- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Siapa Sangka, PO Bus ini Juga Bisa Buat Karoseri Sendiri


TS
vinstar
Siapa Sangka, PO Bus ini Juga Bisa Buat Karoseri Sendiri
Quote:
Hampir semua bus di Indonesia menggunakan bodi buatan dalam negeri, bodi tersebut dibuat oleh perusahaan manufaktur karoseri. Ada berbagai karoseri ternama yang membuat bodi untuk bus besar, seperti Adiputro, Gunung Mas, Laksana, New Armada, Piala Mas dan masih banyak lainnya. Sebuah perusahaan karoseri memproduksi sebuah bodi bus atas pesanan dari PO yang memerlukannya dan dari sekian banyak PO, ada beberapa PO yang memiliki lini bisnis manufaktur karoseri. Tentunya selain digunakan untuk internal, produk dari karoseri tersebut juga dipesan oleh PO lain. PO tersebut yang punya karoseri sendiri dan TS ketahui antara lain;

Sumber gambar
Untuk orang Jawa Timur khususnya Malang dan sekitarnya mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama PO Tentrem. PO yang awalnya didirikan pada tahun 1986 oleh Tatang Wahyudi, pemilik PO Tentrem yang saat ini melayani trayek Surabaya - Malang dengan kelas Ekonomi, Ekonomi AC (ATB) dan Patas selain itu ternyata juga memiliki bisnis manufaktur karoseri, sama seperti nama PO-nya, yakni Karoseri Tentrem. Karoseri Tentrem yang awal mulanya merupakan salah satu divisi pada PO Tentrem yang bertugas untuk melakukan perawatan bodi pada bus regulernya serta melakukan pemeriksaan rutin pada mesin secara internal.
Semakin lama divisi perawatan ini semakin berkembang hingga akhirnya pada tahun 1991 didirikan PT Tentrem Sejahtera oleh Tatang Wahyudi, yang kemudian menjadi perusahaan manufaktur produsen bus.
Sudah banyak model yang diluncurkan Karoseri Tentrem baik untuk bus besar maupun bus sedang, untuk bus besar mulai dari Galaxy, Jupiter Li, Scorpion King, Actor, Max, Scorpion X hingga Avante. Terbukti hingga saat ini produk dari Karoseri Tentrem telah banyak juga dipakai oleh PO lain, apalagi model Avante yang tengah digandrungi karena rupa bagian depannya yang double glass dan gak lupa model Max pun juga dibuat double glass.
Hingga kini baik karoseri maupun PO-nya masih tetap eksis

Sumber gambar
Karoseri Nusantara Gemilang masih menjadi bagian dari PO Nusantara yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah. Nusantara Gemilang terkenal dengan bodi berbahan alumunium untuk produknya, mulai dari yang double decker, single high decker, bahkan hingga Ekonomi Non-AC. FYI, Nusantara Gemilang merupakan karoseri yang memperkenalkan bodi bermodel Single High Decker dengan bagian depan double glass, unit tersebut dipakai oleh PO asal Sulawesi Selatan yaitu Primadona dengan nama model Cityline.
Karoseri yang bekerja sama dengan Gemilang coachwork Malaysia ini menyiapkan dua opsi. Bus dengan rangka panel alumunim dan bus dengan rangka baja. Namun keduanya dilapisi alumunium di sekujur bodinya. Teknologi ini masih jarang diterapkan di Indonesia, namun Karoseri Nusantara Gemilang berani untuk memulai teknologi yang bisa mereduksi beban rangka bus pada bus-bus yang banyak dibuat di Indonesia.
Karoseri Nusantara Gemilang memang fokus pada bus yang dibuat dengan bahan alumunium. Keuntungan bus berbahan alumunium antara lain; alumunium yang tak dihinggapi korosi, dengan rangka bus alumunium bus menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan bodi bus dari plat besi galvanis. Keuntungan lain, semakin ringan bodi bus, semakin ringan kinerja mesin sehingga keawetan mesin maupun suku cadang bus lebih terjaga.
Bodi buatan Nusantara Gemilang gak Cuma dipakai oleh PO Nusantara aja, tapi juga sudah banyak digunakan oleh PO lain, seperti; Pahala Kencana, Dali Mas, Marissa Holiday, Transjakarta, Primadona, Bintang Mas dan masih banyak lainnya.
Referensi, referensi 2, referensi 3. referensi 4
Quote:
1. Tentrem
Spoiler for Tentrem:

Sumber gambar
Untuk orang Jawa Timur khususnya Malang dan sekitarnya mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama PO Tentrem. PO yang awalnya didirikan pada tahun 1986 oleh Tatang Wahyudi, pemilik PO Tentrem yang saat ini melayani trayek Surabaya - Malang dengan kelas Ekonomi, Ekonomi AC (ATB) dan Patas selain itu ternyata juga memiliki bisnis manufaktur karoseri, sama seperti nama PO-nya, yakni Karoseri Tentrem. Karoseri Tentrem yang awal mulanya merupakan salah satu divisi pada PO Tentrem yang bertugas untuk melakukan perawatan bodi pada bus regulernya serta melakukan pemeriksaan rutin pada mesin secara internal.
Semakin lama divisi perawatan ini semakin berkembang hingga akhirnya pada tahun 1991 didirikan PT Tentrem Sejahtera oleh Tatang Wahyudi, yang kemudian menjadi perusahaan manufaktur produsen bus.
Sudah banyak model yang diluncurkan Karoseri Tentrem baik untuk bus besar maupun bus sedang, untuk bus besar mulai dari Galaxy, Jupiter Li, Scorpion King, Actor, Max, Scorpion X hingga Avante. Terbukti hingga saat ini produk dari Karoseri Tentrem telah banyak juga dipakai oleh PO lain, apalagi model Avante yang tengah digandrungi karena rupa bagian depannya yang double glass dan gak lupa model Max pun juga dibuat double glass.
Hingga kini baik karoseri maupun PO-nya masih tetap eksis

Spoiler for Rosalia Indah:
Spoiler for Harapan Jaya:
Quote:
2. Nusantara
Spoiler for Nusantara:

Sumber gambar
Karoseri Nusantara Gemilang masih menjadi bagian dari PO Nusantara yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah. Nusantara Gemilang terkenal dengan bodi berbahan alumunium untuk produknya, mulai dari yang double decker, single high decker, bahkan hingga Ekonomi Non-AC. FYI, Nusantara Gemilang merupakan karoseri yang memperkenalkan bodi bermodel Single High Decker dengan bagian depan double glass, unit tersebut dipakai oleh PO asal Sulawesi Selatan yaitu Primadona dengan nama model Cityline.
Karoseri yang bekerja sama dengan Gemilang coachwork Malaysia ini menyiapkan dua opsi. Bus dengan rangka panel alumunim dan bus dengan rangka baja. Namun keduanya dilapisi alumunium di sekujur bodinya. Teknologi ini masih jarang diterapkan di Indonesia, namun Karoseri Nusantara Gemilang berani untuk memulai teknologi yang bisa mereduksi beban rangka bus pada bus-bus yang banyak dibuat di Indonesia.
Karoseri Nusantara Gemilang memang fokus pada bus yang dibuat dengan bahan alumunium. Keuntungan bus berbahan alumunium antara lain; alumunium yang tak dihinggapi korosi, dengan rangka bus alumunium bus menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan bodi bus dari plat besi galvanis. Keuntungan lain, semakin ringan bodi bus, semakin ringan kinerja mesin sehingga keawetan mesin maupun suku cadang bus lebih terjaga.
Bodi buatan Nusantara Gemilang gak Cuma dipakai oleh PO Nusantara aja, tapi juga sudah banyak digunakan oleh PO lain, seperti; Pahala Kencana, Dali Mas, Marissa Holiday, Transjakarta, Primadona, Bintang Mas dan masih banyak lainnya.
Spoiler for Pahala Kencana:
Spoiler for Bintang Mas:
Referensi, referensi 2, referensi 3. referensi 4
Spoiler for BUKA:
Quote:
Official Thread yang Berkaitan dengan Bus:
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Quote:
Thread terkait:
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Pesona Warna-Warni Lampu Bus di Malam Hari
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Naik Bus Tiketnya Jangan Dibuang. Desain Tiket Busnya Collectable, Gan!
Tak Sengaja Menikmati Nyamannya PO Mulyo Indah Kelas Eksekutif
Estafet Denpasar - Jakarta Bersama Surya Bali dan PO Haryanto
Keren, Gan! Inilah Bus Ekonomi Non-AC Termewah di Kelasnya
Karoseri Bus Indonesia Siap Menembus Pasar Global #IniIndonesiaku
Bus Ultra High Decker yang Hampir Menyerupai Bus Double Decker
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]

Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP

Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya, Gan!

Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan

Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya

Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta

Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya

Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP

Serba-Serbi Gemar Naik Bus

Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Pesona Warna-Warni Lampu Bus di Malam Hari

Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus

Naik Bus Tiketnya Jangan Dibuang. Desain Tiket Busnya Collectable, Gan!

Tak Sengaja Menikmati Nyamannya PO Mulyo Indah Kelas Eksekutif
Estafet Denpasar - Jakarta Bersama Surya Bali dan PO Haryanto
Keren, Gan! Inilah Bus Ekonomi Non-AC Termewah di Kelasnya

Karoseri Bus Indonesia Siap Menembus Pasar Global #IniIndonesiaku

Bus Ultra High Decker yang Hampir Menyerupai Bus Double Decker

Quote:
Diubah oleh vinstar 16-08-2018 02:41
1
6.9K
Kutip
12
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan