TheNinetiesKidAvatar border
TS
TheNinetiesKid
Begini wujud handphone di tahun 1979. Ribet gan!
Di era digital ini, handphone merupakan keperluan yang paling dasar di kehidupan sehari-hari kita. Hampir semua orang dari berbagai generasi dan tingkat sosial sudah memiliki handphone mereka sendiri. Berkomunikasi menjadi sangat mudah dengan adanya handphone. Tapi, ketika berada di tangan yang salah, benda ini dapat membawa bahaya. Misalnya, ada seseorang yang sedang menyetir tapi juga sibuk bermain dengan handphonenya, entah itu untuk mengirim SMS, atau merekam video untuk di post di Instagram, semuanya sama-sama berbahaya. Tidak sedikit orang yang seperti ini. Mungkin anda salah satunya.

Handphone mulai digunakan masyarakat awam di awal tahun 90an. Itupun tidak sembarang orang yang bisa memilikinya. Biasanya para pejabat kantoran yang biasa terlihat menggenggam handphone, untuk mempermudah keperluan bisnis mereka. Tapi handphone sudah mulai dirancang jauh sebelum itu. Telepon yang bisa dibawa kesana kemari tanpa adanya batasan jarak dari kabel tentunya terdengar begitu menarik. Di cuplikan dariTomorrow's World (acara saluran TV BBC yang isinya adalah review teknologi-teknologi terbaru) ini, penonton dipertunjukkan dengan prototype handphone dari tahun 1979.





Tentu saja, istilah handphone atau mobile phone belum digunakan pada saat itu. Prototype ini disebut dengan nama walkabout phone oleh perancangnya. Bentuknya? Sama seperti telepon rumah biasa, dengan kabel pendek yang disambungkan ke radio transmitter, yang semuanya harus dibawa-bawa oleh pemakainya. Untuk nomornya, telepon ini menggunakan tombol dial model putar khas jaman dulu. Memang terlihat rumit, namun harus diingat lagi bahwa ini hanyalah sebuah prototype

Banyak yang mendukung pengujian telepon genggam ini, tapi banyak juga yang meragukannya. Alasannya, mereka bingung mengapa harus membuat telepon jenis baru jika telepon rumah yang sudah umum tidak memiliki masalah dalam penggunaannya. Tanpa mereka ketahui, 39 tahun kemudian, telepon jenis baru itulah yang menjadi pilihan utama, dan meskipun masih cukup banyak dipakai, telepon rumah telah mulai ditinggalkan.

Jika ingin menonton langsung penjelasan dan uji coba pemakaiannya, ini videonya.
Spoiler for Tomorrow's World:

3
10.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan