CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kesal Volume Ekspor Tertinggal di ASEAN, Jokowi Salahkan Kemendag
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7e32eaddd7709a5d8b4567/kesal-volume-ekspor-tertinggal-di-asean-jokowi-salahkan-kemendag

Kesal Volume Ekspor Tertinggal di ASEAN, Jokowi Salahkan Kemendag

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak puas dengan kinerja ekspor Indonesia selama ini. Ia meminta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengevaluasi upaya pemerintah dalam meningkatkan nilai perdagangan tersebut.

"Setelah pembukaan (Raker) tolong Pak Menteri secara detil dievaluasi dan apa yang harus dilakukan. Jangan raker tapi tidak memunculkan sesuatu yang baru dan tidak memunculkan ide baru, gagasan baru," kata Jokowi saat pidato pembukaan rapat kerja Kementerian Perdagangan 2018 di Istana Negara Jakarta.

Jokowi membandingkan nilai ekspor Indonesia yang tertinggal dibanding negara tetangga di ASEAN. Nilai ekspor Indonesia pada tahun lalu sebesar US$ 145 miliar, masih kalah dengan Thailand yang ekspor mencapai US$ 231 miliar, Malaysia US$ 184 miliar dan Vietnam US$ 160 miliar. "Negara sebesar ini kalah dengan Thailand," katanya.

Pasalnya, menurut Jokowi, Indonesia dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar punya potensi sangat besar terkait ekspor. "Resources dan SDM yang sangat besar, kita kalah. Ini ada yang keliru dan harus ada yang diubah," ucapnya.

Presiden Jokowi lalu menyebut institusi Kementerian Perdagangan sebagai pihak yang paling bertanggung jawab akan kinerja ekspor tersebut. "Ini tanggung jawab saudara sekalian," tuturnya.

Di awal pidatonya Jokowi mengingatkan bahwa ia berulang kali telah menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi hanya didorong oleh dua hal, yakni investasi dan ekspor. "Bagaimana kita bisa meningkatkan investasi dan meningkatkan ekspor. Hanya itu, gak ada yang lain," katanya. "Oleh sebab itu Kementerian Perdagangan sangat berperan sekali terutama di satu hal ekspor."

Dalam pembukaan rapat kerja Kementerian Perdagangan ini beberapa menteri dan kepala lembaga hadir mendampingi Jokowi, diantaranya Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Selain itu juga ada Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko.

https://bisnis.tempo.co/read/1056018/kesal-volume-ekspor-tertinggal-di-asean-jokowi-salahkan-kemendag/full?Paging=Otomatis
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Hoax tuh, jaman joko semua meroket, utang produktif kata nastak dungu. Dollar nguat bagus buat exksproot.
Emang ga ada nastak yg pinter.
Yang penting meroket gan

















Importnya emoticon-Leh Uga
KInerja kemendag perlu di evaluasi lagi.
Yg dibilang Jokowi sdh benar. Sebagai pimpinan, dia sdh memfasilitasi apa yg dibutuhkan oleh kemendag. Tugas kemendag utk mengeksekusinya. Nyatanya ekspor kita memble.
Kalo ini kejadian ditempat ane, gua kasih warning ni mendagnya....
wew udah dapet kambing item nya.... orang nasiadem lagi ... bewok gimana ini mentrinya disalahin
Quote:


iya kalo elo .... kalo jokowi ... ya nunggu bewok lah .... atau simbok ... mana pernah jokowi ambil keputusan strategis
Quote:


Enak bgt lo Jok, kerjanya cuma nyuruh orang mikir, presiden ongkang-ongkang kaki
nyari kambing hahaha
wkwkwk negurnya telat pak dah mau selesai jabatan 😂😂.kyke hbis dpt twet pak rizal ramli
Diubah oleh superman313
Panggil programer 2 minggu kelar
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
itu mentri yang dulu pernah nyuruh taman cabe sendir dirumah, sama bilang telor mahal karena piala dunia


super sekali
Mempertahankan kestabilan ekonomi dan politik warisan sby aja kaga mampu. Malah mau 2 periode,
emoticon-Big Grinemoticon-Busaemoticon-Tai
Yang satu Planga Plongo

yg satu Menlen Gilak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yg begini kok ngomong ke media pak, ngsin ngisini

mbok ya ditegur langsung menterinya kan punya no hpnya atau panggil langsung ke istana, tegur kalau masih mbandel ya pecat, kan menteri cuma pembantu presiden terserah presiden mau di pakai lagi atau enggak
perlu ganti mentri yg baru kah??
Quote:


Rugi dong klo gak diliput media
september meroket bree,, sabar sebentar lagi september emoticon-Wakaka
wajar teringgal
dimana2 banyak pungli
sehingga barang jadi mahal
september entar meroket ngak ini?
Roket akan meluncur dalam hitungan hari


emoticon-Leh Uga


#septembermeroket
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di