kembali? Hmmm.. Sejatinya, setiap orang memiliki kemungkinan 10% – 15% untuk kembali mengalami broken heart syndrome. Sindrom ini bisa terjadi secara berulang, yang disebabkan karena hal-hal yang berbeda seperti patah hati, kehilangan seseorang yang dicintai karena musibah, perasaan tertekan, dan stres yang berlebihan.

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
897
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan