CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Target Pajak Gagal, Jokowi Salahkan Shadow Economy
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7e487f1a9975f7508b4567/target-pajak-gagal-jokowi-salahkan-shadow-economy

Target Pajak Gagal, Jokowi Salahkan Shadow Economy

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintahan Joko Widodo menyebut shadow economy yang tinggi menjadi salah satu penyebab tak tercapainya target pajak.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Nota Keuangan beserta RAPBN 2019 di Gedung MPR/DPR pada Kamis (16/8). Dia menuturkan sejumlah sebab tak tercapainya pajak, di antaranya adalah kinerja perekonomian domestik yang tumbuh moderat.

Hal itu, demikian Presiden, membuat pemerintah bersikap hati-hati untuk menghimpun penerimaan pajak. Selain itu ada pula perubahan perilaku pelaku usaha macam perkembangan usaha secara daring, rekayasa keuangan yang kian kompleks dan terintegrasinya perdagangan global dan regional.

Selain itu, pemerintah juga mengidentifikasi tak tercapainya target pajak selama ini, akibat adanya shadow economy. Secara umum, hal itu berarti kegiatan ilegal yang sengaja dilakukan untuk menghindari kewajiban administratif dan perpajakan.

Jokowi menyatakan shadow economy merupakan salah satu sektor yang sulit dikenakan pajak. "Baik dari usaha legal maupun ilegal yang sengaja dilakukan untuk menghindari kewajiban administratif dan perpajakan," kata dia dalam pembacaan nota tersebut.

Jokowi pun mengutip penelitian yang menyatakan shadow economy di negara berkembang macam Indonesia bisa memberikan kontribusi sebesar 30-40 persen untuk Produk Domestik Bruto (PDB). Persentase tersebut, kata dia, merupakan cerminan potensi kerugian negara dari sektor pajak yang diakibatkan shadow economy.

"Untuk itu diperlukan penggalian potensi pajak untuk mendapatkan penambahan WP dari aktivitas shadow economy," kata dia.

Kekayaan Tersembunyi

Di sisi lain, pemerintahan Jokowi juga menyebutkan sejumlah faktor yang memengaruhi kegagalan pencapaian target pajak. Pelbagai faktor itu adalah lemahnya kepatuhan Wajib Pajak, struktur penerimaan pajak yang tak berimbang, rendahnya indikator penerimaan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi, serta rumitnya administrasi perpajakan.

Kementerian Keuangan mencatat realisasi pencapaian perpajakan pada 2016 mencapai Rp1.285 triliun yang kemudian meningkat 4,6 persen menjadi Rp1.343 triliun pada 2017.

Selain itu, pemerintah juga menyebut penerapan Automatic Exchange of Information dan kewenangan Ditjen Pajak untuk mengakses informasi keuangan juga dapat menjadi sumber risiko fiskal lainnya. Hal itu terkait dengan bagaimana upaya tersebut dapat dilakukan secara profesional pemerintah dan tak menimbulkan resistensi dari masyarakat.

"Hal itu dapat mengurangi fenomena hidden wealth untuk menghindari pajak, namun perlu dilakukan secara profesional dan kredibel," demikian pemerintah.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...shadow-economy
Halaman 1 dari 3
si kodok keok lawan FJB kaskus emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Hmmm.... gara2 shadow clan nih..
ini orang gk bisa pake cara lain selain cari kambing hitam apa ya ?
Lantas gw maren nebus teks amnesiong 80jeti cuma buat beli mug busuk kelas asemka ?

Muke gile ..
Pernah baca emang transaksi online bernilai triliunan perhari, Dan ga terjamah pajak. Cem yg jualan di instagram dll. Potensi pajaknya bisa puluhan-ratusan triliun pertahun

Ada kemajuanlah nyebut shadow economy, daripada terus2an bawa esbeye
Diubah oleh Jalan Cinta
Target Pajak Gagal, Jokowi Salahkan Shadow Economy
Target Pajak Gagal, Jokowi Salahkan Shadow Economy

udah sedari doeloe emoticon-Ngakak

otak ama bacot emang suka ga sinkron kl yg satu ini
Udah jangan dipalakin mulu pak, ntar ekonomi tambah jeblok
Dunia memang lg kontraksi,, beda ma wktu 10tahunan yg lalu, gk indo gk ausi, us, cina dsb, semua lg koreksi dan konsolidasi, dlm jgka waktu 5thn lg siapapun presidennya akan merasakan panennya
Diubah oleh xrm
Ngga usah kejar2 pajak melulu pak. Ekonomi lg seret semuany mau dipajakin nanti malah tambah nyungsep.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balasan post tristan99
Quote:


setelah ta pajak lagi gila gilanya, denda siap mengintai
pdhal ud da solusi

masi ja.kejar pajak si kowi emoticon-Bingung

Target Pajak Gagal, Jokowi Salahkan Shadow Economy
emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
dalam sebuah penentuan TARGET ketika di hasil akhir akhir tidak sesuai maka seyogyanya lakukan evaluasi , hal hal apa yang menajdi penyebab ... dalam hal ini coba dipahami kalimat ini ... " SALAH SATUNYA " ... ... artinya penyebabnya gak cuma 1 hal ... tapi kadang ada beberapa orang yang kurang paham akan hal tersebut ... ... emoticon-Cool
Master of shadow puppets has speaking..!!!
please bring back dollar to 10.000/rupiah
lalu apakabar paket ekonomi berjilid2..
mau nyalahin beye udah g bisa, soalny udah ampir 5 taun
pajak haram gak gan?
masih ada kambinh item ya ..... padahal abis qurban emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di