hijongAvatar border
TS
hijong
Main Sampai Jauh - LOMBOK

Pergilah hasta demi hasta, sampai jarak tak lagi dapat kau tempuh. Sampai kau rindukan pulang.
-Pijong


emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)


Kalau ngomongin destinasi wisata di indonesia emang ga ada abisnya. Semakin jauh kaki melangkah, semakin banyak juga tempat baru untuk di kunjungi. Makanya prinsip ane buat travelling adalah "kelarin dulu negeri sendiri yang kaya raya ini". Salah satu tempat yang memanjakan mata dan menenangkan jiwa adalah Lombok. Ini menurut ane ye gan.


LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT.


Well sebelumnya, mari doakan terlebih dahulu saudara saudari kita yang terkena musibah di Lombok.

Dulu, sebelum bandara internasional Praya di bangun. Main ke lombok adalah suatu tantangan.

Kenapa gitu ? Karena harus menempuh jalur darat dan laut dari bali yang cukup memakan waktu, berlaku untuk tukang backpacker seperti ane hehehe. Sebenernya sih dulu udah ada pesawat kecil dari Bali, tapi rute dan jadwalnya terbatas. Beruntunglah wahai anak muda yang hidup di tengah perkembangan negara kita yang cukup pesat. Saat ini Lombok sudah punya bandara yang cukup besar dan bersih. Yang tentunya terdapat banyak pilihan maskapai dari berbagai rute, yang siap mendaratkan anda sampai ke Lombok dengan selamat. Tidak lupa setiap maskapai suka bagi-bagi diskon perjalanan, liburan menjadi semakin mudah bukan ?

Keluar dari bandara, sudah banyak taksi-taksi yang siap mengantar kita berkelana. Selain taksi ada juga bus seperti damri dengan beberapa tujuan. Kalo bingung, pegangan ! Bukan...kalo bingung, sudah banyak juga travel guide yang ramah-ramah, cekatan menawarkan harga, dan menjelaskan berbagai destinasi untuk para pelancong. Terus gimana kalo yang budgetnya tipis dan pengen melancong sendiri bermodalkan GPS dan rasa penasaran yang tinggi doang ? Bisa! Sewa aja motor, harga sewa perharinya sama kaya di Bali. Tapi kalau mau sewa mobil, enaknya sih sama supir sekalian. Jadi tinggal duduk manis dan sebut kemana tujuan kita.

Petunjuk jalan ke berbagai arah di kota Lombok lumayan jelas. Apalagi dengan adanya GPS semua jadi terasa mudah. Sinyal yang bagus adalah telkomsel dan xl. Selain itu, agak sulit mendapat sinyal a.k.a bapuk gan. Terutama di daerah Tanjung dan Gili.

Biar ga bosen bacanya.

Poin plus dari sulit sinyal adalah kita menjadi menikmati liburan, poin minusnya adalah jadi susah update. Kan niat liburan 60% memanjakan diri, 20% ngabisin duit dan 20%nya adalah buat pamerhahaha. Di Lombok jangan takut nyasar, karena pepatah malu bertanya sesat di jalan memang benar adanya. Tanya-tanya aja sama penduduk lokal, mereka ramah-ramah dan ga akan nyasarin kita. Kalaupun kalian tersesat, mungkin kalian misscom. Ente pake bahasa indo, yang ditanya pake bahasa sasak. Ya udah bye...

Yang membahagiakan kalo berkendara di Lombok tuh, jalanannya mulus terus lebar. Lampu merah ada tapi cuma dikit, udah gitu bentar. Kalo ente orang Bandung apal kan lampu merah daerah Soetta ? Ente bisa berfotosintesis dulu buat nunggu berubah jadi ijo. Lombok mah macet aja kaga, tapi apa gue sotoy ya bagian ini. Soalnya tipa kemana-mana selama di Lombok ga pernah nemu macet. Tapi sayangnya, karena jalannya mulus bin lebar, banyak orang ngebut-ngebut. Apalagi bule, udah mah bawa papan seluncur. Helm cuma asal nempel di kepala. Eh dia ngegas ampe full.

Buat tempat nginep sih, banyak banget pilihanny. Dari yang kelas melati sampai yang berbintang. Of course tergantung dari budget dan lokasi, untungnya sih tiap kali ane ke Lombok dan nginep di beberapa tempat. Hampir semua kamar dari yang kelas melati sampe bintang, dapet bonus sarapan ya meskipun cuma roti bakar, cukuplah ya buat nebelin jigong.

Ane sempet ngobrol sama pelancong yang mesen hotel lewat aplikasi. Terus banyak yang kecewa gitu, gara-gara foto fasilitas hotel beda sama kenyataan. Padahal fotonya no filter needed dan ga pake B612 (mabok !). Hahaha Jadi mereka lebih memilih nyari hotel on the spot atau ngehubungin hotel yang udah pernah mereka datengin sebelumnya.

Tapi nih kalo ane pribadi, belum pernah ngalamin kaya gitu. Mesen lewat aplikasi tetep dapat yang bagus, begitulah rejeki anak soleh hehehe. Lagian kalo aplkasi cucok meong, pelayanan sama fasilitasnya tinggal diliat dari rating sama reviewnya kan ya. Nah kalo soal harga penginapan, ane pernah iseng bandingin. Murah mana mesen jauh-jauh hari via aplikasi sama harga on the spot ? Dan jawabannya adalah, malah murahan on the spot (tapi ya ga semua penginapan cuy). Kunci dapet harga murah adalah ya tentu saja jago nawar, pede buat PDKTin penjaga penginapan, dan sopan. Jurus ini hanya berlaku untuk kelas melati, ya kali ane nawar kelas bintang.

Kalo soal makanan, jangan takut susah cari makan ya. Soalnya sekarang banyak banget pilihan tempat makan, warung nasi juga udah banyak dengan harga murah dan enak. Pokonya kelas mahasiswa backpacker masuk banget deh harganya. Nah waktu ane mau main ke Sembalun, ane sempat makan di salah satu warung makan di daerah Tanjung - Lombok Utara, nama tempat makannya Tanjung Rasa. Nih gan cekidot.

Makanan disini enak parah !!!

Sape tau agan mau ke arah Utara dan lewat sini, wajib banget makan dimari. Ane waktu itu makan disini berdua cuma 54 rebu (ini awal tahun 2017 ya guys mungkin sekarang naik), bisa ngambil nasi sepuasnya. Dapet beberapa lauk juga, terus dapet bonus sop ikan yang ane ga ngerti masaknya pake cinta segimana banyak. Soalnya sop ikannya enak banget, bentuk potongan ikannya kaya kakap. Potongan dagingnya tebel dan ga amis sama sekali.
Terus di Tanjung Rasa ini ada es kelapa yang seger baget. Mirip kaya es kuwut tapi ga pake tambahan buah. Pure air kelapa, daging kelapa muda (beneran muda), sama peresan jeruk nipis.

Tempat makan lain yang menurut ane patut di coba adalah, tempat makan ikan bakar di sepanjang pantai Nipah.

Setiap makan disini ane ga bisa berenti amaze sama lautnya.

Ikannya seger-seger dan montok, makannya pake nasi panas dan sambel terong bakar. Ritual makan semakin spekta soalnya...liat aja fotonya gansis. Itu ane foto dari tempat ane makan, kurang keren gimana makan dideket pantai seindah itu. Makan ikan pinggir pantai pasti mahal ? Kalo di Jimbaran sih iya. Disini murah sih waktu taun 2017, ane makan bertujuh mesen 2 ekor ikan (ga tau jenisnya huhu) tapi ukurannya gede banget. Ada kayanya segede mimpi aku untuk bisa bersamamu. Terus ngabisin 2 bakul nasi, 4 porsi sambel terong bakar, dan 1 teko teh manis cuma 188 ribu.

Kuliner lain yang wajib dicoba pas gansis di Lombok adalah sate bulayak, harga perporsi cuma 15 ribu udah dapet 10 tusuk sate dan lontong.

Ini sate bulayak, ane beli di daerah Ampenan. Agak goyang fotonya karena ane lagi laper banget.

Sate bulayak bukan sate daging-dagingan, satenya dari berbagai jeroan, beda dengan sate rembiga yang isinya potongan daging. Bumbu sate bulayak beda sama sate yang biasa, ga pake bumbu kacang kecap. Ga tau juga itu di kasih bumbu apa, yang jelas kaya rempah dan khas banget. Biaya makan di Lombok (ga termasuk Gili) kebilang murah, 10-25 ribu udah kenyang.

Tapi ada bagian sebel waktu liburan terakhir ke Lombok. Soalnya beberapa pantainya jadi banyak sampah. Terutama sampah kresek dan bekas minuman kemasan.

Ini waktu ane di pantai Seger, keliatan kan di bawah kaki ane banyak sampah plastik.


Wisata alam di Lombok ga melulu pantai loh, meskipun emang keindahan pantainya buat and pribadi emang jadi magnet nomer satu yang ga boleh dilewatin. Ada banyak air terjun yang lagi hits di medsos dan wajib buat di sambangin. Ada air terjun Gangga, Tiu Kelep, Kelambu dan lainnya.

Ini air terjun Tiu Kelep, ane sih belum pernah kesini hehehe. Ini foto nyimit dari gugel.

Jangan lupa juga ke bukit Sembalun arahnya ke gunung Rinjani. Ngomongin Lombok ga afdol kalo ga mampir ke desa adatnya, salah satu yang terkenal adalah Desa adat Sade Suku Sasak.

Pas banget lagi ada yang nari waktu mampir di Sade.

Disana kita bisa liat tarian tradisionalnya, rumah adat, dan cara menenun. Apa yang menarik dari Desa Sade ? Adalah rumah adatnya, karena bangunannya dilumurin sama kotoran kerbau. Tapi ga kecium bau apa-apa sih waktu kesana.

Kalo ke Gili Trawangan, Meno dan Air kita nyebrangnya lewat pelabuhan Bangsal, tiket nyebrang 25 ribu pake kapal motor. Setiap kapal bakal berangkat kalo udah keisi penuh kaya angkot gitu, kira-kira kapalnya nampung 30-40 orang. Ya namanya juga kapal motor, mesinnya bisa tiba-tiba mati pas lagi di tengah laut. Kalo matinya bentar rasanya sih seru, goyang-goyang kena ombak. Tapi kalo itu mesin matinya lama, ya serem juga. Kalo gansis mau cepet bisa naik fast boat juga dari pelabuhan Bangsal, harga tiket kisaran 100-150an.

Nah ada juga beberapa pura yang bisa di datengin. Kalo bosen sama tempat yang gitu-gitu aja, gansis bisa main perosotan di parit. Macem naik perosotan di water boom tapi ini versi "lebih dekat dengan alam", tempatnya di saluran irigasi Desa Priggarata, Lombok Tengah. Anw, tiket masuk ke setiap tempat wisata murah banget bahkan ada yang gratis. Itung-itung cuma bayar parkir aja.

Kalo gansis berencana ngabisin beberapa waktu di Gili Trawangan dan Gili lainnya. Ada tips hemat dari ane, yaitu beli lah makanan dan minuman sebanyak-banyaknya sebelum anda nyebrang ke Gili. Karena semua makanan dan minuman disana harganya jadi berkali-kali lipat. Ya wajar sih jadi mahal, orang harus nyebrang laut dulu. Kalo nyari tempat makan murah di Gili Trawangan, bisa ke warung Dewi tempatnya masuk ke gang (tanya-tanya aja). Kalau tempat nginep yang bersih, murah, dan bonus sarapan, bisa coba ke Ricel Homestay cuma 250an. Ini juga masuk dulu ke gang dan agak susah di temuin, tapi worth banget. Karena stafnya ramah banget, dapet welcome drink yang seger banget, kamar tidur dan kamar mandinya bersih dan wangi, terus sarapannya bisa milih.
Sarapannya di kasih menu roti panggang sama minuman, bisa milih topingnya mau asin atau manis. Kalau mau sewa sepeda bisa minta tolong cariin ke stafnya, harganya 75 ribu satu sepeda. Tapi berhubung ane demen nawar, dapetlah dua sepeda cuma dengan 90 rebu hehehe. Kalo mau snorkling di Gili Trawangan, coba di deket La Moomba. Disana sepi, pemandangan bawah lautnya juga bagus. Sewa alat snorkling di Gili Trawangan cuma 50 ribu, dari pertama ke Gili tahun 2009 sampe sekarang harganya segitu. Kalau mau cari pantai yang sepi ane saranin pergi ke arah La Moomba ini. Tapi kalau mau yang rame perginya ke arah Hotel Ombak Sunset yang terkenal dengan ayunan pinggir lautnya ituloh. Kalo mau foto-foto di ayunan hits ini harus antri ya.

Ngetik ini tetiba pengen liburan dan jadi kangen Lombok.
Sekian dulu cerita jalan-jalan ane di Lombok, semoga sedikit banyak bisa ngasih gambaran buat yang mau liburan kesana.

Quote:
Diubah oleh hijong 22-08-2018 17:48
0
7.2K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan