Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wolfvenom88Avatar border
TS
wolfvenom88
Gondol Devisa Ekspor, Darmin Bujuk Pengusaha
Sumedang Media, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution terus membujuk para pengusaha untuk membawa pulang Dana Hasil Ekspor (DHE) ke dalam negeri, tentunya hal ini untuk menyelamatkan defisit transaksi berjalan yang nyaris tembus 3%.

Dan yang terpenting dan sedang dilakukan Pemerintah saat ini ialah membangun pengertian dan kesadaran dari para pelaku usaha dalam usaha perbaikan ekonomi Indonesia.

"Kita perlu sekali agar Dana Hasil Ekspor itu masuk ke dalam ekonomi kita, oleh karena itu kita perlu berdialog dengan para pelaku usaha," kata Darmin seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi, Sabtu (18/8/2018).

Saat ini memang tidak semua Dana Hasil Ekspor (DHE) yang masuk ke Indonesia dikonversi menjadi Rupiah. “Dari 80-81% Dana Hasil Ekspor, hanya 15% yang ditukarkan ke dalam mata uang rupiah,” ungkap Darmin. Oleh karenanya, dialog semacam ini diharapkan dapat meningkatkan pengertian antara Pemerintah dan Pelaku Usaha.

Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Kondisi perekonomian dunia yang tengah mengalami tekanan global mengharuskan adanya sinergi yang padu antara pemerintah, Bank Indonesia, serta para pelaku usaha.

"Menjaga stabilitas ekonomi, dengan menaikkan SBI 25 basis poin merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah. Disamping itu, (juga dengan) mengurangi proyek pemerintah yang memiliki kandungan impor tinggi. Koordinasi akan terus dilakukan untuk memperkuat perekonomian dalam negeri," tegas Perry.

Tingkatkan Pariwisata Melalui KUR Pariwisata Disamping itu, pemerintah tengah menyusun kebijakan jangka pendek dan jangka menengah dalam meningkatkan pariwisata dalam negeri.

"Dari sektor Pariwisata kita sudah merumuskan beberapa hal, termasuk dengan Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata, untuk dibangun jalan, air bersih. Kemenpar dan Kementerian PUPR pun sedang mengidentifikasi hal itu agar secepatnya dibangun," ungkap Damrin.

Tak lupa Menko Darmin menyampaikan bahwa pemerintah telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat untuk sektor Pariwisata. Dengan bunga serendah 7%, KUR Pariwisata diharapkan dapat memberi kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku usaha pariwisata. [jin]

https://warta.sumedang.info/ekonomi-bisnis/105598-gondol-devisa-ekspor-darmin-bujuk-pengusaha/

ada apa ini? sejak reformasi baru nemu cm di rezim ini ngemis2 mulu ama pengusaha emoticon-Nohope
0
658
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan