nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Naik Motor Kepanasan? Kini Ada Pendingin Helm


Salah satu kendala mengendarai sepeda motor adalah saat cuaca panas. Tingginya suhu akhir-akhir ini membuat pengendara bisa kesulitan berkonsentrasi saat berada di jalan.

Saat tiba di tempat tujuan pun, seperti keluar dari kamar mandi. Kini masalah tersebut bisa teratasi.

Perusahaan India BluArmor, anak perusahaan dari AptEner Mechatronics, akan meluncurkan sistem pendingin helm BluSnap. Perangkat yang dioperasikan dengan baterai yang mengalirkan udara sejuk ke helm Anda.

Meski tampilannya akan lebih besar dan berbeda dari sifat aerodinamis helm pada umumnya, tapi kepala yang dingin akan lebih baik saat mengedarai kuda besi Anda.



Sistem BluSnap akan dibanderol sekitar 25 dolar AS atau sekitar Rp337 ribuan dan terdiri dari reservoir air, kipas angin listrik, radiator kecil dan saringan udara. Idenya adalah menggunakan efek penguapan air pada radiator untuk meniup wajah dengan udara dingin, mirip dengan apa yang terjadi saat tubuh berkeringat.

Sebagai informasi, penguapan air merupakan reaksi endoterm, yang berarti proses ini menyerap panas saat terjadi. Oleh karena itu, kita berkeringat saat panas untuk mendinginkan tubuh.

Hal yang sama terjadi di dalam BluSnap namun dengan kipas tambahan, menyalurkan udara dingin ke helm Anda. Produser memperkirakan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penurunan suhu antara 6 sampai 15 derajat celcius.

Tentu saja, itu tergantung pada seberapa banyak kelembaban di udara di sekitar Anda, yang secara alami akan mempengaruhi penguapan secara negatif dalam iklim dengan kelembaban tinggi.

Pengujian yang dilakukan pada musim panas lalu di berbagai lokasi di India menunjukkan bahwa di Bangalore, BluSnap mampu memberikan aliran udara
saat kondisi luar 41 derajat celcius. Tampaknya dalam kondisi seperti itu, perangkat akan meniup udara di helm Anda pada suhu 31,1 derajat C, bukan 25,2 C.

Belum ada data tentang berat perangkat, namun seharusnya cukup ringan karena terlihat hanya menggunakan tali mirip goggle untuk tetap terpasang pada helm. Filter tersebut dikatakan memiliki sifat antibakteri, sedangkan baterai diperkirakan bertahan hingga 10 jam tergantung kondisi.

Mengisi tangki air disarankan sebelum naik masing-masing dan harus bertahan selama 2 jam.

Perangkat itu sendiri hanya tersedia warna hitam tapi ada beberapa tali pengikat yang berbeda yang bisa dipilih, dan keseluruhan alat yang sudah tersedia untuk preorder dan pengiriman diharapkan mulai 15 Maret tahun ini.

https://www.suara.com/otomotif/2018/...pendingin-helm

COCOK BUAT PARA KREDITERS emoticon-Leh Uga

AKU JUGA MAU BELI KALO GITU emoticon-Cool
0
4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan